Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Home » Pertanyaan » PKN » Siapa yang Terlibat dalam Pembentukan Kampung Pancasila?

Siapa yang Terlibat dalam Pembentukan Kampung Pancasila?

1 min read

Siapa yang terlibat dalam pembentukan kampung pancasila? Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang sering ditemui dalam soal-soal pelajaran sekolah, terutama dalam pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN).

Kampung pancasila adalah salah satu program dari pemerintah dalam pengamalan Pancasila yang dilakukan pada masa Orde Baru atau pada masa pemerintahan presiden Soeharto.

Program kampung pancasila ini diberlakukan hampir di seluruh kabupaten dan kota di Indonesia. Lantas siapa yang terlibat dalam pembentukan kampung Pancasila tersebut?

Sebelum membahas tentang siapa saja yang terlibat dalam pembentukan kampung Pancasila tersebut, kita bahas terlebih dahulu tentang apa itu kampung Pancasila dan apa yang melatarbelakangi terbentuknya kampung Pancasila.

Apa itu Kampung Pancasila?

Kampung Pancasila adalah suatu program pemerintah yang dibuat untuk mempromosikan dan memperkuat nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila di kehidupan masyarakat di tingkat desa.

Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila yang dipromosikan oleh kampung Pancasila mencakup prinsip persatuan, demokrasi, Ketuhanan Yang Maha Esa (YME), kemanusia yang adil dan beradab, serta keadilan sosial.

Tujuan diadakannya kampung Pancasila adalah untuk mempererat persatuan dan kekurunan antar masyarakat di tingkat desa yang beragam, termasuk perbedaan suku, rasa, agama, dan golongan.

Karena termasuk ke dalam program pemerintah di desa atau di kamping-kampung, lantas siapa saja yang terlibat dalam pembentukan kampung Pancasila? Berikut jawabannya!

Siapa yang Terlibat dalam Pembentukan Kampung Pancasila?

Yang telibat dalam pembentukan Kampung Pancasila adalah semua elemen masyarakat yang tinggal di Kampung tersebut, seperti kepala desa, para warga, ketua rt/rw, Babinsa, karang taruna, linmas, dan lain sebagainya.

Kampung Pancasila diciptakan untuk menciptakan kondisi kehidupan kampung atau desa yang harmonis dan damai yang dilandasi oleh prinsip nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup bersama.

Kampung Pancasila ini merupakan program di zaman pemerintahan Orde Baru yang termasuk ke dalam Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4) sebagai bentuk pengamalan nilai-nilai Pancasila yang telah diatur dalam Ketetapan MPR no. II/MPR/1978.

Program kampung Pancasila ini dilakukan melalui tiga fase, yaitu interpretasi, internalisasi, dan pembaruan Pancasila. Proses pembentukan kampung Pancasila ini dilakukan juga disiplin ilmu sosial, budaya dan ilmu pengetahuan.

Program ini dilaksanakan di desa karena pemerintah menganggap desa sebagai tempat yang memiliki toleransi tinggi dalam beragama, toleransi antar suku, ras, dan golongan.

Baca juga: Penerapan Pancasila Pada Masa Orde Lama 1959 – 1966

Nah itulah dia artikel tentang pertanyaan siapa yang terlibat dalam pembentukan kampung Pancasila? beserta penjelasannya. Demikian artikel yang dapat freedomsiana.id bagikan dan semoga bermanfaat.

Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *