Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Home » Penjaskes » Pertanyaan » Tujuan Latihan Kayang

Tujuan Latihan Kayang

1 min read

Kayang merupakan salah satu cabang dalam gerakan senam lantai yang dilakukan di lantai dengan menggunakan alat bantu bernama “mattras” untuk mengindari terjadinya cedera atau hal yang tidak diinginkan.

Gerakan kayang adalah gerakan dimana mengangkat tubuh ke atas dengan bertumpu pada kedua tangan hingga lurus dan kedua kaki dengan lutut di tekuk. Gerakan kayang dapat dilakukan dengan posisi awal berdiri atau dengan tidur terlentang agar lebih mudah.

Setiap gerakan dalam senam lantai memiliki manfaat dan tujuan masing-masing. Salah satunya adalah gerakan kayang yang mempunyai tujuan tertentu. Apa tujuan latihan kayang? Berikut jawabannya!

Tujuan Latihan Kayang

Tujuan latihan kayang adalah untuk melatih otot tangan dan otot kaki supaya menjadi kuat.

Gerakan kayang bertujuan untuk melatih otot-otot tangan dan kaki sehingga menjadi lebih kuat. Hal tersebut karena dalam gerakan kayang beban tubuh kita akan bertumpu pada bagian tangan dan kaki.

Selain itu, gerakan kayang dapat meningkatkan kelenturan tubuh terutama dibagian perut, bahu, dan tulang belakang.

Cara Melakukan Gerakan Kayang

Kayang adalah sebuah gerakan senam lantai dengan posisi kedua tangan dan kaki bertumpu pada matras dengan posisi terbalik kemudian meregang dan panggul serta perut diangkat ke atas.

Adapun teknik atau cara melakukan gerakan kayang adalah sebagai berikut.

Cara melakukan gerakan kayang adalah sebagai berikut.

  1. Pertama, lakukan awalan  dengan posisi tidur terlentang diatas matras.
  2. Lalu tekuk kedua lutut kaki ke atas, kemudian rapatkan kedua kaki dan tumit, dan tempelkan tumit pada pantat.
  3. Kemudian tekuk kedua tangan ke atas dan letakkan telapak tangan di samping telinga dengan posisi ibu jari berada di samping telinga.
  4. Setelah itu, angkat badan ke atas hingga kedua tangan lurus dan kedua kaki lurus dengan lutut sedikit menekuk.
  5. Gerakan pendaratan dilakukan dengan menurunkan tubuh perlahan dan menekuk kedua tangan dan kaki hingga seperti posisi semula.

Manfaat Kayang

Adapun beberapa manfaat gerakan kayang adalah sebagai berikut.

  • Meningkatkan kelenturan tubuh
  • Menambah kekuatan otot tangan dan kaki.
  • Membantu membentuk tubuh ideal
  • Menghilangkan pegal pada pinggang
  • Melancarkan pernapasan
  • Menjaga dan meningkatkan kualitas fisik secara keseluruhan

Baca juga: Kesalahan yang Bisa Terjadi Saat Melakukan Lompat Kangkang

Nah itulah dia jawaban tentang pertanyaan “Tujuan latihan kayang adalah untuk melatih?” beserta teknik kayang yang bener. Demikian artikel yang dapat freedomsiana.id bagikan dan semoga bermanfaat.

Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.