Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Home » Contoh » Geografi » 10 Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui

10 Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui

3 min read

Salah satu kebutuhan manusia bersumber dari alam (Sumber Daya Alam). Bumi sendiri banyak menyediakan sumber daya alam yang melimpah bagi manusia, yang bisa dimanfaatkan dan digunakan sesuai kebutuhan.

Sumber daya alam (SDA) terdapat dua jenis, yaitu sumber daya alam yang bisa diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

Sumber daya alam yang bisa atau dapat diperbarui bila digunakan tidak akan ada habisnya walaupun digunakan atau dikonsumsi berkali-kali. Sedangkan sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui bisa habis bila digunakan atau dikonsumsi secara terus menerus.

Oleh karena itu, manfaatkan sumber daya-sumber daya yang ada di alam secukupnya dan perbarui sumber daya alam yang dapat diperbarui, agar bisa digunakan secara terus-menerus.

Lalu apa saja Sumber Daya Alam (SDA) yang bisa diperbarui dan tidak bisa habis walaupun digunakan secara terus-menerus. Berikut beberapa contoh sumber daya alam yang bisa diperbarui oleh manusia.

1. Air

Salah satu sumber daya alam yang bisa diperbarui adalah Air.  Air sendiri jumlahnya paling banyak dipermukaan bumi dan menutupi hampir 71% permukaan bumi. Di bumi terdapat 1,4 triliun kilometer kubik (330 juta mil³) air yang tersedia di bumi.

Air sendiri cukup banyak jenisnya, yang terbesar adalah air laut (air asin). Selain itu, jenis air lainnya yang ada dibumi adalah air hujan, air sungai, air tawar, air payau dan lain sebagainya.

Karena jumlahnya yang sangat melimpah tersebut menjadikan air sebagai SDA yang dapat diperbarui dan diperbarui oleh alam sendiri. Air tidak akan pernah habis walaupun digunakan secara terus menerus.

2. Tanah

Sumber daya alam yang dapat diperbarui lainnya adalah tanah. Tanah memiliki peran yang cukup penting bagi semua elemen kehidupan di bumi, karena pada dasarnya tanah menjadi pendukung kehidupan di bumi, terutama tumbuhan.

Unsur hara dan juga air yang ada di dalam tanah menjadi faktor tumbuhnya tumbuhan. Selain itu juga tanah sebagai penopang akar dan juga habitat beberapa spesies hewan.

Tanah menjadi sumber daya alam yang bisa diperbarui meskipun digunakan berkali-kali, seperti digunakan sebagai media tanam. Asalkan, manusia juga menjaga kesuburan dari tanah tersebut dengan pengolahan tanah yang tepat.

Selain digunakan sebagai media utama dalam bercocok tanam, tanah sering digunakan untuk bahan pemerataan lahan dan juga sebuah bangunan.

3. Angin

Sumber daya alam lain yang tidak bisa habis dan bisa diperbarui adalah angin. Angin adalah aliran udara yang jumlahnya besar yang diakibatkan oleh proses rotasi bumi dan juga karena faktor perbedaan tekanan udara di sekitarnya.

Sama halnya dengan air dan juga tanah, angin menjadi sumber daya alam yang tidak ada habisnya dan bisa diperbarui. Kekuatan air yang lumayan besar bisa dimanfaatkan untuk sistem pengairan dan juga pembangkit listrik dengan bantuan turbin atau kincir angin. Dan tentunya hal tersebut bisa menjadi solusi yang ramah lingkungan.

4. Tumbuhan

Salah satu sumber daya alam yang bisa diperbaharui kapan saja adalah tumbuhan. Tumbuhan sendiri cukup banyak jenisnya mulai dari tanaman lumut, biji-bijian, terong-terongan, alga, dan masih banyak lagi.

Peran tumbuhan bagi beberapa makhluk hidup cukup penting, karena sebagai sumber makanan, salah satu contohnya adalah manusia. Manusia sering mengonsumsi beberapa jenis tumbuhan yang dapat dimakan, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan lain sebagainya. Selain itu, tanaman bisa ditanaman sendiri oleh manusia dan bisa dibudidayakan.

5. Hewan

Sumber daya alam selanjutnya yang dapat diperbarui adalah Hewan. Hewan menjadi salah satu konsumsi utama bagi manusia, seperti hewan ternak sapi, kambing, ayam, dan lain sebagainya.

Hewan tidak cuman dimanfaatkan dagingnya saja, namun susu, bulu, dan kulitnya banyak digunakan sebagai produk yang bernilai jual. Di katakan sebagai sumber daya alam yang bisa diperbarui, karena hewan terutama hewan ternak bisa dibudidayakan atau dikembangbiakan.

6. Sinar Matahari

Sinar matahari menjadi salah satu sumber daya alam yang tidak bisa habis lainnya. Sinar matahari merupakan kebutuhan utama dari beberapa makhluk hidup, seperti tanaman yang berguna berfotosintesis atau membuat makanan. Dan tanpa adanya sinar matahari, takkan ada makhluk hidup yang dapat hidup di bumi.

Energi cahaya matahari banyak dimanfaatkan oleh manusia untuk beberapa kebutuhan hidup, seperti digunakan untuk pembangkit listrik tenaga surya. Dengan menggunakan listrik tenaga surya atau tenaga sinar matahari tentunya akan menghemat pengeluaran listrik.

Selain itu, sinar matahari banyak digunakan untuk keperluan pengeringan, seperti pengeringan ikan asin, padi, jagung, dan lain sebagainya.

7. Energi Panas Bumi

Geothermal atau energi panas bumi merupakan sumber daya alam yang dapat diperbarui lainnya. Energi panas bumi adalah energi panas yang terbentuk dan terdapat di dalam kerak bumi. Energi panas bumi memiliki temperatur yang berbeda, dan semakin bertambah jika semakin dalam.

Energi panas bumi atau Geothermal hingga sekarang masih dikaji sebagai pembangkit listrik. Karena panas bumi menjadi salah satu pembangkit listrik yang ramah lingkungan dan jumlahnya cukup melimpah di sebagian wilayah di bumi. Selain itu energi panas bumi banyak dimanfaatkan sebagai pemandian air panas di sebagian negara, seperti di Jepang.

8. Pasir

Seperti halnya tanah, pasir juga menjadi sumber daya alam yang bisa diperbarui dan tidak akan pernah habis karena jumlahnya sangat banyak. Pasir adalah contoh bahan materian yang berbentuk butiran kecil.

Selain dimanfaatkan sebagai media tanam, pasir oleh manusia juga banyak dimanfaatkan sebagai baha campuran pondasi rumah, seperti bahan campuran semen. Karena pada dasarnya pasir menjadi bahan pembangun rumah yang banyak digunakan, karena cukup kuat jika digabungkan dengan semen.

9. Kayu

Salah satu benda yang paling banyak digunakan oleh manusia adalah Kayu. Kayu adalah bagian batang, cabang, dan ranting yang terdapat pada tumbuhan yang umumnya memiliki struktur keras. Kayu banyak digunakan sebagai bahan pembuatan perabotan rumah tangga, seperti meja, kursi, pintu, kertas, dan lain sebagainya.

Kayu menjadi bahan yang bisa diperbarui kapan saja dengan cara menaman pohon untuk diambil kayunya. Umumnya kayu bisa diambil dari batang, cabang atau ranting pohon dengan cara ditebang. Untuk memperbarui ketersediaan bahan kayu, bisa dilakukan dengan penanaman pohon oleh manusia

10. Mutiara

Sumber daya alam terakhir yang bisa diperbarui adalah Mutiara. Mutiara adalah benda yang keras  berbentuk bulat yang biasanya diproduksi oleh hewan berbadan lunak, umumnya berbentuk kerang.  Mutiara pada umumnya memiliki bentuk buat dan bewarna putih jernih.

Mutiara menjadi salah satu sumber daya dari alam yang bisa diperbarui degan cara pembudidayakan kerang mutiara. Peternakan atau pembudidayaan kerang mutiara banyak dilakukan oleh sebagian orang untuk diambil mutiaranya. Mutiara memiliki nilai jual yang tinggi untuk digunakan sebagai bahan perhiasan.

Baca juga: 10 Karakteristik Negara Maju dan Penjelasannya

Itulah beberapa sumber daya alam yang dapat diperbarui dan juga tidak akan habis bila digunakan atau dikonsumsi secara terus menerus. Demikian artikel yang dapat freedomsiana.id mengenai sumber daya alam dan semoga bermanfaat.

Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.