Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Home » Olahraga » Penjaskes » Pengertian Senam (Senam Ketangkasan)

Pengertian Senam (Senam Ketangkasan)

1 min read

Salah satu usaha untuk menjaga dan memelihara tubuh agar tetap sehat dan bugar sebagai bentuk syukur kita kepada tuhan adalah dengan melakukan olahraga khususnya senam secara rutin. Senam adalah cabang olahraga yang populer sejak zaman Yunani Kuno. Pelaksanaan senam pun mengalami perkembangan dari masa ke masa. Senam biasa digunakan orang untuk rekreasi, relaksasi atau menenangkan pikiran, biasanya ada yang melakukannya dirumah, ditempat fitness, di gymnasium maupun di sekolah. Senam sangat penting untuk pembentuka kelenturan tubuh dan kelangsungan hidup manusia. Senam ada berbagai macam, diantaranya senam lantai dan senam ketangkasan. Senam ketangkasan. Nah sebelum masuk ke materi selanjutnya perlu diketahui apa itu senam, berikut ulasannya.

Pengertian Senam

Istilah senam merupakan terjemahan dari bahasa Inggris, yaitu gymnastic atau gymnos, sedangkan dalam bahasa Yunani (Greek) yang artinya telanjang. Karena pada waktu itu (zaman juno) melakukan senam dengan badan telanjang atau setengah telanjang. Namun untuk senam menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), senam adalah gerak badan dengan gerakan tertentu, seperti menggeliat, menggerakkan, dan meregangkan anggota badan. Dari beberapa definisi senam diatas, dapat disimpulkan bahwa senam adalah sebuah cabang olahraga yang melibatkan berbagai gerakan tubuh yang membutuhkan kekuatan, kecepatan dan keserasian gerakan fisik yang teratur.

Pengertian Senam Ketangkasan

Senam ketangkasan adalah rangkaian gerakan senam yang dilakukan dengan menggunakan alat bantu. Senam ketangkasan sering dikatakan dengan senam pertandingan atau senam artistik, karena bentuk-bentuk gerakannya harus sesuai dengan peraturan yang berlaku dalam pertandingan baik mengenai sikap pada waktu akan melakukan gerakan, keindahan dan ketepatan, serta keseimbangan pada sikap akhirnya. Senam ketangkasan dapat dilakukan tanpa alat dan dengan menggunakan alat. Senam ketangkasan yang dilakukan tanpa alat dinamakan senam lantai (floor exercise), sedangkan senam ketangkasan menggunakan alat dinamakan senam alat.

Senam ketangkasan dapat dilakukan dengan menggunakan palang sejajar, palang tunggal, gelang-gelang palang bertingkat, dan kuda-kuda pelana. Jika melakukan gerakan-gerakan senam ketangkasan dengan baik, kita akan memperoleh pengalaman gerak atau unsur gerak yang dapat meningkatkan kebugaran tubuh berupa gerakan ketangkasan, gerakan keseimbangan, gerak kelenturan atau keluwesan, gerakan kelincahan, gerakan keberanian, gerakan keharmonisan, dan gerakan keindahan.

Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Tujuan Latihan Kayang

Mas Pur
1 min read

Jarak Lari Jarak Pendek

Mas Pur
1 min read

Cara Melakukan Renang Gaya Dada Yang Baik dan Benar

Tubuh yang dianugerahkan Tuhan kepada kita harus kita jaga dan pelihara dengan baik serta menggunakannya untuk hal-hal yang baik pula. Salah satu cara menjaga...
Mas Pur
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.