Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Home » Agama » Wama Indallahi Khoir – Tulisan Arab dan Artinya

Wama Indallahi Khoir – Tulisan Arab dan Artinya

1 min read

Wama indallahi khoir atau lebih tepatnya wama indallahi khair merupakan penggalan ayat dari surat Ali ‘Imran ayat 198. Selain itu, lafadz tersebut juga terdapat dalam surat Al-Qashash Ayat 60 dan Asy-Syura Ayat 36.

Lafadz wama indallahi khoir memiliki arti dan makna yang bagus, karena berhubungan dengan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Dimana apa yang ada di sisi Allah itu lebih agung dan lebih utama.

Wama indallahi khoir dalam Al-Qur’an terdapat dalam surat Ali ‘Imran, Al-Qashash dan Asy-Syura. Tapi pada kesempatan kali ini kita akan membahas lafadz tersebut dalam surat Ali ‘Imran ayat 198.

Surat Ali ‘Imran

Surat Ali ‘Imran adalah surat ke-3 dalam urutan surah dalam Al-Qur’an setelah surat Al-Fatihah dan Al-Baqarah. Surah Ali ‘Imran terdiri atas 200 ayat dan tergolong ke dalam surah Madaniyah. Surat Madaniyah adalah surat yang diturunkan setelah Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah.

Dinamakan “Ali Imran” karena dalam surat ini memuat kisah keluarga Imran, dimana dalam kisah tersebut juga termuat kelahiran Nabi Isa, kenabian dan mukjizat Nabi Adam dan kelahiran Maryam binti Imran. Salah satu ayat dalam surat Ali ‘Imran yang sering dikutip adalah wama indallahi khoir.

Wama Indallahi Khoir Tulisan Arab dan Artinya

Wama indallahi khoir adalah penggalan dari surat Ali ‘Imran ayat 198 yang artinya “Dan apa yang di sisi Allah adalah lebih baik”. Adapun tulisan Arab, latin dan artinya adalah sebagai berikut.

وَمَا عِندَ ٱللَّهِ خَيْرٌ

Latin: Wa ma ‘indallahi khair

Artinya: Dan apa yang di sisi Allah adalah lebih baik

Lafadz Wama indallahi khoir menjelaskan tentang apa yang ada di sisi Allah itu lebih agung dan lebih utama bagi orang-orang yang taat atau berbakti.  Mereka itu adalah orang-orang yang hatinya baik hingga lisan dan perbuatan mereka pun baik,

Makna dari wama Indallahi khoir adalah siapa saja yang tunduk dan patuh mengamalkan syariat Allah Subhanahu Wa Ta’ala kelak akan memperoleh pahala di sisi tuhannya sebagai imbalan atas amal perbuatan yang telah mereka lakukan dengan tulus di dunia.

Surat Ali ‘Imran ayat 198

Adapun tulisan Arab, latin, dan arti dari surat Ali ‘Imran ayat 198 adalah sebagai berikut.

لَٰكِنِ ٱلَّذِينَ ٱتَّقَوْا۟ رَبَّهُمْ لَهُمْ جَنَّٰتٌ تَجْرِى مِن تَحْتِهَا ٱلْأَنْهَٰرُ خَٰلِدِينَ فِيهَا نُزُلًا مِّنْ عِندِ ٱللَّهِ ۗ وَمَا عِندَ ٱللَّهِ خَيْرٌ لِّلْأَبْرَارِ

Latin: Lakinillazinattaqau rabbahum lahum jannatun tajri min taḥtihal-an-haru khalidina fiha nuzulam min ‘indillah, wa ma ‘indallahi khairul lil-abrar

Artinya:

Akan tetapi orang-orang yang bertakwa kepada Tuhannya, bagi mereka surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya, sedang mereka kekal di dalamnya sebagai tempat tinggal (anugerah) dari sisi Allah. Dan apa yang di sisi Allah adalah lebih baik bagi orang-orang yang berbakti.

Tafsir Surat Ali ‘Imran ayat 198

Adapun tafsir surat Ali ‘Imran ayat 198 oleh Tafsir Al-Muyassar (Kementerian Agama Saudi Arabia) adalah sebagai berikut.

Akan tetapi,orang-orang yang takut kepada tuhan mereka, dan melaksanakan perintah-perintahNya dan menjauhi larangan-laranganNYA, sungguh Allah telah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir di bawah istana-istananya dan pohon-pohonnya sungai-sungai. Itulah tempat tinggal mereka yang abadi,mereka tidak keluar darinya. Dan apa yang ada di sisi Allah itu lebih agung dan lebih utama bagi orang-orang yang taat daripada apa yang kaum kafir bergelimang hidup dengannya dari nikmat dunia.

Baca juga: Wala Tajassasu – Tulisan Arab dan Artinya

Nah itulah dia artikel tentang lafadz “Wama indallahi khoir” beserta tulisan Arab, arti, latin dan maknanya. Demikian artikel yang dapat freedomsiana.id bagikan dan semoga bermanfaat.

Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.