Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Home » PKN » Proses Terbentuknya Norma dalam Masyarakat

Proses Terbentuknya Norma dalam Masyarakat

1 min read

Dalam hidup bermasyarakat tentunya membutuhkan yang namanya norma. Norma sangat dibutuhkan dalam kehidupan sosial masyarakat.

Norma digunakan untuk mencegah dan menanggulangi konflik di masyarakat, terutama dalam kehidupan sosial masyarakat. Sadar atau tidak, sebenarnya kita sebagai manusia sudah terbiasa dengan yang namanya norma.

Apa itu norma dan bagaimana proses terbentuknya norma dalam masyarakat? Berikut penjelasan lengkapnya.

Pengertian Norma

Norma adalah suatu aturan yang mengikat setiap warga atau kelompok dalam masyarakat yang dipakai sebagai panduan, tatanan dan pengendali tingkah laku setiap warga atau kelompok.

Sehingga norma tersebut akan mempengaruhi tingkah laku manusia dalam masyarakat yang tujuannya untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat. Oleh karena itu, setiap warga masyarakat harus mentaati norma yang berlaku.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), norma adalah suatu aturan atau ketentuan yang mengikat warga kelompok dalam masyarakat, dipakai sebagai panduan, tatanan, dan pengendali tingkah laku yang sesuai dan berterima:

Contoh kalimat norma: setiap warga masyarakat harus menaati norma yang berlaku di masyarakat.

Macam-Macam Norma

Secara umum norma dibedakan menjadi 3 macam, yaitu norma agama, norma sosial, dan norma susila. Adapun masing-masing penjelasannya adalah sebagai berikut.

  1. Norma sosial adalah norma atau aturan yang menata tindakan manusia dalam pergaulan dengan sesama manusia.
  2. Norma agama adalah norma atau aturan yang menata tindakan manusia dalam pergaulan dengan sesama manusia yang bersumber pada ajaran agamanya.
  3. Norma susila adalah norma atau aturan yang menata tindakan manusia dalam pergaulan sehari-hari, seperti pergaulan antara pria dan wanita.

Proses Terbentuknya Norma dalam Masyarakat

Proses terbentuknya norma dalam masyarakat didasari oleh manusia yang hidup sebagai makkluk sosial atau tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Dimana manusia akan senantiasa hidup bersama orang lain, karena manusia tidak bisa hidup dengan sendirinya.

Kehidupan manusia sebagai makhluk sosial tersebut akhirnya menimbulkan ketergantungan yang berbeda-beda antar anggota masyarakat, sehingga menimbulkan benturan kepentingan.

Guna menghindari benturan tersebut, maka dibentuklah norma dalam masyarakat untuk menjaga keseimbangan dan kebutuhan antar anggotanya.

Baca juga: Mengapa Norma Diperlukan Dalam Masyarakat

Nah itulah dia artikel tentang pertanyaan “proses terbentuknya norma dalam masyarakat” beserta penjelasannya. Demikian artikel yang dapat freedomsiana.id bagikan dan semoga bermanfaat.

Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.