Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Home » Agama » Rabbana Hablana Min Azwajina – Arab dan Artinya

Rabbana Hablana Min Azwajina – Arab dan Artinya

1 min read

Rabbana hablana min azwajina merupakan potongan ayat dari surat Al-Furqan ayat 74 yang artinya Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami istri-istri kami.

Al-Qur’an adalah kitab suci agama Islam yang didalamnya banyak memuat sumber-sumber pedoman hidup manusia di dunia dan diakhirat, seperti hukum, akidah, sejarah dan ilmu pengetahuan.

Ada banyak ayat-ayat di dalam Al-Qur’an yang bisa digunakan sebagai doa dan beberapa diantaranya menjadi doa yang pernah dipanjatkan oleh para Nabi.

Salah satu doa yang pernah dipanjatkan oleh Nabi Ibrahim kepada Allah agar keluarganya nanti menjadi keturunan orang-orang yang takwa kepada-Nya terdapat dalam surat Al-Furqan ayat 74.

Surat Al-Furqan

Surat Al-Furqan adalah surat ke-25 dalam urutan surat Al-Qur’an. Surat ini terdiri atas 77 ayat dan termasuk ke dalam surat Makkiyah. Surat Makkiyah adalah surat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW ketika berada di Kota Mekkah.

Dinamakan Al-Furqan karena diambil dari kata “Al-Qurqan” yang terdapat dalam ayat pertama.

Dalam surat ini, yang dimaksud dengan Al-Furqan dalam surat ini adalah Al-Qur’an. Dimana Al-Qur’an dinamakan Al-Furqan karena membedakan antara yang haq dan yang batil. Karena di dalam surat ini terdapat ayat yang membedakan antara kebenaraan ke-esaan Allah SWT dengan kebatilan kepercayaan atau syirik.

Salah satu ayat dalam surat Al-Furqan yang sering dijadikan doa adalah Rabbana hablana min azwajina, yang merupakan penggalan ayat yang terdapat dalam ayat 74. Adapun arti dari penggalan ayat tersebut adalah sebagai berikut.

Rabbana Hablana Min Azwajina Arab dan Artinya

 

Rabbana hablana min azwajina adalah penggalan dari ayat 74 dari surat Al-Furqan yang artinya “Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami istri-istri kami”. Adapun tulisan Arab, latin dan artinya adalah sebagai berikut.

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَٰجِنَا

Latin: Rabbana hab lana min azwajina

Artinya: “Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami”

Rabbana hablana min azwajina artinya “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kami istri-istri kami,” maksudnya kita memohon kepada Allah SWT supaya anugerahkan pasangan yang menjadi pendamping dalam melaksanakan kehidupan ini.

Lafadz rabbana hablana min azwajina merupakan doa singkat yang ditujukan kepada Allah SWT agar diberikan Istri sholehah dan mampu menyenangkan hati.

Surat Al-Furqan Ayat 74

Rabbana hablana min azwajina adalah penggalan dari surat Al-Furqan ayat 74. Adapun bunyi ayat, latin dan artinya adalah sebagai berikut.

وَٱلَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَٰجِنَا وَذُرِّيَّٰتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَٱجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Latin: Wallazina yaqụlụna rabbana hab lana min azwajina wa zurriyyatina qurrata a’yuniw waj’alna lil-muttaqina imama

Artinya: Dan orang orang yang berkata: “Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.

Tafsir Surat Al-Furqan ayat 74

Adapun tafsir surat Al-Furqan ayat 74 oleh Al-Muyassar (Kementerian Agama Saudi Arabia) adalah sebagai berikut.

Dan juga orang-orang yang memohon kepada Allah dengan mengatakan, “wahai Tuhan Kami, anugerahkanlah kepada kami dari istri-istri kami dan anak-anak kami apa yang dapat menyejukkan pandangan mata kami yang disitu kami memperoleh kenyamanan hidup dan kebahagiaan, dan jadikanlah kami teladan baik yang

Baca juga: Wala Tahinu Wala Tahzanu – Tulisan Arab dan Artinya

Nah itulah dia artikel tentang lafadz “Rabbana hablana min azwajina” beserta tulisan Arab, latin dan artinya. Demikian artikel yang dapat freedomsiana.id bagikan tentang salah satu lafadz dalam agama Islam dan semoga bermanfaat.

Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.