Manajemen sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya manajemen kita dapat mengatur semua kegiatan agar dapat dilakukan dengan efektif dan efisien. Bagaimana manajemen dapat mengatur semua kegiatan? Apa saja yang diperlukan dalam sebuah manajemen?
Nah, oleh karena itu kali ini kita akan membahas mengenai manajemen, dimana manajemen memegang peranan penting dalam kehidupan kita. Aktivitas kita sehari-hari tanpa manajemen yang baik tentu tidak akan mencapai hasil yang baik pula.
Daftar Isi
Pengertian Manajemen
Pengertian manajemen secara umum adalah pemakaian sumber daya organisasi untuk mencapai sasaran dan kinerja tinggi, baik dalam organisasi bisnis maupun nonbisnis.
Istilah manajemen berasal dari bahasa Prancis Kuno, me-na gement, artinya seni melaksanakan dan mengatur.
Manajemen digunakan mengatur sesuatu yang dilakukan oleh sekelompok orang atau organisasi untuk mencapai tujuan organisasi tersebut dengan cara bekerja sama memanfaatkan sumber daya yang dimiliki.
Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli
Menurut Hasibuan, manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Menurut G.R. Terry, manajemen adalah suatu proses yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya.
Menurut Harold Koontz dan Cyril O’Donnel, manajemen adalah usaha mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan ilmu dan seni.
Pengertian menajemen juga dapat dilihat dari tiga sudut pandang, yaitu manajemen sebagai suatu proses, manajemen sebagai suatu konektivitas manusia, serta manajemen sebagai ilmu dan seni
Unsur-Unsur manajemen
Dalam melakukan aktivitas dan mencapai tujuan manajemen memerlukan unsur-unsur yang mendukung. Unsur-unsur tersebut yaitu sebagai berikut.
- Manusia (man), merupakan usnur manajemen yang paling penting. Manusia yang melakukan proses manajemen untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
- Uang (money), dalam manajemen diperlukan untuk membiayai berbagai macam keperluan untuk kelangsungan proses manajemen.
- Bahan (materials), terdiri dari bahan mentah, bahan setengah jadi, dan bahan jadi yang diperlukan dalam proses manajemen.
- Metode (methods), merupakan cara kerja yang digunakan dalam melakukan aktivitas.
- Mesin (machines), merupakan alat yang digunakan untuk berproduksi. Mesin berkaitan dengan teknik produksi berbasis pasar modal.
- Pasar (market), merupakan salah satu faktor yang mendorong peningkatan kualitas produksi. Di pasar perusahaan mampu mengetahui daya beli terhadap barang produksinya.
Tingkatan Manajemen
- Manajemen puncak (top management), terdiri dari dewan direktur atau eksekutif, bertanggung jawab terhadap keseluruhan aktivitas organisasi.
- Manajemen menengah (middle management), terdiri dari beberapa tingkatan organisasi, menjadi penghubung antara manajemen puncak dan manajemen lini pertama. Bertugas untuk menggerakkan, memahami, dan memotivasi orang lain, baik secara individu maupun kelompok.
- Manajemen lini pertama (firs line management), bertanggung jawab memimpin dan mengawasi tenagga operasional atau karyawan. Manajemen pada tingkatan ini harus memiliki keterampilan teknis.
Fungsi Manajemen
Fungsi manajemen adalah elem-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan. Adapun beberapa fungsi manajemen adalah sebagai berikut.
1. Perencanaan (planning)
Perencanaan adalah sesuatu yang akan direncanakan tentang apa yang akan dicapai yang kemudian memberikan pedoman, garis-garis besar tentang apa yang akan dituju. Perencanaan merupakan persiapan-persiapan untuk pelaksanaan suatu tujuan, berupa rumusan-rumusan tentang apa dan bagaimana suatu pekerjaan dapat dilaksanakan.
2. Pengorganisasian (organizing)
Pengorganisasian adalah proses pembagian kerja ke dalam tugas-tugas yang lebih kecil, membebankan tugas-tugas itu kepada orang yang sesuai dengan kemampuannya, dan mengalokasikan sumber daya serta mengoordinasikannya dalam rangka efektivitas pencapaian tujuan organisasi.
3. Pengisian Jabatan (staffing)
Pengisi jabatan adalah kegiatan untuk memperoleh karyawan secara efektif dan efisien yang akan mengisi jabatan-jabatan kosong organisasi perusahaan. Tujuan dari pengisian jabatan adalah agar semua jabatan ada yang mengisi atau menempati dan tugas-tugas dari setiap jabatan tersebut dapat dilaksanakan dengan baik sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.
4. Penggerakan (actuating)
Penggerakan adalah menempatkan semua anggota pada kelompok agar bekerja secara sadar untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sesuai dengan perencanaan dan pola organisasi. Dengan kata lain, penggerakan artinya kegiatan yang berhubungan dengan memotivasi atau memberi semangat kepada karyawan atau pegawai.
5. Pengarahan (directing)
Pengarahan adalah memberi arahan agar seluruh tim dan sumber daya yang ada dapat bekerja untuk mencapai tujuan bersama. Selain itu, menjalankan seluruh perencanaan yang telah dibuat agar dijalankan dengan baik.
6. Pengendalian (controlling)
Pengendalian adalah salah satu fungsi manajerial seperti perencanaan, pengorganisasian, pengaturan staf, dan pengarahan. Mengendalikan merupakan fungsi penting karena membantu untuk memeriksa kesalahan dan mengambil tindakan korektif sehingga meminimalkan penyimpanan dari standar dan mengatakan bahwa tujuan organisasi telah tercapai dengan cara yang baik.
Bidang-Bidang Manajemen
- Manajemen pemasaran, merupakan proses perencanaan dan pelaksanaan penetapan konsep produk, penetapan harga, promosi, serta pendistribusian gagasan, barang, atau jasa yang memungkinkan terjadinya pertukaran untuk memenuhi tujuan individu dan organisasi.
- Manajemen produksi, merupakan kegiatan untuk mengatur dan mengoordinasikan penggunaan sumber daya organisasi secara efektif dan efisien dalam rangka menciptakan serta menambah kegunaan suatu barang dan jasa.
- Manajemen keuangan, berhubungan dengan tanggung jawab pengumpulan, penggunaan, ataupun pengelolaan dana perusahaan/organisasi secara efisien.
- Manajemen personalia, merupakan kegiatan merencanakan, mengarahkan, dan mengoordinasikan semua pekerjaan yang menyangkut pegawai, mencari pegawai, melatih atau mengorganisasi, dan melayani mereka.
- Manajemen administrasi, bertugas menyusun, mengatur, mengorganisasi, mengendalikan kegiatan, inventaris, informasi, dan arsip suatu perusahaan.
Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai manajemen mulai dari pengertian manajemen secara umum dan menurut para ahli, unsur, tingkatan, fungsi, dan bidang manajemen. Demikian artikel yang dapat freedomsiana.id bagikan dan semoga bermanfaat.