Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Home » PKN » Makna dan Ciri-Ciri Demokrasi

Makna dan Ciri-Ciri Demokrasi

1 min read

Apakah Anda sudah pernah mengikuti pemilihan ketua OSIS? Jika Anda pernah mengikuti pemilihan ketua OSIS, berarti Anda sudah belajar berdemokrasi. Anda berhak memberikan suara kepada calon yang dinilai memiliki visi dan misi yang bagus yang disampaikan melalui pidato kampanye. Sudah seharusnya Anda mempergunakan hak pilih Anda tersebut dengan baik.

Pelaksanaan demokrasi di sekolah merupakan bagian dari amanat undang-undang. Dalam pasal 43 UU No. 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia disebutkan bahwa “Setiap warga negara berhak dipilih dan memilih dalam pemilu.

Pemilu yang demokratis menjadi salah satu prinsip demokrasi secara universal, karena pemilu menjadi sarana pengembangan budaya demokrasi yang diselenggarakan untuk mewujudkan gagasan kedauatan rakyat.

Pengertian Demokrasi

Secara etimologis, demokrasi berasal dari bahasa Yunani yaitu demos dan kratos/crateinDemos artinya rakyat, sedangkan kratos/cratein artinya kekuasaan/kedaulatan sehingga dapat diartikan bahwa demokrasi adalah kekuasaan yang berada di tangan rakyat atau pemerintahan dari, oleh, dan untuk rakyat.

Seperti yang diungkapkan oleh Presiden Amerika Serikat, Abraham Lincoln, pada tahun 1863, demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat (government of the people, by the people, and for the people.

Makna Demokrasi

Pemerintahan dari rakyat artinya pemerintah suatu negara yang mendapat mandat dari rakyat untuk menyelenggarakan pemerintahan. Rakyat merupakan pemegang kedaulatan atau kekuasaan tertinggi dalam negara demokrasi. Apabila pemerintah telah mendapat mandat dari rakyat untuk memimpin penyelenggaraan negara, pemerintah tersebut dianggap telah sah.

Pemerintah oleh rakyat artinya pemerintah negara itu dijalankan oleh rakyat. Dalam praktiknya pemerintahan dijalankan oleh pemerintah, tetapi orang-orang dalam pemerintahan tersebut dipilih dan mendapat mandat dari rakyat.

Adapun pemerintahan untuk rakyat artinya pemerintah yang menghasilkan dan menjalankan kebijakan-kebijakan yang diarahkan untuk kepentingan dan kesejahteraan rakyat. Apabila kebijakan yang dihasilkan hanya untuk kepentingan sekelompok orang dan tidak berdasarkan kepentingan rakyat, pemerintah tersebut bukan pemerintahan demokratis.

Ciri-Ciri Demokrasi

Banyak negara di dunia ini mengaku sebagai negara demokrasi, tetapi apakah mereka benar-benar menerapkan prinsip demokrasi? Berikut beberapa ciri yang menandai berlakunya sistem demokrasi dalam sebuah negara.

  • Adanya pembatasan terhadap tindakan pemerintah untuk memberikan perlindungan bagi individu dan kelompok serta terdapat pergantian pimpinan secara berkala, tertib, dan damai.
  • Berbagai prasarana pendapat umum, yaitu pers, televisi, dan radio diberikan kesempatan untuk mencari berita secara bebas dalam merumuskan pendapat mereka.
  • Adanya sikap menghargai hak-hak minoritas dan perseorangan, lebih mengutamakan musyawarah dalam menyelesaikan masalah, serta adanya sikap menerima legitimasi dari sistem pemerintahan.

Ciri-Ciri Demokrasi Menurut Henry B. Mayo

Henry B. Mayo dalam bukunya yang berjudul introduction to Democratic Theory, menyebutkan ciri-ciri demokrasi dari sejumlah nilai operasional, yaitu sebagai berikut.

  • Menyelesaikan perselisihan secara damai dan melembaga.
  • Menjamin terselenggaranya perubahan masyarakat secara damai.
  • Menyelenggarakan pergantian pimpinan secara teratur.
  • Membatasi penggunaan kekerasan seminimal mungkin.
  • Mengakui dan menganggap wajar adanya keanekaragaman dalam masyarakat.
  • Menjamin tegaknya keadilan.

Ciri-Ciri Demokrasi Menurut Konferensi Internasional

Sementara berdasarkan hasil konferensi internasional Court of Jurist di Bangkok, para ahli hukum merumuskan bahwa suatu pemerintahan negara yang menganut paham demokrasi mempunyai ciri-ciri sebagai berikut.

  • Melindungi dan menjamin hak asasi warga negara.
  • Mempunyai wakil rakyat yang representatif.
  • Adanya wakil-wakil dalam Dewan Perwakilan Rakyat yang dipilih oleh rakyat melalui pemilu yang demokratis.
  • Adanya pendidikan kewarganegaraan (civil education).
  • Masa jabatan pemegang pemerintahan dibatasi oleh periode tertentu.

Nah, itulah pengertian, makna, dan ciri-ciri demokrasi  yang bisa Anda ketahui dan pelajari. Demikian artikel yang dapat kami bagikan mengenai salah satu materi dalam pelajaran PKN dalam bab demokrasi, sekian dan semoga bermanfaat.

Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.