Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Home » Penjaskes » Pertanyaan » Untuk Mengambil Bola yang Rendah Menggunakan? Jawaban!

Untuk Mengambil Bola yang Rendah Menggunakan? Jawaban!

1 min read

Siapa sih yang tidak kenal dengan permainan bola voli? Sebagian besar orang di dunia ini pasti mengetahui permainan ini. Sama seperti halnya sepak bola dan bola basket, bola voli menjadi olahraga yang menggunakan bola besar sebagai inti permainan.

Selain itu permainan bola voli sekarang ini telah banyak diajarkan di sekolah, mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Tidak heran jika permainan ini sering menjadi uji praktek dalam pelajaran olahraga atau penjas.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai passing dalam bola voli beserta menjawab pertanyaan yang paling banyak dicari di google tentang bola voli. Berikut informasinya!

Apa itu Bola Voli?

Bola voli adalah salah satu cabang olahraga menggunakan bola besar yang dimainkan oleh dua regu. Setiap regu dalam bola voli berisi 6 pemain yang berada di lapangan dan beberapa pemain cadangan.

Tujuan dari permainan bola voli adalah untuk melewatkan bola di atas net agar dapat jatuh menyentuh lantai area lapangan lawan. Dengan begitu setiap tim akan mendapatkan poin hingga 25 poin, dan yang mencapainya terlebih dahulu akan memenangkan setiap setnya.

Bola voli dimainkan di lapangan berbentuk persegi panjang dengan ukuran 18 x 9 meter dan ditengahnya diberi pembatas berupa jaring NET dengan tinggi 2,43 meter untuk putra dan 2,24 meter untuk putri.

Seperti hanya permainan olahraga lainnya, bola voli juga memiliki teknik dasar diantaranya teknik servis, passing, smash, dan blocking. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai passing dalam bola voli.

Passing dalam Bola Voli

Passing adalah teknik gerakan dalam bola voli dengan memberikan bola ke rekan satu tim dengan menggunakan kedua tangan. Dalam bola voli, passing dibedakan menjadi dua macam, yaitu passing atas dan passing bawah. Adapun penjelasannya masing-masing adalah sebagai berikut.

1. Passing Atas

Passing atas adalah gerakan memberikan bola kepada rekan yang dilakukan di atas kepala dengan cara mendorong bola menggunakan kedua tangan. Passing atas biasanya digunakan oleh tosser atau set upper untuk memberikan bola ke arah smasher.

2. Passing Bawah

Passing bawah adalah gerakan memberikan bola kepada rekan yang dilakukan dengan cara mengayunkan kedua tangan dari bawah ke depan atas ke arah bola. Passing bawah biasanya digunakan oleh pemain bertahan untuk menerima serangan dari lawan dan mengubahnya menjadi umpan untuk menyusun serangan.

Banyak sekali pertanyaan seputar passing dalam bola voli, salah satunya adalah untuk mengambil bola yang rendah menggunakan passing apa? Berikut jawabannya.

Untuk Mengambil Bola yang Rendah Menggunakan?

Untuk mengambil bola yang rendah menggunakan passing bawah. Alasannya karena passing bawah lebih efektif untuk menerima bola yang datang ke arah bawah atau bola rendah.

Passing bawah umumnya digunakan oleh pemain bertahan dalam menerima serangan lawan yang menukik ke bawah dan mengubahnya menjadi umpan untuk menyusun serangan kepada lawan.

Baca juga: Cara Melakukan Passing Atas dan Bawah (Bola Voli) Yang Benar

Nah itulah dia artikel tentang passing dalam bola voli beserta jawaban tentang pertanyaan “untuk mengambil bola yang rendah menggunakan” beserta penjelasannya. Demikian artikel yang dapat freedomsiana.id bagikan tentang pelajaran penjas dan semoga bermanfaat.

Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.