Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Home » Arti Kata » Reduksi adalah : Pengertian, dan Contoh Reaksi Reduksi

Reduksi adalah : Pengertian, dan Contoh Reaksi Reduksi

1 min read

Reduksi adalah? Reduksi dan reduktor merupakan 2 kata yang saling berkaitan satu sama lain. Kedua kata tersebut sering ditemukan dalam pelajaran Kimia di tingkat sekolah.

Bagi orang awam kata tersebut memang jarang terdengar dan penggunaan katanya juga sangat jarang. Padahal kedua kata tersebut memiliki makna suatu hal yang terjadi pada kehidupan sehari-hari. Hanya saja kebanyakan orang tidak mengetahuinya.

Lantas apa yang dimaksud dengan reduksi, beserta reaksi reduksi, dan contoh raksi reduksi. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut.

Pengertian Reduksi

Reduksi adalah reaksi penangkapan elektron atau reaksi penurunan bilangan oksidasi. Sedangkan Reduktor merupakan zat yang melakukan proses reduksi terhadap zat lainnya.

Reduksi merupakan peristiwa reaksi yang mengalami penurunan bilangan oksidasi dan kenaikan elektron. Dapat dikatakan bahwa reduksi adalah reaksi dimana suatu zat kehilangan oksigen.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), reduksi adalah pengurangan atau pemotongan harga dan sebagainya. Contoh penggunaan: toko itu memberikan reduksi 20% menjelang Lebaran.

Pengertian Reduksi Data

Reduksi data adalah suatu bentuk analisis dengan tujuan, menajamkan, mengarahkan, menggolongkan, mengorganisasi data, dan membuang sesuatu yang tidak perlu dengan cara sedemikian rupa, sehingga mendapat kesimpulan final yang dapat ditarik dan diverifikasi.

Menurut Sugiyono, reduksi data adalah merangkum, memilih hal-hal yang pokok, memfokuskan pada hal-hal yang penting yang sesuai dengan topik penelitian, mencari tema dan polanya. Dimana pada akhirnya memberikan gambaran yang lebih jelas dan mempermudah untuk melakukan pengumpulan data selanjutnya.

Reaksi Reduksi

Reaksi reduksi adalah reaksi dimana suatu atom mengalami penurunan bilangan oksidasi. Dapat dikatakan bahwa reaksi reduksi adalah reaksi dimana suatu zat kehilangan oksigen.

Contoh reaksi redoks dalam kehidupan sehari-hari adalah perkaratan, pembakaran, pembusukan, fotosintesis, dan metabolisme.

Banyak hal yang bisa dilakukan dengan peristiwa reduksi, misalnya pelarutan Asam Nitrat untuk bahan baku industri kimia atau pupuk pertanian, pengujian kandunhan sulfat pada garam, menghindari kontaminasi air laut dalam proses sianidasi mineral emas, dan unsur kimia arsen.

Contoh Reaksi Reduksi

Contoh reaksi redukdi bisa terjadi saat Gas klor Cl2 berubah menjadi ion klor Cl–, Kation Besi III (Fe3+) berubah menjadi Besi II (Fe2+) atau besi (Fe), atau saat Kation tembaga II (Cu2+) berubah menjadi logam tembaga Cu.

Adapun contoh reaksi reduksi adalah sebagai berikut.

Kedua reaksi di atas merupakan peristiwa pelepasan oksigen oleh suatu zat.

Kedua reaksi di atas merupakan peristiwa pengikatan elektron oleh suatu zat.

Bilangan oksidasi S turun dari +6 menjadi +4.

Perbedaan Reduksi dan Oksidasi

Pengertian reduksi dan reduktor memang saling keterkaitan. Bila melihat konteks katanya, kata reduksi merupakan kata yang mengandung makna sebuah peristiwa. Sedangkan reduktor ialah benda yang berfungsi menjalankan peristiwa tersebut.

Pada reduksi terdapat peristiwa diperolehnya elektron, atau menurunnya bilangan oksidasi suatu atom, molekul, atau ion. Sementara reduktor merupakan zat yang melakukan proses reduksi terhadap zat lainnya.

Terjadinya reduksi dikarenakan adanya reduktor, yaitu suatu materi yang berupa molekul, atom, atau ion, yang mereduksi molekul, atom, atau ion lainnya. Saat prosesnya terjadi, reduktor justru mengalami proses sebaliknya, yaitu oksidasi.

Oksidasi yaitu peristiwa pelepasan elektron atau penambahan (kenaikan) bilangan oksidasi. Reduksi memiliki peristiwa yang selalu stimulan dengan peristiwa oksidasi, artinya setiap peristiwa reduksi selalu menimbulkan reaksi oksidasi. Kata reduksi dan reduktor dalam reaksi kimia selalu bertemu dengan pasangan kata oksidasi dan oksidator.

Baca juga: Pengertian Pembelahan Amitosis, Mitosis dan Meiosis

Nah itulah dia artikel tentang reduksi beserta proses dan contoh reaksi reduksi. Demikian artikel yang dapat freedomsiana.id bagikan tentang salah satu pengertian arti kata dan semoga bermanfaat.

Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.