Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Home » Pertanyaan » PKN » Persatuan dan Kesatuan di Indonesia

Persatuan dan Kesatuan di Indonesia

1 min read

Indonesia merupakan negara majemuk karena terdiri atas berbagai macam ras, suku bangsa, bahasa, dan budaya. Hal tersebut yang membuat Indonesia spesial, karena berbeda-beda tetapi tetap satu menjadi bangsa Indonesia.

Akan tetapi, mempersatukan keberagaman tersebut tidak mudah dan membutuhkan waktu. Selain itu, ada syarat yang harus dilakukan agar persatuan dan kesatuan dapat terwujud, yaitu sebagai berikut.

Persatuan dan Kesatuan di Indonesia Dapat Terwujud Apabila?

Persatuan dan kesatuan di Indonesia dapat terwujud apabila tidak ada penonjolan suku, suku, agama, ras, dan antargolongan. Karena untuk dapat mencapai persatuan dan kesatuan semua rakyat harus saling menghargai perbedaan seperti banyaknya kebudayaan, suku, dan ras.

Indonesia adalah negara yang memiliki banyak macam ras, agama, bahasa dan suku bangsa. Oleh karena itu, persatuan dan kesatuan merupakan bentuk bersatunya bermacam-macam corak yang beraneka ragam tersebut menjadi satu kebulatan yang utuh dan serasi.

Makna Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Persatuan dan kesatuan memiliki arti penting bagi bangsa Indonesia untuk menghindari konflik. Adapun arti atau makna persatuan dan kesatuan adalah sebagai berikut.

Makna persatuan dan kesatuan adalah bersatunya beragam suku, ras, agama, budaya, sehingga menjadi suatu bangsa yang menyatu menjadi satu kesatuan yang utuh.

Persatuan dan kesatuan bangsa merupakan bersatunya bermacam-macam corak yang beraneka ragam seperti berbagai suku, ras, dan budaya menjadi satu bulatan yang utuh serta serasi dalam bingkai bangsa Indonesia.

Dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa tentunya akan menghadapi berbagai tantangan. Tantangan tersebut dapat disebabkan adanya gangguan atau ancaman terhadap persatuan dan kesatuan bangsa.

Ancaman terhadap persatuan dan kesatuan bangsa awalnya banyak yang bersifat militer seperti terjadinya berbagai pemberontakan.

Ancaman Persatuan dan Kesatuan di Indonesia

Seiring perkembangan zaman ancaman tersebut menjadi kompleks dan berkembang ke bidang lain, seperti ekonomi, sosial, dan budaya, polutik, ideologi, serta pertahanan dan kemanan. Berbagai ancaman terhadap persatuan dan kesatuan bangsa adalah sebagai berikut.

1. Bidang Idologi

Adanya pengaruh negatif masuknya ideologi liberal mengakibatkan masyarakat memiliki gaya hidup bebas, individualis, dan bermewah-mewahan.

2. Bidang politik

Ancaman dalam bidang ini dapat muncul sebagai akibat ketidakpuasan atas kebijakan yang dikeluarkan pemerintah. Sebagai contoh, aksi unjuk rasa yang rusuh maupun adanya kelompok atau golongan yang mengoordinasikan massa untuk menggulingkan kekuasaan yang sedang berjalan.

3. Bidang Ekonomi

Kegemaran masyarakat berbelanja produk asing, mudahnya produk asing masuk ke dalam negeri melalui pasar bebas, serta banyaknya pengangguran juga berpengaruh terhadap kondisi ekonomi nasional.

4. Bidang Pertahanan dan Keamanan

Dalam bidang pertahanan dan keamanan, ancaman dapat menggunakan kekuatan militer. Sebagai contoh, agresi, spionase, teror bersenjata, serta sengketa wilayah negara.

Baca juga: Sumpah Pemuda – Latar Belakang, Isi, dan Arti Penting

Nah itulah dia artikel tentang pertanyaan “Persatuan dan kesatuan di Indonesia dapat terwujud apabila?” beserta penjelasan makna dan bentuk ancaman. Demikian artikel yang dapat freedomsiana.id bagikan dan semoga bermanfaat.

Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.