Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Home » Geografi » 3 Pendekatan Geografi dan Contohnya

3 Pendekatan Geografi dan Contohnya

1 min read

Geografi merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang berbagai gejala, peristiwa, dan fenomena yang terjadi di permukaan bumi, termasuk dari hasil interaksi manusia dengan lingkungan.

Selain itu, geografi menggambarkanatau mendeskripsikan tentang bumi, terutama di muka bumi. Geografi masih terbagi masih terbagi ke dalam beberapa bab, mulai dari konsep geografi, prinsip geografi, pendekatan geografi, dan aspek geografi.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai pendekatan geografi, karena sebelumnya kita sudah membahas mengenai prinsip geografi.

Pengertian Pendekatan Geografi

Pendekatan geografi adalah suatu metode atau cara yang digunakan untuk memahami berbagai gejala, fenomena, dan peristiwa yang terjadi di permukaan bumi (geosfer). Khususnya interaksi antara manusia terhadap lingkungannya.

Pendekatan geografi merupakan langkah atau metodologi khusus untuk melakukan analisa dan memahami berbagai macam gejala serta fenomena geosfer, terutama pada interaksi antara makhluk hidup terhadap lingkungannya.

Pendekatan Geografi dan Contohnya

Pendekatan-pendekatan yang digunakan untuk menganalisis berbagai gejala dan fenomena yang terjadi di permukaan bumi terdiri dari tiga pendekatan, yaitu sebagai berikut.

1. Pendekatan Spasial (Keruangan)

Pendekatan keruangan/spasial adalah seluruh permukaan bumi yang merupakan tempat hidup tumbuhan, hewan, dan manusia.

Pendekatan keruangan merupakan ciri khas yang membedakan ilmu geografis dengan lainnya. Pendekatan keruangan menganalisis gejala atau fenomena geografis berdasarkan penyebaranya dalam ruang.

Pendekatan keruangan merupakan pendekatan yang khas dalam geografi karena merupakan studi tentang keanekaragaman ruang muka bumi dengan membahas masing-masing aspek keruangan. Aspek-aspek ruang muka bumi meliputi faktor lokasi, kondisi alam, dan kondisi sosial budaya masyarakatnya.

Dalam mengkaji aspek-aspek tersebut seoran ahli geografi sangat memperhatikan faktor letak, distribusi (persebaran), interelasi, serta interaksinya.

Contoh pendekatan spasial (keruangan) adalah sebagai berikut.

Contoh pendekatan keruangan adalah perencanaan pembukaan lahan untuk daerah pemukiman yang baru. Hal yang perlu diperhatikan dalam perencanaan ini adalah segala aspek yang berkaitan dengan lahan tersebut.

Sebagai contoh, analisis bentuk relief atau morfologi lahan tersebut berkaitan dengan kemungkinan longsor dan terjadinya banjir. Analisis ini perlu dilakukan karena keadaan fisik lokasi dapat memengaruhi tingkat adaptasi manusia yang akan menempatinya.

2. Pendekatan Ekologi (Lingkungan)

Pendekatan ekologi adalah suatu pendekatan berdasarkan interaksi dan interpendensi yang terjadi pada lingkungan. Lingkungan geografi bisa diartikan sama dengan lingkungan pada umumnya.

Pendekatan ekologi dilakukan dengan berpusat pada interelasi kehidupan manusia dengan lingkungan fisiknya yang membentuk sistem keruangan yang dikenal dengan ekosistem.

Contoh pendekatan ekologi (lingkungan) adalah sebagai berikut.

Contoh Pendekatan Ekologi adalah padang rumput atau sabana yang ditinggalkan oleh kawanan hewan-hewan pemakan rumput, sehingga akan terjadi perubahan lahan dan kompetisi penghuninya.

3. Pendekatan Regional (Kompleks Wilayah)

Pendekatan kompleks wilayah adalah pendekatan yang membahas mengenai gejala atau fenomena menggunakan kombinasi antara analisis keruangan dan analisis ekologi.

Pendekatan kompleks wilayah dilakukan untuk mengetahui perbedaan suatu wilayah dengan wilayah yang lain atau area differentiation. Arena differentiation merupakan anggapan bahwa interaksi antarwilayah akan berkembang karena adanya perbedaan.

Pendekatan kompleks wilayah melihat setiap wilayah mempunyai karakteristik yang khas atau berbeda dengan wilayah lain sehingga sifat tersebut dapat digunakan sebagai salah satu acuan dalam menganalisis objek.

Contoh pendekatan regional (kompleks wilayah) adalah sebagai berikut.

Contoh pendekatan kompleks wilayah adalah perbedaan wilayah di berbagai belahan bumi, seperti wilayah Indonesia berbeda dengan negara yang berada di wilayah Amerika Selatan.

Nah, itulah dia artikel tentang pengertian mengenai pendekatan geografi beserta macam dan contohnya. Demikian artikel yang dapat freedomsiana.id bagikan mengenai materi geografi dan semoga bermanfaat.

Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.