Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Home » PKN » Makna Lambang Pancasila Sila 1 Sampai 5

Makna Lambang Pancasila Sila 1 Sampai 5

2 min read

Lambang negara Indonesia adalah Garuda Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang dicengkram oleh Garuda dan dibagian tengah terdapat perisasi yang didalamnya termuat 5 sila.

Lambang negara Indonesia berbentuk burung Garuda yang kepalanya menoleh sebelah kanan heraldik, perisai berbentuk menyerupai jantung yang digantung dengan rantai pada leher Garuda dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti “Berbeda-beda, tetapi tetap satu” ditulis di atas pita yang dicengkram oleh Garuda.

Lembang ini dirancang oleh panitia teknis yang dinamakan Panitia Lencana Negara dan diketuai oleh Sultan Hamid II dari Pontianak. Kemudian disempurnakan oleh Presiden Soekarno dan diresmikan pemakaiannya sebagai lambang negara pertama kali pada Sidang Kabinet Republik Indonesia Serikat tanggal 1 Februari 1950.

Lambang Garuda Pancasila pertama kali diatur penggunaanya dalam Peraturan Pemerintah No. 43 Thun 1958, dan diubah dengan berlakunya Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 untuk melaksanakan Pasal 36A Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Arti Lambang Garuda Pancasila

Adapun arti atau makna dalam gambar lambang Garuda Pancasila adalah sebagai berikut.

1. Kepala

Kepala burung Garuda Pancasila menghadap ke kanan . Ini berarti dan bermakna sebagai kebajikan (kebaikan, perbuatan baik, jasa, sesuatu yang mendatangkan untung, dan sebagainya).

2. Perisai

Perisai pada bagian dada burung Garuda Pancasila memiliki lambang Pancasila sila pertama sampai sila kelima/

3. Pita Pada Kaki

Pita pada kaki burung Garuda Pancasila bertuliskan “Bhinneka Tunggal Ika” yang merupakan semboyan bangsa Indonesia yang berarti “Berbeda-beda, tetapi tetap satu jua”.

4. Pangkal Ekor dan Leher

Jumlah bulu yang berada pada pangkal ekor yang terletak di bawah perisai berjumlah 19 helai dan jumlah bulu pada leher burung Garuda Pancasila adalah 45 helao. Ini bermakna tahun kemerdekaan bangsa Indonesia, yakni tahun 1945.

5. Sayap

Jumlah bulu pada masing-masing sayap kanan dan kiri burung Garuda Pancasila adalah 17 helao. Maknanya adalah tanggal kemerdekaan bangsa Indonesia, yaitu 17 Agustus.

6. Ekor

Bulu ekor pada ekor Garuda Pancasila berjumlah delapan helao yang melambangkan bulan Agustus yang merupakan bulan ke-8.

Makna Lambang Pancasila

Pancasila adalah lima dasar dari Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terdiri dari sila 1 hingga 5. Setiap sila memiliki lambang sendiri-sendiri. Adapun makna lambang dari Pancasila adalah sebagai berikut.

1. Simbol Lambang Bintang

Lambang Bintang (Ketuhanan Yang Maha Esa) – Bintang dimaksudkan sebagai sebuah cahaya, mengandung makna nur cahyo. Bintangnya memiliki 5 sudut maksudnya untuk menerangi dasar negara yang lima dan tujuan negara yang lima. Sedangkan warna hitam melambangkan warna alam atau warna asli.

2. Simbol Lambang Rantai

Lambang Rantai (Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab) –  Mata Rantai yang berbentuk segi empat melambangkan laki-laki, sedangkan lingkaran adalah perempuan. Mata rantai yang saling berkaitpun melambangkan satu sama lain dan perlu bersatu sehingga menjadi kuat seperti rantai.

3. Simbol Lambang Pohon Beringin

Lambang Pohon Beringin (Persatuan Indonesia) –  Pohon beringin merupakan pohon yang besar dimana banyak orang bisa berteduh di bawah naungan Negara Indonesia. Selain itu, pohon beringin memiliki sulur dan akar yang menjalar ke mana-mana namun tetap berasal dari satu pohon yang sama, seperti halnya keragaman suku bangsa yang menyatu dibawah nama Indonesia.

4. Simbol Lambang Kepala Banteng

Lambang Kepala Banteng (Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan) –  Kepala Banteng merupakan hewan sosial yang suka berkumpul seperti halnya musyawarah di mana orang-orang harus berkumpul untuk mendiskusikan sesuatu.

5. Simbol Lambang Padi dan Kapas

Lambang Padi dan Kapas (Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia) – Padi dan Kapas merupakan kebutuhan dasar setiap manusia yakni pangan dan sandang sebagai syarat utama untuk mencapai kemakmuran yang merupakan tujuan utama bagi sila ke lima ini.

Baca juga: Nilai-Nilai yang Terkandung Dalam Pancasila (Lengkap)

Nah itulah dia artikel tentang makna lambang Pancasila dalam burung garuda beserta penjelasannya. Demikian artikel yang dapat freedomsiana.id bagikan dan semoga bermanfaat.

Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.