Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Home » Sejarah » Waktu Persidangan BPUPKI dan PPKI

Waktu Persidangan BPUPKI dan PPKI

1 min read

Waktu Persidangan BPUPKI dan PPKI – Indonesia pernah membentuk dua badan sebelum memproklamasikan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945, yaitu Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dan Panita Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI).

Kedua badan tersebut memiliki tugas yang sangat penting, yaitu sama-sama dibentuk untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. BPUPKI berdiri terlebih dahulu pada tanggal 29 April 1945 oleh jepang, kemudian baru digantikan oleh PPKI pada tanggal 7 Agustus 1945.

Selama berdiri BPUPKI dan PPKI telah melaksanakan beberapa kali sidang, yaitu 2 kali sidang untuk BPUPKI dan 3 kali sidang untuk PPKI. Adapun waktu sidangnya masing-masing adalah sebagai berikut.

Apa itu BPUPKI?

BPUPKI adalah suatu badan penyelidik khusus yang didirikan sebagai bagian dari usaha dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia sesuai dengan yang dijanjikan oleh Jepang.

BPUPKI sendiri merupakan kependekan dari Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Dalam bahasa Jepang, badan ini dikenal dengan nama Dokuritsu Jumbi Cosakai.

BPUPKI sendiri dibentuk oleh Jepang pada 29 April tahun 1945. Adapun tokoh yang ditunjuk sebagai ketua adalah Dr. Rajiman Widioningrat. Sebelum resmi dibubarkan dan digantikan dengan PPKI, BPUPKI berhasil melaksanakan dua sidang resmi. Berikut waktu sidangnya

Waktu Persidangan BPUPKI

Pada waktu sidangnya, terdapat dua kali BPUPKI melakukan sidang yang dimana itu dilakukan sebelum BPUPKI dibubarkan pada tanggal 7 Agustus 1945. Adapun sidang dan waktunya adalah sebagai beirkut.

1. Sidang Pertama

Pada sidang pertama dari BPUPKI sendiri dilakukan pada tanggal 29 Mei-1 Juni 1945 yang dimana dilakukan untuk melakukan pembahasan terhadap dasar negara.

2. Sidang Kedua

Pada sidang kedua dari BPUPKI sendiri dilakukan pada tanggal 10-16 Juni 1945 yang dimana pada sidang kedua ini dilakukan untuk melakukan pembahasan terhadap batang tubuh dari sebuah Undang Undang Dasar dari negara Republik Indonesia.

Setelah ini dikarenakan tugas dari BPUPKI yang dianggap sudah cukup maka pada tanggal 7 Agustus 1945 BPUPKI dibubarkan dan digantikan dengan PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) yang diketuai oleh Ir. Soekarno.

Apa itu PPKI?

PPKI adalah singkatan dari Panita Persiapan Kemerdekaan Indonesia, yaitu panitia yang bertugas untuk mempersiapkan kemerdekaan republik indonesia. PPKI lahir tanggal 7 agustus 1945 yang dalam bahasa jepang adalah Dokuritsu Junbi Inkai  yang diketuai oleh Ir.Soekarno yang beranggotakan 27 orang.

Waktu Persidangan PPKI

Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) selama berdiri telah menghasilkan tiga kali sidang dengan waktu dan tanggal yang berbeda. Adapun waktu persidangan PPKI adalah sebagai berikut.

1. Sidang Pertama

Pada sidang pertama dari PPKI sendiri dilakukan pada tanggal 18 Agustus 1945 yang dimana dilakukan untuk melakukan pembahasan terhadap penetapan UUD 1945, pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, dan pembuatan komite nasional.

2. Sidang Kedua

Pada sidang pertama dari PPKI sendiri dilakukan pada tanggal 19 Agustus 1945 yang dimana dilakukan untuk melakukan pembahasan terhadap pembentukan 11 kementerian, dan pembentukan 8 provinsi serta gubernurnya.

3. Sidang Ketiga

Pada sidang pertama dari PPKI sendiri dilakukan pada tanggal 20 Agustus 1945 yang dimana dilakukan untuk melakukan pembahasan terhadap pembentukan Komite Nasional Indonesia, Badan Keamanan Rakyat (BKR), dan pembentukan Partai Nasional Indonesia (PNI).

Baca juga: Hasil Sidang PPKI 1, 2, 3 Lengkap (18, 19, 22 Agustus 1945)

Nah, itulah jawaban dari pertanyaan waktu persidangan BPUPKI dan PPKI, mulai dari sidang pertama, kedua, dan ketiga untuk PPKI. Demikian artikel yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat.

Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.