Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Home » Pengurusan Jenazah » Pembalikkan Dalam Renang Gaya Dada, Bebas, dan Kupu-kupu

Pembalikkan Dalam Renang Gaya Dada, Bebas, dan Kupu-kupu

1 min read

Pembalikkan dalam Renang Gaya Dada, Bebas, dan Kupu-kupu – Teknik pembalikan badan saat melakukan perlombaan renang merupakan hal yang harus dikuasai sebab pembalikkan yang baik akan menambah keberhasilan dalam renang. Pada dasarnya, teknik pembalikan dapat dikelompokkan menjadi dua cara, yaitu pembalikan biasa atau hanya membalikkan tubuh serta kedua tungkai langsung melakukan tolakan ke dinding kolam dan pembalikan dengan salto atau memutar tubuh di dalam air.

#Pembalikan Gaya Bebas (Crawl)

Ada tiga macam pembalikkan gaya bebas (crawl), yaitu sebagai berikut.

  1. Pembalikan biasa (untuk pemula): Tiap perenang harus dapat membalik ke kiri atau ke kanan dengan cepat. Bila tangan kiri yang menyentuh dinding ia harus memutar badan kejurusan kanan.
  2. Pembalikan salto belakang (metode Kiefer): Sebelum tangan menyentuh dinding, ia harus cepat mengambil sikap menelentang dan membuat suatu salto belakang, sehingga pantat dan kaki dekat dengan dinding. Dengan sikap telungkup ini, perenang bertolak dengan meluruskan kaki sekuat-kuatnya ke muka. Pembalikan ini jarang digunakan dalam perlombaan renang, karena kurang efektif dan sukar.
  3. Pemalikan salto ke muka: Pada pembalikan ini setuhan tangan tidak diperlukan, cukup kedua kaki menyentuh dinding dengan cara salto ke muka.

#Pembalikan Gaya Dada

Pembalikan gaya dada harus dilakukan dengan kedua tangan menyentuh dinding bersama-sama. Setelah kedua tangan menyentuh dinding, pantat dan kedua kaki yang telah ditekukkan diputar ke samping sehingga mendekati dinding. Tangan satu per satu dilepaskan dan diluruskan ke muka disertai gerakan menolak yang kuat dari kedua kaki pada dinding. Kemudian meluncur ke depan dengan sikap lurus di bawah air.

Setelah lemah luncurannya, kedua lengan menarik penuh dalam keadaan masih tenggelam di dalam air sampai kedua lengan menempel pada paha. Selanjutnya dengan menjejakkan kaki satu kali, sambil mengangkat badan keluar dari permukaan air. Setelah keluar dari permukaan air, baru diperbolehkan renang gaya dada.

#Pembalikkan Gaya Kupu-Kupu

Membalik pada gaya kupu-kupu peraturannya hampir sama dengan gaya dada, setelah kedua tangan menyentuh dinding bersama-sama, kemudian baru boleh membalik. Pantat dan kedua kaki yang telah ditekukkan diputar ke samping hingga mendekati dinding.

Tangan satu per satu dilepaskan dan diluruskan ke muka disertai gerakan bertolak yang kuat dari kaki pada dinding, kemudian meluncur ke depan dengan sikap lurus dekat dengan permukaan air. Gerakan kaki boleh lebih satu kali gerakan, sebelum gaya yang sebenarnya.

Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Niat Sholat Mayit Perempuan dan Laki-Laki

Niat sholat mayit – Semua yang ada di bumi ini, semuanya adalah milik Allah Swt. tidak terkecuali tubuh kita yang juga milik Allah dan...
Mas Pur
1 min read

Tata Cara Menguburkan Jenazah Menurut Agama Islam

Tata cara menguburkan jenazah yang baik dan benar,– Adapun urusan selanjutnya sesudah dishalatkan hendaknya jenazah dibawa ke pemakaman untuk dikuburkan. Meskipun demikian, ada beberapa...
Mas Pur
1 min read

Tata Cara Menyalatkan Jenazah Dengan Bacaan Niat dan Do’a

Tata Cara menyalatkan jenazah beserta bacaan niat, shalawat dan doa bagi si mayit,- Hukum mengurus jenazah bagi muslim lain yang masih hidup adalah fardu...
Mas Pur
1 min read

Tata Cara Mengkafani Jenazah Laki-Laki dan Perempuan

Islam menganjurkan umatnya agar selalu ingat akan mati. Islam uga menganjurkan umatnyauntuk mengunjungi orang yang sedang sakit, dan mendoakanya. Apabila seseorang telah meninggal dunia,...
Mas Pur
2 min read

Tata Cara Memandikan Jenazah Yang Baik dan Benar

Tata cara memandikan jenazah beserta syarat dan pelaksanaanya,- Pada hakikatnya tidak ada yang abadi di dunia ini, semua makhlun ciptaan Allah Swt. akan mengalami...
Mas Pur
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.