Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Home » Bahasa Indonesia » Langkah-Langkah Membandingkan Teks dalam Genre Makro

Langkah-Langkah Membandingkan Teks dalam Genre Makro

48 sec read

Membandingkan Teks dalam Genre Makro – Genre disini bisa diartikan sebagai ragam. Genre merupakan pembagian suatu bentuk seni atau tutur tertentu menurut kriteria yang sesuai dengan bentuk tersebut. Sedangkan makro bisa diartikan sebagai “besar atau luas”. Dari kedua istilah tersebut, bisa disimpulkan bahwa pengertian teks genre makro adalah ragam besar atau kompleks yang di dalamnya terdapat bermacam jenis teks genre mikro.

Sedangkan, Teks makro adalah teks yang berisikan sebuah informasi yang berasal dari berbagai narasumber. Teks makro berbeda dengan teks mikro, perbedaan teks makro dapat dilihat dari struktur teksnya. Salah satu teks dalam genre makro adalah teks wawancara. Banyak sekali materi yang bisa dijarkan mengenai teks genre makro ini, salah satunya adalah membandingkan teks dalam genre makro. Berikut ulasan singkat beserta langkah-langkah membandingkan teks dalam genre makro.

Membandingkan Teks dalam Genre Makro

Membandingkan merupakan kegiatan untuk mengetahui adanya persamaan atau perbedaan beberapa teks laporan hasil observasi. Langkah membandingkan teks dalam genre makro adalah sebagai berikut.

  1. Memahami kaidah, karakteristik, dan struktur teks genre makro.
  2. Memahami isi/makna teks laporan hasil observasi.
  3. Mengidentifikasi adanya kaidah, karakteristik, dan struktur dalam setiap genre makro yang dibandingkan.
  4. Membandingkan hasil identifikasi teks pertama dengan teks kedua, ketiga, dan seterusnya.
  5. Menarik kesimpulan mengenai persamaan atau perbedaan yang telah ditemukan dari setiap teks genre makro yang telah dibandingkan.
Nah, itulah langkah-langkah dalam membandingkan teks dalam genre makro, demikian artikel yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat.
Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.