Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Home » Bahasa Indonesia » Pertanyaan » Mengubah Puisi Menjadi Prosa

Mengubah Puisi Menjadi Prosa

1 min read

Pengertian Puisi merupakan suatu bentuk karya sastra dari hasil ungkapan dan perasaan penyair dengan bahasa yang terikat irama, matra, rima, penyusunan lirik dan bait, serta penuh makna.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Puisi adalah ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait.

Dalam penyusunan puisi, baik itu larik, bait maupun bahasanya itu harus bisa dipandang indah oleh pembacanya dan penuh dengan suatu makna atau arti.

Tahukah Anda, bahwa puisi juga dapat diubah ke dalam bentuk sastra lain, salah satunya adalah prosa. Apa itu prosa? Berikut penjelasannya.

Pengertian Prosa

Prosa adalah karangan bebas yang tidak terikat dengan kaidah-kaidah seperti halnya puisi. Kata prosa berasal dari bahasa Latin “prosa” yang artinya “terus terang”.

Prosa merupakan suatu jenis tulisan yang dibedakan dengan puisi karena variasi ritme yang dimilikinya lebih besar. Selain itu, bahasa prosa yang lebih sesuai dengan arti leksikalnya.

Prosa menjadi karya sastra yang tidak terikat oleh kaidah-kaidah seperti pusisi, tapi apakah bisa merubah puisi menjadi prosa? Jawabannya bisa.

Mengubah Puisi Menjadi Prosa

Mengubah puisi menjadi prosa disebut Parafrase. Parafrase adalah mengubah bentuk puisi ke sebuah prosa atau sastra lain. Jadi, parafrase adalah mengubah puisi menjadi bentuk sastra lain (prosa).

Hal itu berarti bahwa puisi yang tunduk pada aturan-aturan puisi diubah menjadi prosa yang tunduk pada aturan-aturan prosa tanpa mengubah isi puisi tersebut. Lebih mudahnya parafrase puisi adalah memprosakan puisi.

Perlu diketahui bahwa parafrase merupakan metode memahami puisi, bukan metode membuat karya sastra. Dengan demikian, memparafrasekan puisi tetap dalam kerangka upaya memahami puisi.

Macam Parafrase Puisi

Ada dua metode parafrase puisi, yaitu sebagai berikut.

  1. Parafrase terikat, yaitu mengubah puisi menjadi prosa dengan cara menambahkan sejumlah kata pada puisi sehingga kalimat-kalimat puisi mudah dipahami. Seluruh kata dalam puisi masih tetap digunakan dalam parafrase tersebut.
  2.  Parafrase bebas, yaitu mengubah puisi menjadi prosa dengan kata-kata sendiri. Kata-kata yang terdapat dalam puisi dapat digunakan, dapat pula tidak digunakan. Setelah kita membaca puisi tersebut kita menafsirkan secara keseluruhan, kemudian menceritakan kembali dengan kata-kata sendiri.

Contoh Parafrase Puisi

Berikut contoh puisi beserta parafrasenya, dengan judul sekolah.

Bersekolah

Aku setiap hari
Bertemu teman
Bertemu guru
Membaca buku

Parafrasenya adalah setiap hari aku berangkat kesekolah. Disekolah aku bertemu teman, aku juga bertemu dengan guru. Aku belajar dengan guru aku belajar dan membaca buku.

Baca juga: 5 Contoh Puisi Tentang Lingkunganku

Nah itulah dia artikel tentang mengubah puisi menjadi prosa, yaitu disebut parafrase. Demikian artikel yang dapat freedomsiana.id bagikan tentang salah satu bentuk karya sastra dan semoga bermanfaat.

Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.