Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Home » Seni Budaya » Lagu Apuse – Pencipta, Asal, Lirik, dan Maknanya

Lagu Apuse – Pencipta, Asal, Lirik, dan Maknanya

1 min read

Indonesia adalah negara dengan beragam budaya, mulai dari bahasa, alat musik, pakaian tradisional dan lagu daerah semuanya berbeda-beda. Hal tersebut dipengaruhi oleh banyaknya suku di Indonesia.

Total lebih dari sekitar 1.340 suku bangsa yang tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia. Suku-suku tersebut tersebar dari Sabang hingga Merauke dan memiliki budaya yang berbeda-beda, salah satunya adalah lagu daerah.

Berbicara mengenai lagu daerah, pastinya Anda mengenal lagu dengan judul “Apuse”. Lagu Apuse sering diajarkan di sekolah-sekolah. Lantas, darimana lagu tersebut, apa makna dan bagaimana liriknya? Berikut ulasannya!

Lagu Apuse berasal dari daerah?

Lagu Apuse adalah sebuah lagu yang berasal dari Indonesia bagian timur, tepatnya di daerah Provinsi Papua. Lagu Apuse pertama kali diciptakan oleh seorang yang berasal dari Jayapura yang belum diketahui namanya.

Makna Lagu Apuse

Lagu ini (Apuse) memiliki makna, irama yang indah dan cukup sederhana, sehingga lagu ini mudah untuk dipelajari dan sering diajarkan disekolah terutama pada jenjang Sekolah Dasar (SD).

Lagu Apuse sendiri dalam bahasa daerah Papua, mengisahkan tentang seorang cucu yang berpamitan dengan kakek dan neneknya, untuk pergi merantau. Cucu tersebut beramitan karena handek untuk pergi merantau ke negeri seberang, yaitu ke Teluk Doreri di Manokwari.

Dulu Teluk Doreri memang menjadi pelabuhan yang cukup penting, karena terbukti dengan banyaknya kapal yang karam di dalamnya.

Lirik Lagu Apuse dan Terjemahan Indonesia

Lagu Apuse mengisahkan tentang oerpisahan antara seorang cucu dengan kakek dan neneknya. Apuse sendiri memiliki arti kakek dan nenek. Beirkut lirik lagu apuse beserta terjemahannya ke dalam bahasa Indonesia.

Apuse kokon dao
(Kakek-nenek ku mau)

Yarabe soren doreri
(Pergi ke negeri seberang, Teluk Doreri)

Wuf lenso bani nema baki pase
(Pegang saputangan dan melambaikan tangan)

Apuse kokon dao
(Kakek/nenek aku mau)

Yarabe soren doreri
(Pergi ke negeri seberang, Teluk Direri)

Wuf lenso bani nema baki pase
(Pegang saputangan dan melambaikan tangan)

Arafabye aswarakwar
(Kasihan aku, selamat jalan cucuku)

Arafabye aswarakwar
(Kasihan aku, selamat jalan cucuku)

Pesan Moral Lagu Apuse

Lagu apuse berasal dari Papua yang memiliki makna pembelajaran khususnya kepada anak mengenai kisah seorang yang hendak pergi merantau ke pulau seberang dan meminta izin kepada nenek dan kakeknya.

Lagu ini tidak hanya menjadi lagu anak-anak di Papua Ssaja, namun televisi-televisi nasional juga turut mengenalkannya. Oleh karena itulah banyak yang mengenal lagu daerah Apuse.

Selain itu, dalam pembelajaran kesenian, terutama dalam bab lagu daerah, lagu Apuse turut diperkenalkan dan dipelajari. Hal ini berguna agar anak-anak Indonesia turut mengenal budaya yang ada di negara Indonesia terutama di daerah Indonesia timur.

Baca juga: Lagu Soleram Berasal Dari Daerah Mana?

Nah itulah dia artikel tentang lagu apuse, mulai asal, pencipta, lirik, makna dan pesan moral. Demikian artikel yang dapat freedomsiana.id bagikan tentang salah satu lagu daerah di Indonesia dan semoga bermanfaat.

Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.