Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Home » Pertanyaan » Sejarah » Peristiwa Bersejarah Disebut Peristiwa Abadi Karena?

Peristiwa Bersejarah Disebut Peristiwa Abadi Karena?

1 min read

Tahukah Anda bahwa kehidupan kita sekarang ini tidak terlepas dari yang namanya peristiwa sejarah yang terjadi di masa lalu. Kehidupan sejarah di masalah lalu berkaitan dengan masa sekarang dan akan terus berkaitan.

Sebagai sebuah bangsa, tentunya kita tidak boleh melupakan sejarah yang terjadi di masa lalu. Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak pernah melupakan sejarah bangsanya sendiri.

Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pertanyaan “Peristiwa bersejarah disebut peristiwa abadi karena?”. Sebelum itu kita bahasa terlebih dahulu tentang sejarah sebagai peristiwa.

Sejarah Sebagai Peristiwa

Sejarah sebagai peristiwa adalah kejadian pada masa lampau yang benar terjadi berdasarkan fakta serta bukti yang jelas. Sejarah sebagai peristiwa adalah peristiwa yang benar-benar terjadi sesuai kenyataan pada masa terjadinya.

Sejarah sebagai peristiwa diartikan sebagai sebuah fakta sejarah yang dipandang sebagai kejadian yang benar-benar terjadi dan berlangsung di masa lampau.

Akan tetapi, tidak semua peristiwa yang terjadi di masa lampau bisa dikategorikan sejarah, karena tidak semua peristiwa tersebut memiliki relasi atau hubungan dengan kehidupan umat manusia serta perkembangan sosialnya.

Mengapa Peristiwa Bersejarah Disebut Peristiwa Abadi?

Peristiwa bersejarah disebut peristiwa abadi karena tidak pernah berubah. Sehingga peristiwa tersebut dapat dikenang sepanjang masa.

Selain itu, alasan mengapa peristiwa bersejarah disebut peristiwa abadi juga karena bersifat “einmalig” yang artinya hanya sekali terjadi, tidak pernah terulang kembali dan tidak dapat diubah-ubah.

Istilah einmalig berasal dari bahasa Jerman yang berarti “sekali terjadi”. Einmalig akan selalu berhubungan dengan sebuah peristiwa sejarah yang terjadi di masa lalu, karena peristiwa di masa lalu hanya terjadi sekali dan tidak akan dapat berulang-ulang.

Jika dikaitkan dengan fungsi sejarah, maka peristiwa sejarah dikategorikan sebagai sejarah sebagai ilmu yang unik, karena tidak akan terulang untuk kedua kalinya. Selain abadi dan unik, peristiwa sejarah juga disebut peristiwa penting.

Baca juga: Sejarah Sebagai Peristiwa: Pengertian, Syarat, Ciri-Ciri, dan Sifat

Ciri-Ciri Peristiwa Sejarah

Selain bersifat abadi, peristiwa sejarah juga memilik ciri lain yaitu unik dan penting. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut.

1. Unik

Peristiwa sejarah bersifat unik, artinya peristiwa sejarah hanya terjadi sekali saja, dan tidak sama antara suatu peristiwa dengan peristiwa lainnya. Keunikan ini didukung dengan ainmalig yaitu hanya akan terjadi sekali saja dan tidak akan berulang kembali.

2. Penting

Peristiwa sejarah bersifat penting, artinya beberapa peristiwa sejarah dianggap penting oleh kelompok masyarakat atau bangsa tertentu. Selain itu, peristiwa sejarah memiliki pengaruh terhadap perubahan dan perkembangan manusia, serta memiliki pengaruh yang besar bagi kelangsungan hidup suatu masyarakat.

3. Abadi

Peristiwa sejarah bersifat abadi, artinya peristiwa sejarah tidak berubah-ubah dan akan selalu dikenang sepanjang masa, serta nantinya dapat menjadi ingatan kolektif bagi bangsa tersebut.

Contoh Peristiwa Sejarah

Salah satu contoh peristiwa sejarah yang bersifat abadi adalah Peristiwa 10 November.

Pertempuran Surabaya adalah peristiwa sejarah antara pihak tentara indonesia dan pasukan Belanda. Peristiwa besar ini terjadi pada tanggal 10 November 1945 di Kota Surabaya, Jawa Timur. Pertempuran ini merupakan perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan salah satu pertempuran terbesar dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme.

Nah itulah dia artikel tetang pertanyaan “Peristiwa bersejarah disebut peristiwa abadi karena?” beserta penjelasannya. Demikian artikel yang dapat freedomsiana.id bagikan tentang pelajaran sejarah dan semoga bermanfaat.

Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.