Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Home » Kewirausahaan » Pertanyaan » Budidaya pembenihan ikan yang dapat dipelihara pada kolam air deras yaitu?

Budidaya pembenihan ikan yang dapat dipelihara pada kolam air deras yaitu?

1 min read

Ikan merupakan salah satu jenis sumber bahan makan hewani yang paling banyak di konsumsi. Ikan juga menjadi sumber bahan makanan yang bisa didapatkan dengan mudah, baik itu ikan air tawar atau ikan laut.

Karena permintaan kebutuhan akan ikan terus meningkat, kini banyak orang beralih profesi sebagai pembudidaya ikan konsumsi. Ikan yang banyak dibudidayakan umumnya ikan air tawar seperti ikan lele, nila, gurame, dan lain sebagainya.

Pembudiayaan ikan-ikan tersebut tentunya memiliki cara atau teknik yang berbeda-beda, salah satu diantaranya adalah dibudidayakan pada kolam air deras. Apa itu budidaya kolam air deras? Dan apa contoh ikannya? Berikut informasinya.

Apa itu Kolam Air Deras?

Kolam air deras adalah sistem kolam budidaya ikan yang menggunakan air deras atau tempat pembesaran ikan yang airnya mengalir secara terus-menerus. Kolam ini memiliki debit air yang cukup besar sehingga dengan hitungan menit seluruh volume air dapat tergantikan.

Teknologi pembudidaya ikan menggunakan kolam air deras ini diadopsi dari Jepang dan pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada awal tahun 80-an. Adapun syarat budidaya kolam air deras adalah sebagai berikut.

  • Lokasi kolam air deras harus memiliki air yang stabil, debitnya besar dan selalu mengalir sepanjang tahun.
  • Ketinggian air untuk kolam air deras setidaknya kurang dari 800 meter di atas permukaan laut. Jika lebih udara akan semakin tinggi dan akan mempengaruhi pertumbuhan ikan.

Kolam air deras sangat cocok digunakan untuk budidaya beberapa jenis ikan, karena dapat mempercepat pertumbuhan ikan. Kolam air deras baik untuk budidaya ikan apa? Berikut jawabannya!

Budidaya pembenihan ikan yang dapat dipelihara pada kolam air deras yaitu?

Budidaya pembenihan ikan yang dapat dipelihara pada kolam air deras yaitu ikan Nila. Ikan nila merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang paling banyak dibudidayakan pada kolam air deras.

Semenjak menyebarnya virus ikan KHV (Koi Herves Virus) pada tahun 2003 yang menyerang ikan mas di Indonesia, ikan nila menjadi ikan favorit untuk dibudidayakan karena cukup tahan penyakit. Selain itu ikan ini cukup banyak digemari sebagai ikan konsumsi.

Selain itu, budidaya ikan nila menggunakan sistem kolam air deras bisa mempercepat pertumbuhan ikan nila dan juga membuat harganya lebih mahal 15% dari ikan hasil kolam air tergenang atau keramba jaring apung.

Pertumbuhan ikan nila akan lebih cepat bila di budidayakan pada kolam air deras karena dipicu oleh intensitas makannya yang rakus karena tubuhnya terus aktif bergerak sehingga ikan cepat lapar. Terlebih lagi jika asupan makanannya memadai dan ditambah pakan bernutrisi secara intensif, perkembangannya akan lebih optimal.

Adapun jenis ikan nila yang sangat baik dikembangkan di kolam air deras yaitu ikan nila merah, nila GIFT, nila nirwana, nila janti, nila BEST, dan nila gesit. Semua jenis memiliki keunggulan tersendiri sesuai sifat masing-masing.

Baca juga: Teknik Budidaya Tanaman Hias Secara Umum

Nah itulah dia artikel tentang pertanyaan “Budidaya pembenihan ikan yang dapat dipelihara pada kolam air deras yaitu?” beserta jawaban dan penjelasan. Demikian artikel yang dapat freedomsiana.id bagikan dan semoga bermanfaat.

Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.