Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Home » Agama » Ya Ayyuhalladzina Amanu Ijtanibu Katsiron

Ya Ayyuhalladzina Amanu Ijtanibu Katsiron

1 min read

Ya ayyuhalladzina amanu ijtanibu katsiron adalah penggalan ayat ke-12 dari surah Al-Hujurat. Surat Al-Hujurat merupakan surah ke-49 dalam Al-Qur’an yang terdiri dari 18 ayat. Surat ini diturunkan di kota Madinah, oleh karena itu surat ini termasuk ke dalam surat Madaniyah.

Surah Al-Hujurat artinya kamar-kamar yang diambil dari perkataan Al-Hujurat yang terdapat pada ayat ke-4 surah ini. Lafadz kalimat “ya ayyuhalladzina amanu ijtanibu katsiron” merupakan potongan pertama ayat ke-12 surah Al-Hujurat. Lalu apa arti dari lafadz tersebut yang banyak dikutip oleh orang Islam? berikut arti, tulisan Arab dan Isi kandungannya!

Ya ayyuhalladzina amanu ijtanibu katsiron

Lafadz ya ayyuhalladzina amanu ijtanibu katsiron merupakan penggalan awal ayat ke-12 dari surah Al-Hujurat yang artinya “Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan).” Adapun tulisan arabnya adalah sebagai berikut.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا

Latin: Yā ayyuhallażīna āmanujtanibụ kaṡīram

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan).”

Allah SWT memperingatkan orang-orang beriman untuk tidak berprasangka buruk terhadap sesama mukmin, kita disuruh untuk jauhilah perbuatan itu, karena berprasangka buruk akan menjerumuskan pelakunya ke dalam dosa.

Kalimatya ayyuhalladzina amanu ijtanibu katsiron merupakan penggalan surat Al-Hujurat Ayat 12. Adapun ayat ke-12 surat Al-Hujurat lengkapnya sebagai berikut.

Surat Al-Hujurat Ayat 12 Lengkap

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ ۖ وَلَا تَجَسَّسُوا وَلَا يَغْتَبْ بَعْضُكُمْ بَعْضًا ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَنْ يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ رَحِيمٌ

Artinya:

Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah banyak dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat, Maha Penyayang. (Q.S. Al-Hujurat : 12)

Isi Kandungan Surat Al-Hujurat Ayat 12

Adapun isi kandungan dari surah al-Hujurat ayat ke-12 adalah sebagai berikut.

  • Orang-orang yang beriman diharamkan mengghibah atau mencari-cari keburukan orang lain.
  • Ghibah atau mencari-cari keburukan orang itu diharamkan, maka jika dilanggar akan mendapat dosa.
  • Mengghibah diperumpamakan oleh Allah seperti memakan daging bangkai teman sendiri.
  • Orang-orang yang beriman diwajibkan untuk husnudzan atau berprasangka baik terhadap orang lain.
  • Perintah untuk bertaqwa kepada Allah.
  • Mengingatkan bahwa Allah maha menerima segala taubat hamba-Nya yang mau bertaubat.

Baca juga: Arti Qul Huwallahu Ahad – Arab dan Terjemahan

Nah itulah dia artikel tentang lafadz “ya ayyuhalladzina amanu ijtanibu katsiron” yang merupakan ayat ke-12 surat Al-Hujurat beserta tafsir, dan isi kandungan. Demikian artikel yang dapat freedomsiana.id bagikan tentang salah satu lafadz dalam ayat Al-Qur’an dan semoga bermanfaat.

Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.