Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Home » Agama » Ya Ayyuhalladzina Amanu Kutiba Alaikumus Siam

Ya Ayyuhalladzina Amanu Kutiba Alaikumus Siam

1 min read

Ya ayyuhalladzina amanu kutiba alaikumus siam merupakan potongan ayat 183 dari surat Al-Baqarah yang artinya Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa.

Al-Qur’an adalah kitab suci agama Islam yang di dalamnya memuat banyak pedoman hidup manusia di dunia dan diakhirat, seperti hukum, kewajiban, akidah, sejarah dan ilmu pengetahuan.

Salah satu kewajiban yang ada di dalam Al-Qur’an adalah kewajiban untuk berpuasa. Hal tersebut dijelaskan dalam lafadz “Ya ayyuhalladzina amanu kutiba alaikumus siam” yang terdapat dalam surat Al-Baqarah ayat 183.

Surat Al-Baqarah

Surat A-Baqarah adalah surat ke-2 dalam urutan surat Al-Qur’an. Surat ini terdiri atas 286 ayat dan termasuk ke dalam surat Madaniyah. Surat Madaniyah adalah surat yang diturunkan setelah Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah

Dinamakan Al-Baqarah yang artinya Sapi Betina, karena dalam suray ini terdapat kisah penyembelihan sapi betina yang diperintahkan Allah kepada Bani Israil.

Selain itu, Al-Baqarah memiliki nama lain “Fustatul Qur’an” yang artinya Puncak Al-Qur’an, karena memuat beberapa hukum yang tidak disebutkan dalam surat yang lain.

Salah satu ayat dalam surat al-Baqarah yang sering dikutip dan dibagikan ke orang lain adalah Ya ayyuhalladzina amanu kutiba alaikumus siam. Lafadz tersebut berhubungan dengan kewajiban untuk berpuasa.

Ya Ayyuhalladzina Amanu Kutiba Alaikumus Siam

Ya ayyuhalladzina amanu kutiba alaikumus siam adalah penggalan surat Al-Baqarah ayat 183 yang artinya “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa”. Adapun tulisan Arab, latin dan artinya adalah sebagai berikut.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ كُتِبَ عَلَيْكُمُ ٱلصِّيَام

Latin: Ya ayyuhallazina amanu kutiba ‘alaikumus-siyam

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa.”

Lafadz “ya ayyuhalladzina amanu kutiba alaikumus siam” menjelaskan tentang kewajiban berpuasa bagi orang beriman, yaitu menahan segala yang membatalkan puasa disertai dengan niat untuk menjalankannya, dimulai dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala mewajibkan kepada kalian untuk berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa. Karena puasa menjadi salah satu hal yang paling agung untuk mewujudkan ketaqwaan dalam diri seorang hamba.

Tujuan dari kewajiban ibadah puasa itu adalah agar menjadi pribadi yang bertaqwa, maka hendaklah seorang muslim dalam melaksanakan ibadah puasanya menjaga diri dari perbuatan-perbuatan yang bisa mengurangi bahkan menghilangkan nilai-nilai ketaqwan dari dirinya.

Surat Al-Baqarah Ayat 183

Ya ayyuhalladzina amanu kutiba alaikumus siam adalah penggalan dari surat Al-Baqarah ayat 183. Adapun bunyi bacaan, latin dan arti surat Al-Baqarah ayat 183 adalah sebagai berikut.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ كُتِبَ عَلَيْكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Latin: Ya ayyuhallazina amanu kutiba ‘alaikumuṣ-ṣiyamu kama kutiba ‘alallazina ming qablikum la’allakum tattaqụn

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,

Tafsir Surat Al-Baqarah ayat 183

Adapun tafsir surat Al-Baqarah ayat 183 oleh Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh adalah sebagai berikut.

Wahai orang-orang yang beriman kepada Allah dan mengikuti Rasul-Nya, diwajibkan kepada kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan kepada umat-umat sebelum kalian, agar kalian bertakwa kepada Allah, yaitu dengan cara membuat tabir penghalang antara diri kalian dan azab Allah melalui amal saleh. Salah satu amal saleh yang paling utama ialah puasa.

Isi Kandungan Surat Al-Baqarah ayat 183

Adapun isi kandungan dari surat Al-Baqarah ayat 183 adalah sebagai berikut.

  1. Perintah puasa bagi orang-orang yang beriman.
  2. Tujuan puasa agar menjadi orang yang takwa.
  3. Perintah puasa bukan hanya diperintahkan pada umat Nabi Muhammad Saw. saja, namun juga pada umat nabi-nabi terdahulu juga diperintahkan.

Baca juga: Rabbana Hablana Min Azwajina – Arab dan Artinya

Nah itulah dia artikel tentang lafadz “Ya ayyuhalladzina amanu kutiba alaikumus siam” beserta tulisan Arab, latin, arti dan penjelasannya. Demikian artikel yang dapat freedomsiana.id bagikan tentang salah satu lafadz dan semoga bermanfaat.

Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.