Brosur adalah salah satu media, alat atau sarana terbaik dalam pemasaran suatu produk. Brosur sejak dulu telah digunakan sebagai cara terbaik dalam mempromosikan produk.
Di era digital seperti sekarang ini yang promosi bisa langsung lewat media sosial, brosur tetap menjadi cara yang efektif dalam menyampaikan informasi tentang produk, layanan dan perusahaan kepada calon pelanggan.
Namun agar brosur menjadi efektif dan efektif, kita harus memenuhi syarat-syarat pembuatan brosur. Lantas apa saja syarat-syaratnya? Simak ulasan berikut.
Daftar Isi
- Pengertian Brosur
- Tuliskan Syarat Brosur yang Baik
- 1. Bahasa yang digunakan mudah dipahami
- 2. Desain yang dibuat menarik perhatian
- 3. Isi brosur singkat tetapi informatif
- 4. Menggunakan judul brosur yang menarik
- 5. Mencantumkan foto produk.
- 6. Menggunakan warna-warna yang disukai banyak orang
- 7. Informasi yang terdapat di dalam brosur harus jelas.
- 8. Ukuran tulisan di dalam brosur harus mudah dibaca
Pengertian Brosur
Brosur adalah salah satu media yang digunakan untuk menyampaikan suatu promosi. Alat promosi ini menjadi salah satu alat promosi yang paling efektif untuk menyampaikan informasi produk kepada calon pelanggan.
Brosur digunakan untuk memberikan informasi kepada calon pelanggan mengenai produk yang sedang ditawarkan dalam bentuk selembaran kertas disertai gambar pendukung produk.
Brosur umumnya tersedia secara gratis untuk masyarakat umum dengan harapan mereka mendapatkan informasi tentang produk tersebut. Isi brosur umumnya mencakup berbagai topik, mulai dari makanan, minuman, bisnis, universitas, dan produk lainnya.
Tuliskan Syarat Brosur yang Baik
Brosur harus memiliki syarat-syarat baik agar berkualitas. Adapun syarat-syarat brosur yang baik adalah sebagai berikut.
1. Bahasa yang digunakan mudah dipahami
Brosur harus menggunakan bahasa jelas dan mudah dipahami oleh banyak orang, dan hindari penggunaan istilah yang mungkin tidak dimengerti oleh semua calon pembaca. Brosur harus dapat dengan mudah dipahami oleh para audiens atau calon pelanggan.
2. Desain yang dibuat menarik perhatian
Brosur harus memiliki desain yang memikat atau menarik perhatian. Desain yang menarik perhatian mencakup beberapa elemen visual yang kreatif, mulai dari gambar, grafik, warna, dan tata letak yang mengundang minat. Desain yang baik dan menarik dapat membantu brosur untuk lebih mencolok.
3. Isi brosur singkat tetapi informatif
Isi brosur harus informatif, dimana harus memberikan informasi yang relevan dan penting tentang produk, perusahaan, atau layanan yang ditawarkan. Selain itu, isi brosur yang singkat dan tidak berlebihan akan membuat para pembaca tidak merasa terlalu kewalahan.
4. Menggunakan judul brosur yang menarik
Suatu brosur harus menggunakan judul judul yang Menarik agar menarik perhatian. Judul adalah bagian pertama yang pasti dilihat oleh calon pembaca dan judul yang menarik dapat membuat para pembaca tertarik untuk membaca lebih lanjut.
5. Mencantumkan foto produk.
Hal yang tidak kalah penting dalam brosur adalah mencantumkan foto produk yang menonjol. Foto atau Gambar produk yang jelas dan menarik dapat membantu calon pembaca untuk memahami lebih baik tentang produk yang ditawarkan. Gambar yang berkualitas tinggi juga dapat meningkatkan kesan profesionalitas dalam brosur.
6. Menggunakan warna-warna yang disukai banyak orang
Dalam brosur usahakan menggunakan warna-warna yang tepat atau warna-warna yang disukai oleh banyak orang. Warna-warna yang digunakan dalam brosur harus sesuai dengan citra merek agar menarik bagi audiens target. Warna juga dapat digunakan untuk menarik perhatian dan membedakan brosur dari yang lain.
7. Informasi yang terdapat di dalam brosur harus jelas.
Informasi di dalam brosur harus benar, jelas, dan tidak ambigu. Hal ini termasuk pada informasi tentang harga, fitur produk, manfaat, dan cara menghubungi perusahaan jika calon pelanggan memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang sesuatu yang ditawarkan di brosur.
8. Ukuran tulisan di dalam brosur harus mudah dibaca
Ukuran tulisan di dalam brosur harus mudah dibaca agar para pembaca merasa nyaman. Ukuran teks yang mudah dibaca memastikan bahwa pembaca dari berbagai kelompok usia dapat dengan mudah membaca dan memahami isi brosur tanpa harus memperhatikan terlalu detail.
Baca juga: SPG adalah : Pengertian, Syarat, Tugas, dan Fungsi
Nah itulah dia artikel tentang syarat-syarat brosur yang baik dan benar beserta penjelasannya. Demikian artikel yang dapat freedomsiana.id tentang informasi seputar brosur dan semoga bermanfaat.