Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Home » Agama » Wala Tahinu Wala Tahzanu – Tulisan Arab dan Artinya

Wala Tahinu Wala Tahzanu – Tulisan Arab dan Artinya

1 min read

Wala tahinu wala tahzanu merupakan penggalan ayat dari surat Ali ‘Imran ayat 139 yang artinya janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati.

Lafadz atau penggalan ayat tersebut memiliki arti dan makna yang sangat bagus untuk menghibur orang yang sedang sedih. Akan tetapi sebenarnya ayat tersebut diturunkan untuk menghibur orang mukmin yang menjadi lemah dan bersedih hati atas apa yang menimpa kalian dalam perang Uhud.

Wala tahinu wala tahzanu menjadi ayat yang banyak dikutip dan dibagikan oleh orang untuk menghibur teman, sanak keluarga yang sedang dirundung kesedihan. Adapun tulisan Arab, arti dan maknanya adalah sebagai berikut.

Surat Ali-Imran

Surat Ali-Imran adalah surat ketiga dalam urutan surat dalam Al-Qur’an. Surat ini terdiri dari 200 ayat dan termasuk ke dalam surat Madaniyah. Surat Madaniyah adalah surat yang diturunkan setelah Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah.

Dinamakan Ali ‘Imran karena dalam surat ini termuat kisah keluarga Imran, dimana di dalam surat ini juga termuat kisah kelahiran Nabi Isa, mukjizat Nabi Adam dan kelahiran Maryam binti Imran. Salah satu ayat dalam surat Ali ‘Imran yang sering dikutip adalah Wala tahinu wala tahzanu.

Wala Tahinu Wala Tahzanu – Tulisan Arab dan Artinya

Wala tahinu wala tahzanu adalah penggalan ayat 139 dari surat Ali ‘Imran yang artinya “janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati”. Adapun tulisan Arab, latin, arti dan maknanya adalah sebagai berikut.

وَلَا تَهِنُوا۟ وَلَا تَحْزَنُوا۟

Latin: Wa la tahinu wa la tahzanu

Artinya: “Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati”

Makna Wala Tahinu Wala Tahzanu

Lafadz wala tahinu wala tahzanu menegaskan bahwa kita sebagai orang yang beriman dianjurkan untuk tidak menjadi lemah dan bersedih hati atas apa yang telah menimpa kita. Karena orang yang beriman adalah orang yang paling mulia yang akan mendapatkan pertolongan dan jalan keluar dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Surat Ali ‘Imran Ayat 139

Lafadz wala tahinu wala tahzanu merupakan potongan dari surat Ali-Imran ayat 139. Adapun surat Ali-Imran ayat 139 adalah sebagai berikut.

وَلَا تَهِنُوا۟ وَلَا تَحْزَنُوا۟ وَأَنتُمُ ٱلْأَعْلَوْنَ إِن كُنتُم مُّؤْمِنِينَ

Latin: Wa la tahinu wa la taḥzanụ wa antumul-a’launa ing kuntum mu’minin

Artinya: “Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman”.

Tafsir Surat Ali ‘Imran Ayat 139

Adapun tafsir surat ali-imran ayat 139 oleh Al-Muyassar (Kementerian Agama Saudi Arabia) sebagai berikut.

Dan jangalah kalian menjadi lemah (wahai orang-orang yang beriman) dari memerangi musuh-musuh kalian, dan janganlah bersedih atas apa yang telah menimpa kalian pada perang uhud, sedangkan kalian meraih kemenangan dan mereka menderita kekalahan jika kalian beriman kepada Allah dan rosul-Nya, dan mengikuti syariat-syariatNya.

Isi Kandungan Surat Ali ‘Imran Ayat 139

Adapun isi kandungan dari surat Ali ‘Imran ayat 139 adalah sebagai berikut.

  • Kita dianjurkan untuk tidak bersedih hati apabila dalam peperangan ada yang gugur.
  • Orang yang beriman kepada Allah SWT merupakan orang yang pling tinggi derajatnya di sisi Allah SWT.
  • Perintah agar kita tidak merasa takut dan lemah ketika berperang menghadapi orang kafir.

Baca juga: Wa Ila Robbika Farghob – Tulisan Arab dan Artinya

Nah itulah dia artikel mengenai lafadz wala tahinu wala tahzanu yang merupakan penggalan surat Ali-Imran ayat 139 beserta tulisan Arab dan artinya. Demikian artikel yang dapat freedomsiana.id bagikan dan semoga bermanfaat.

Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.