Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Home » Ekonomi » 8 Karakteristik Perusahaan Jasa dan Penjelasannya

8 Karakteristik Perusahaan Jasa dan Penjelasannya

1 min read

Pertumbuhan e-dagang (e-commerce) sekarang ini semakin meningkat, bahkan setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan. Hal tersebut juga karena semakin berkembangnya tenologi.

Apalagi sejak pandemi Covid-19, banyak warga yang memilih untuk berbelanja secara online atau daring dibandingkan belanja secara langsung karena takut terkena virus.

Kondisi tersebut tentunya banyak merugikan banyak sektor, tetapi ada juga sektor usaha yang diuntungkan, salah satunya adalah sektor usaha yang bergerak pada jasa pengiriman barang.

Perusahaan ekspedisi yang bergerak dalam pengiriman barang merupakan perusahaan jasa yang paling diuntungkan. Perusahaan ekspedisi menjadi salah satu perusahaan jasa.

Mengapa perusahaan ekspedisi atau pengiriman barang termasuk ke dalam perusahaan jasa? Simak penjelasan karakteristik perusahaan jasa berikut.

Karakteristik Perusahaan Jasa

Adapun karakteristik dari perusahaan jasa adalah sebagai berikut.

1. Tidak Berwujud

Perusahaan jasa tidak berwujud (Intangibility), artinya produk yang dihasilkan perusahaan jasa tidak berbentuk fisik sehingga tidak dapat disimpan setelah dibeli.

Dalam perusahaan jasa tidak menyediakan yang namanya produk berbentuk fisik, karena jasa adalah produk yang tidak terlihat akan tetapi hanya dirasakan manfaatnya.

2. Memiliki layanan yang berbeda

Perusahaan jasa emiliki layanan yang berbeda, artinya setiap perusahaan jasa menyediakan layanan yang berbeda-beda tergantung tingkat permasalahan dari konsumen yang tentunya tidak sama antara konsumen satu dengan konsumen yang lain.

Kesimpulannya saat menerima hasil layanan dari perusahaan A dengan B pasti 1 konsumen akan merasakan ciri khas layanan yang berbeda. Memiliki layanan yang berbeda juga disebut keberagaman (variability), yaitu jenis dan kualitas dari perusahaan jasa berbeda-beda.

3. Tidak Dapat Dipisahkan

Perusahaan jasa memiliki karakteristik tidak dapat dipisahkan (Inseparability), artinya produk jasa dihasilkan dan dikonsumsi secara bersamaan.

4. Tidak Memiliki Patokan Harga

Perusahaan jasa tidak memiliki patokan harga pokok penjualan, artinya dengan tidak adanya patokan harga pokok penjualan akan membuat konsumen sendiri yang menentukan harganya tergantung tingkat kepuasan konsumen.

Seiring bertambahnya kualitas pelayanan yang telah dinilai oleh konsumen biasanya tarif harga dari perusahaan tersebut akan meningkat. Jadi tingkat kepuasan konsumen menjadi peran penting dalam patokan harga pokok penjualan jasa.

5. Tidak Memiliki Stok

Perusahaan jasa tidak memiliki stok, artinya dalam perusahaan jasa tidak memiliki produk yang sebenarnya karena hanya menjual jasa, dimana jasa tersebut tidak bisa terlihat tapi hanya bisa merasakan.

6. Produksi dan Konsumsi Berjalan Bersama

Produksi dan konsumsi yang berjalan bersama, artinya saat melakukan pelayanan, maka otomatis penyedia dan pengguna melakukannya bersama-sama.

Hal inilah yang membedakan perusahaan jasa dengan penyedia barang, dimana kalau penyedia barang ada barang terlebih dahulu baru akan dikonsumsi oleh konsumen.

7. Tidak Tahan Lama

Perusahaan jasa memiliki karakteristik tidak tahan lama (Perishability), artinya jasa tidak dapat bertahan lama sehingga akan cepat habis ketika dikonsumsi.

8. Keterlibatan Perusahaan Jasa dan Konsumen

Adanya keterlibatan perusahaan jasa dan konsumen, artinya dalam penyedia layanannya faktor peran dari konsumen sangat berpengaruh terhadap pelayanan perusahaan jasa. Keduanya harus saling berkesinambungan.

Baca juga: Persamaan Dasar Akuntansi – Pengertian, Rumus, dan Unsur

Nah itulah dia artikel tentang karakteristik perusahaan jasa beserta penjelasannya. Demikian artikel yang dapat freedomsiana.id bagikan tentang salah satu materi pepalajaran ekonomi dan semoga bermanfaat.

Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *