Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Home » Pertanyaan » Sejarah » Tokoh yang menjadi ketua BPUPKI adalah? Jawaban!

Tokoh yang menjadi ketua BPUPKI adalah? Jawaban!

1 min read

Pembentukan BPUPKI atau Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia dimulai pada Maret 1945. BPUPKI merupakan bagian dari realisasi janji Jepang untuk memberi kemerdekaan bagi Indonesia.

Sebelum ada pencetusan BPUPKI, Jepang lebih dulu memberi angin segar. Koiso Declaration atau pidato Perdana Menteri Kaiso di depan Parlemen Jepang pada 7 September 1944, terucap sebuah janji untuk memerdekakan bangsa Indonesia.

Dua hari berselang, tepatnya 9 September 1944, lagu kebangsaan Indonesia boleh dinyanyikan lagi, serta bendera merah putih berkibat di sebelah bendera Jepang. Dua hal tersebut sempat dilarang mulai 20 Maret 1944.

BPUPKI dalam bahasa Jepang disebut Dokuritsu Junbi Cosakai dibentuk untuk mempelajari dan menyelidiki hal yang berkaitan dengan pembentukan negara Indonesia, seperti aspek politik, ekonomi, dan pemerintahan.

BPUPKI akhirnya diresmikan pada 29 April 1945. Tanggal itu juga bertepatan bertepatan dengan ulang tahun Kaisar Jepang, Tenno Heika.

Tokoh yang menjadi ketua BPUPKI adalah?

Tokoh yang menjadi ketua BPUPKI adalah Radjiman Wedyodiningrat. Lalu Ichibangase Yosio (dari Jepang) sebagai wakil ketua dan Raden Pandji Soeroso sebagai kepala sekretariat dibantu Toyohito Masuda dan Mr. A.G. Pringgodigdo.

Adapun struktur organisasi BPUPKI adalah sebagai berikut.

  1. Ketua BPUPKI adalah Dr. Kanjeng Raden Tumenggung Radjiman Wedyodiningrat.
  2. Wakil BPUPKI adalah Ichibangase Yosio dan R.P. Suroso
  3. Sekretaris BPUPKI adalah A.G Pringgodigdo.
  4. Anggota BPUPKI sendiri berjumlah 67 orang, 60 orang adalah warga Indonesia, sedangkan sisanya termasuk orang Jepang.

Total ada 67 orang yang menjadi anggota dari BPUPKI, dimana 60 anggota merupakan orang Indonesia, sementara tujuh lainnya merupakan orang-orang dari pemerintah militer Jepang di Indonesia.

Bagi Jepang pembentukan BPUPKI merupakan bagian dari upaya memikat bangsa Indonesia. Upaya itu juga dilakukan dengan memperbolehkan bendera Indonesia berkibar lagi, serta lagu Indonesia Raya boleh dinyanyikan. Mereka perlu melakukan ini setelah rentetan kekalahan dalam perang melawan Sekutu.

Baca juga: Singkatan dari BPUPKI adalah? Dalam Bahasa Jepang

Nah itulah dia artikel tentang pertanyaan “tokoh yang menjadi ketua BPUPKI adalah?” beserta penjelasannya. Demikian artikel yang dapat freedomsiana.id bagikan tentang pertanyaan seputar pendidikan pancasila dan semoga bermanfaat.

Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.