Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Home » Kewirausahaan » Pertanyaan » Pengembangan Produk Kerajinan Hiasan untuk Pasar Lokal

Pengembangan Produk Kerajinan Hiasan untuk Pasar Lokal

1 min read

Pengembangan produk kerajinan hiasan untuk pasar lokal adalah? Pertanyaan ini merupakan salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan dalam soal pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan (PKK) kelas 12.

Kewirausahaan adalah suatu proses seseorang guna mengejar peluang-peluang memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui inovasi, dan keunikan, tidak peduli sumber daya apa yang digunakan saat ini.

Pelajaran kewirausahaan banyak mengajarkan tentang tata cara berwirausaha, salah satu diantaranya adalah pengembangan produk kerajinan hiasan untuk pasar lokal.

Apa itu Produk Kerajinan Hiasan?

Produk kerajinan hiasan adalah suatu produk kerajinan yang dibuat dengan mengutamakan nilai keindahan dan estetika tanpa memperhatikan fungsi pakai dari barang kerajinan tersebut.

Kerajinan hias umumnya dibuat hanya untuk keindahan semata sebagai hiasan pada suatu benda atau sebagai pajangan untuk estetika suatu ruangan. Kerajinan hiasan digunakan untuk memperindah suatu ruangan.

Produk kerajinan hias harus dikembangkan sebagus mungkin bisa masuk ke dalam pasar lokal maupun nasional bahkan internasional. Lantas bagaimana pengembangan produk kerajinan hiasan untuk pasar lokal? Berikut jawaban dan penjelasannya!

Pengembangan Produk Kerajinan Hiasan untuk Pasar Lokal

Pengembangan produk kerajinan hiasan untuk pasar lokal adalah dengan memproduksi produk kerajinan yang sudah ada dan dikembangkan menjadi produk lain. Hal ini bisa disebut sebagai inovasi dengan meningkatkan kreativitas.

Jadi, para perajin kerajinan hiasan diharapkan dapat tetap memproduksi kerajinan yang sudah ada di pasaran dan menciptakan variasi (versi baru) dari produk kerajinan hiasan yang sudah ada di pasaran tersebut.

Penciptaan variasi produk kerajinan hiasan ini, dapat mencakup inovasi desain, penggunaan bahan atau penambahan bahan, dan aspek lain dari produk yang sudah ada. Dengan catatan, tidak merubah bentuk dasar, nilai budaya, dan tradisi lokal yang ada pada produk hiasan tersebut.

Selain itu, ada beberapa hal yang harus diperhatian ketika menjalankan strategi ini, seperti analisis pasar, inovasi desain, evaluasi produk, mempertimbangkan aspek kultural (budaya), dan implementasi pemasaran yang efektif.

Tujuan dari hal-hal tersebut supaya dapat menciptakan variasi produk yang sesuai dengan selera lokal dan memenuhi ekspektasi dari para pelanggan, sambil menjaga bentuk dasar dan kualitas produk kerajinan hiasan.

Baca juga: 7 Contoh Kerajinan Tangan Beserta Daerah Penghasilnya

Nah itulah dia artikel tentang pertanyaan “Pengembangan produk kerajinan hiasan untuk pasar lokal adalah?” beserta jawaban dan penjelasan. Demikian artikel yang dapat freedomsiana.id bagikan dan semoga bermanfaat.

Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *