Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Home » Informasi » Kebiasaan Orang Betawi, Bahasa, Pakaian, dan Makanan

Kebiasaan Orang Betawi, Bahasa, Pakaian, dan Makanan

1 min read

Indonesia memiliki banyak sekali suku dan budaya, mulai dari suku jawa, sunda, betawi, dayak dan masih banyak lagi. Di antara beberapa suku tersebut yang mempunyai kehidupan cukup unik adalah Suku Betawi, baik dari segi makanan, pakaian, alat musik, hingga tari.

Suku betawi merupakan sebuah suku bangsa di negara Indonesia yang penduduknya sebagian besar bertempat tinggal di Ibu Kota Jakarta. Sebagian besar suku atau orang betawi bermukim di Batavia (nama kolonial Jakarta pada masa penjahan Belanda) sejak abad ke-17.

Beberapa ahli berpendapat bahwa Suku Betawi memiliki keturunan yang berasal dari hasil perkawinan antara beberapa etnis pada masa lalu. Bahkan secara biologis, beberapa orang betawi mengaku sebagai orang yang mempunyai keturunan berdarah campuran aneka suku di Indonesia dan bangsa yang dulu pernah didatangkan oleh Belanda ke Batavia (sekarang Jakarta).

Namun sekarang ini, suku betawi lebih terhitung sebagai pendatang baru di Jakarta. Orang Betawi sebagian juga terlahir dari perpaduan berbagai kelompok etnis lain yang sebelumnya sudah bertetap tinggal lebih dulu di Jakarta, seperti orang Sunda, Jawa, Melayu, Arab, Bali, Ambon, Tionghoa, hingga orang India.

Kebiasaan Orang Betawi Sehari Hari

Seperti halnya suku lainnya di Indonesia, orang Betawi juga mempunyai ciri atau kebiasaan unik dalam kehidupan sehari-harinya, mulai dari makanan, pakaian, pakaian adat, dan lain sebagainya. Berikut diantaranya

1. Bahasa Betawi

Orang Betawi dalam kehidupan sehari-hari biasanya menggunakan Bahasa betawi. Bahasa Betawi sendiri adalah sebuah bahasa khusus yang merupakan anak dari bahasa Melayu. Bahasa Betawi hampir seusia dengan nama daerah tempat bahasa ini dikembangkan, yaitu Jakarta.

2. Pakaian Betawi

Dari segi pakaian, orang Betawi biasanya menggunakan pakian adat dalam acara tertentu, berikut spesifikasi pakaian orang Betawi:

  • Pria: baju koko/ baju sadariah, celana komprang dengan ukuran ranggung, sarung yang digulung dan diikatkan dipinggang, sabuk hijau, serta peci berwarna merah.
  • Wanita : baju kurung berwarna terang (mencolok), kain batik dengan motif geometris sebagai bawahan, selendang berwarna sama dengan baju kurung, serta kerudung sebagai penutup kepala.
  • Bangsawan: baju ujung serong.

3. Makanan Betawi

Orang betawi juga mempunyai makanan tersediri atau makanan kas, beberapa makanan yang sering dimakan oleh orang Betawi diantaranya kerak telor, nasi uduk, soto Betawi, roti buaya, asinan Betawi, gado-gado, semur jengkol, kue cucur, dodol betawi, putu mayang.

4. Alat Musik Betawi

Seperti halnya suku lainnya di Indonesia, orang Betawi juga mempunyai alat musik khas. Beberapa alat musik khas Betawi diantaranya adalah tanjidor, gambang kromong, keroncong tugu.

5. Kebiasaan Orang Betawi

Selain dari segi makanan, pakaian, dan alat musik, orang betawi memiliki kebiasaan yaitu sebagai berikut.

  • Nyambat, yaitu mengajak orang lain untuk bergotong-royong mengerjakan suatu pekerjaan.
  • Ngored, yaitu tradisi masyarakat Betawi yang berarti membersihkan makam keluarga beberapa hari menjelang bulan Ramadhan.
  • Nyelengin, yaitu menabung merupakan kebiasaan masyarakat Betawi pada waktu dulu.
  • Nganter, yaitu saling mengantarkan makanan ini seringkali terjadi menjelang hari raya Idul Fitri.
  • Ngasi duit atau memberi uang kepada anak.
  • Cara bicaranya ceplas ceplos dengan suara keras.
  • Kehidupan sosial masih kental dengan agama.
  • Orang tua biasa berkumpul di masjid.
  • Anak disekolahin di dua sekolah, yaitu pagi di sekolah umum (SD) dan sorenya sekolah agama (Madrasah Ibtidaiyah)

Baca jugaKebiasaan Orang Sunda Dalam Sehari Hari

Kebiasaan orang Betawi tersebut mungkin tidak semuanya benar, tapi mungkin sebagian besar melakukannya. Dan untuk kebiasaan lainnya mungkin hampir sama seperti suku lainnya. Demikian artikel yang dapat saya bagikan dan semeoga bermanfaat.

Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.