Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Home » Agama » Wala Tajassasu – Tulisan Arab dan Artinya

Wala Tajassasu – Tulisan Arab dan Artinya

2 min read

Agama Islam adalah agama yang sempurna dan sangat menghormati yang namanya hak dalam bersaudara antara sesama manusia.

Islam sangat menjamin hak-hak setiap individu maupun masyarakat dengan melarang perbuatan-perbuatan yang menyerempet kepada hak pribadi ataupun aib dari setiap manusia.

Kita sebagai orang Islam (muslim) dianjurkan untuk menjauhi yang namanya prasangka buruk, karena berburuk sangka merupakan suatu dosa.

Salah satu lafadz dalam Al-Qur’an yang melarang perbuatan buruk sangka atau mencari keburukan orang lain, yaitu wala tajassasu. Lafadz Wala Tajassasu adalah penggalan ayat ke-12 dari surat al-Hujurat.

Surat Al-Hujurat

Surah Al-Hujurat adalah surat ke-49 dalam urutan surah dalam Al-Qur’an. Surah ini terdiri atas 18 ayat dan tergolong ke dalam surah Madaniyah. Surat Al-Hujurat tergolong surat Madaniyah karena surat ini diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW di kota Madinah atau setelah peristiwa hijrah.

Surat ini dinamakan “Al-Hujurat” karena diambil dari perkataan Al-Hujurat yang terdapat pada ayat ke-4 surat ini yang artinya “Kamar-kamar”. Maksudnya adalah kamar-kamar yang dihuni oleh para istri Rasulullah SAW.

Dalam surat Al-Hijr banyak termuat ayat-ayat yang menjelaskan tentang dasar-dasar kesopanan dan adab-adab yang ditunjukkan kepada umat Islam. Surat ini juga mengandung beberapa perintah dan larangan yang harus dilakukan seluruh umat Muslim.

Wala Tajassasu – Tulisan Arab dan Artinya

Wala Tajassasu adalah penggalan surat Al-Hujurat ayat 12 yang artinya “Dan janganlah kamu mencari-cari keburukan orang lain”. Adapun tulisan Arab, latin, dan artinya adalah sebagai berikut.

وَلَا تَجَسَّسُوا

Latin: wa la tajassasu

Artinya: Dan janganlah mencari-cari keburukan orang lain.

Wala Tajassasu menjelaskan tentang jangan mencari-cari keburukan orang lain, yaitu mencari aib dan keburukan yang tersembunyi pada orang lain. Terutama aib sesama kaum Muslim dan orang-orang yang beriman.

Sebagai orang yang beriman, janganlah kalian mencari-cari aib orang lain yang seharusnya tetap tertutupi, seperti mengorek kesalahannya. Dan jangan mencari-carinya, biarkan orang Muslim tetap berada pada kondisinya sendiri. Terlebih lagi jangan mencari-cari kesalahan orang lain yang sengaja ditutup-tutupi untuk mencemoohnya.

Wala Tajassasu merupakan potongan dari surat Al-Hujarat ayat 12, dimana di dalamnya masih banyak larangan dan anjuran bagi orang yang beriman. Adapun bunyi surat Al-Hujarat ayat 12 beserta artinya adalah sebagai berikut.

Surat Al-Hujarat Ayat 12

Adapun tulisan Arab, latin, dan arti dari ayat 12 surat Al-Hujarat adalah sebagai berikut.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱجْتَنِبُوا۟ كَثِيرًا مِّنَ ٱلظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ ٱلظَّنِّ إِثْمٌ ۖ وَلَا تَجَسَّسُوا۟ وَلَا يَغْتَب بَّعْضُكُم بَعْضًا ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَن يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ تَوَّابٌ رَّحِيمٌ

Latin: Ya ayyuhallazina amanujtanibu kasiram minaz-zanni inna ba’daz-zanni ismuw wa la tajassasu wa la yagtab ba’dukum ba’da, a yuḥibbu ahadukum ay ya`kula lahma akhihi maitan fa karihtumuh, wattaqullah, innallaha tawwabur rahim.

Artinya:

Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.

Tafsir Surat Al-Hujarat Ayat 12

Adapun tafsir surat Al-Hujarat ayat 12 oleh Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih adalah sebagai berikut.

Wahai orang-orang yang beriman, jauhilah banyak berprasangka. Sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa. Janganlah mencari-cari kesalahan orang, janganlah kalian membuaka aurat orang-orang muslim, dan janganlah ada yang menggunjing sebagian kalian kepada yang lain, dan janganlah sebagian kalian menyebutkan apa yang dibenci sebagian lainnya ketika dia tidak ada. Apakah ada di antara kalian yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati. Kalian pasti membenci hal itu. Bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.

Baca juga: Innahu Kana Tawwaba – Tulisan Arab dan Artinya

Nah itulah dia artikel tentang lafadz wala tajassasu beserta tulisan Arab, latin, arti dan maknanya. Demikian artikel yang dapat freedomsiana.id bagikan tentang salah satu lafadz dalam Al-Qur’an dan semoga bermanfaat.

Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.