Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Home » Agama » Inna Ma’al Usri Yusro

Inna Ma’al Usri Yusro

2 min read

Inna Ma’al Usri Yusro – Ketika seseorang mengalami sebuah musibah, banyak teman, saudara, bahkan orang lain mencoba menenangkan kita dengan memberikan semangat dan motivasi supaya tetap kuat dan tegar dalam menghadapi sebuah musibah. Untuk sebagian muslim tertentu, tidak jarang mengutip ayat Al-Qur’an sebagai motivasi untuk teman yang sedang menghadapi kesulitan atau musibah. Biasanya ayat yang ada dalam Al-Qur’an yang dikutip tersebut memiliki arti yang sangat bagus dan memiliki kaitannya dengan masalah yang dihadapi.

Salah satu contoh kalimat yang cukup bagus adalah La Tahzan Innallaha Ma’ana atau dalam bahasa Arab mempunyai arti “Janganlah kamu bersedih, Sesungguhnya Allah bersama kita””. Kalimat tersebut merupakan kalimat yang diucapkan dalam keadaan terakhir (tingkatan tinggi) dalam menghadapi suatu musibah, yaitu seseorang malah mensyukuri musibah yang menimpa dirinya.

Selain itu ada juga kalimat lain dalam bahasa Arab yang memiliki makna atau nilai yang cukup bagus di dalamnya, yaitu Inna Ma’al Usri Yusro. Kalimat tersebut sangat berhubungan dengan kalimat Innalaha ma’asshobirin yang artinya Sesungguhnya Allah bersama dengan orang-orang yang sabar. Nah, lalu apa arti dari kalimat Inna Ma’al Usri Yusro? Berikut arti dan penjelasannya.

Inna Ma’al Usri Yusro Arab dan Artinya

inna ma’al usri yusra (إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا) dalam bahasa Arab mempunyai arti “Sesungguhnya, sesudah kesulitan itu ada kemudahan“. Kalimat tersebut merupakan salah satu ayat dari potongan surah Al-Insyirah atau juga biasa disebut dengan surat Alam-Nasyrah, karena ayat pertama berbunyi Alam nasyrah laka shadrak.

Kalimat “Inna Ma’al Usri Yusro” dalam surat Al-Insyirah terdapat dua, yaitu terdapat pada ayat 5 dan juga 6 yang berbunyi “Fa-inna ma’al ‘usri yusran” dan juga “Inna ma’al ‘usri yusran” dengan arti yang sama, yaitu sesungguhnya, sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Kalimat ini banyak digunakan oleh sebagai umat muslim sebagai motivasi untuk diri sendiri.

Kalimat tersebut sangat baik digunakan untuk memotivasi diri sendiri atau orang lain dalam menghadapi kesulitan atau masalah, karena sesungguhnya dibalik suatu kesulitan pasti ada kemudahan didalamnya sebagai solusi. Kalimat tersebut bisa memberi dukungan dan penyemangat bagi orang-orang yang terkena kesulitan dalam suatu hal, seperti halnya lafadz Innalaha ma’asshobirin.

Makna Inna Ma’al Usri Yusro

Ada makna atau nilai positif dalam kalimat “Inna Ma’al Usri Yusro“, karena akan membuat seseorang bisa melewati masa-masa sulitnya. Dalam kondisi kesulitan, ada kemudahan dan kreativitas didalamnya. Selalu yakini bahwa ada kemudahan dalam setiap kesulitan. Kemudahan tidak datang setelah kesulitan. Kesulitan tidak diganti dengan kemudahan, melainkan datang bergandengan tangan. Jadi, kita tidak tahu siapa yang berada di sebelah kanan dan juga disebelah kiri.

Surat Al-Insyirah Ayat 5 dan 6

Seperti yang sudah kita tahu bahwa Surah Al-insyirah merupakan surah yang ke-94 berdasarkan susunan mushaf dan juga merupakan surah ke-11 sesuai urutan Al-Qur’an. Surat ini terdiri dari 9 ayat, 27 kata dan juga 101 huruf. Kalimat “Inna Ma’al Usri Yusra” terdapat dalam surat Al-Insyirah pada ayat 5 dan 6, yaitu sebagai berikut:

فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا

Arab-Latin: Fa-inna ma’al ‘usri yusran

Artinya: “Karena sesungguhnya, sesudah kesulitan itu ada kemudahan,” – (QS.94:5)

إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا

Arab-Latin: Inna ma’al ‘usri yusran

Artinya: “Sesungguhnya, sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” – (QS.94:6)

Kedua ayat tersebut memiliki arti secara harfiah: “Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu kemudahan(5)” dan “Sesungguhnya bersama kesulitan itu kemudahan(6)”

Tafsir Surat Al-Insyirah Ayat 5 dan 6

Ayat [5] Ini merupakan kabar gembira untuk Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, yaitu bahwa setiap kali Beliau mendapatkan kesulitan, maka Beliau akan mendapatkan kemudahan setelahnya, dan bahwa betapa pun besar kesusahan yang Beliau alami, maka setelahnya Beliau akan merasakan kemudahan. Oleh karena itu, sebelumnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam merasakan kesulitan dan penderitaan dari orang-orang kafir, selanjutnya Beliau mendapatkan kemudahan dengan diberi-Nya kemenangan atas mereka.

Ayat [6] Selanjutnya Allah Subhaanahu wa Ta’aala memerintahkan Rasul-Nya, demikian pula kaum mukmin untuk bersyukur kepada-Nya dan mengerjakan kewajiban dari nikmat itu.

Nah, itulah artikel tentang lafadz Inna Ma’al Usri Yusro yang memiliki arti yang sangat indah, yaitu setelah kesulitan pasti ada kemudahan. Lafadz tersebut merupakan potongan dari surat al-Insyira beserta tafsirnya. Demikian artikel yang dapat freedomsiana.com bagikan dan semoga bermanfaat.

Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

One Reply to “Inna Ma’al Usri Yusro”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *