Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Home » Biologi » Gambar Penampang Melintang Daun

Gambar Penampang Melintang Daun

2 min read

Tumbuhan adalah makhluk hidup yang tersusun dari akar, batang dan daun yang dapat membuat makananya sendiri dengan bantuan sinar matahari atau disebut autotro.

Autotrof merupakan istilah untuk organisme atau makhluk hidup yang dapat membuat makanan sendiri dengan cara mengubah bahan anorganik menjadi bahan organik.

Tumbuhan dapat membuat makananya sendiri melalui proses yang dinamakan fotosintesis. Proses fotosintesis terjadi di daun yang berlangsung di jaringan mesofil dan jaringan spons.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang gambar struktur penampang melintang daun dan fungsinya, yaitu sebagai berikut.

Gambar Penampang Melintang Daun

Berikut adalah contoh gambar penampang melintang daun dikotil beserta penjelasannya.

Adapun penjelasan dari masing-masing struktur daun dikotil adalah sebagai berikut.

1. Kutikula

Kutikula adalah lapisan yang berada diatas lapisan epidermis yang berfungsi sebagai lapisan pelindung yang dapat melindungi tanaman dari serangan hama dan penyakit.

Kutikula merupakan lapisan yang mengandung zat lilin yang diproduksi oleh sel epidermis daun, ujung batang dan bagian-bagian yang bersentuhan dengan udara lainnya. Kutikula adalah jaringan epidermis yang dilapisi lilin dan berfungsi untuk mengurangi penguapan.

2. Epidermis Atas

Epidermis atas pada daun adalah lapisan sel di permukaan atas yang berfungsi untuk melindungi jaringan di bawahnya, seperti melindungi palisade atau jaringan tiang dari ancaman hama pemakan tumbuhan seperti kutu daun atau ulat serta panas yang terlalu tinggi dari matahari.

Epidermis atas terdiri dari satu lapis sel, berbentuk persegi, dinding terluarnya ditutupi oleh kutikula, dan tidak mengandung kloroplas. Beberapa stomata, jika ada, dapat ditemui pada epidermis atas.

3. Jaringan Palisade

Jaringan palisade (jaringan tiang) adalah jaringan di dalam daun yang sel-selnya berbentuk memanjang, tersusun rapat, dan memiliki banyak kloroplas (berisi klorofil). Jaringan palisade berfungsi sebagai tempat fotosintesis (pembentukan makanan).

4. Jaringan Spons

Jaringan spons (jaringan bunga karang) adalah sel-sel yang tidak teratur, berdinding tipis ,dan ruang antarsel besar, sehingga pertukaran dan penyimpanan gas dapat terjadi dengan mudah. Fungsinya untuk menyimpan co2 dan membantu fotosintesis.

Jaringan spons atau bunga karang berfungsi untuk menyimpan co2 dan membantu fotosintesis dan terletak di bawah jaringan palisade pada mesofil daun.

5. Sel Penjaga

Sel Penjaga adalah sel epidermis khusus pada tumbuhan yang membentuk perbatasan stomata. Sel epidermis dan sel penjaga bersama-sama membentuk stoma. Stoma merupakan bentuk tunggal dari stomata. Sel penjaga pada daun yang berfungsi dalam mengendalikan transportasi dan respirasi adalah stomata.

6. Stomata

Stomata adalah alat pernapasan pada tumbuhan yang dikenal juga sebagai mulut daun. Disebut mulut daun karena bentuknya mirip mulut yang membuka dan menutup.

Stomata merupakan celah yang dikelilingi oleh dua sel penjaga dan terletak di permukaan daun. Fungsi stomata adalah memastikan karbon dioksida yang diserap tumbuhan dapat menembus jaringan pada tumbuhan

7. Epidermis Bawah

Epidermis bawah adalah lapisan sel yang terletak di bawah jaringan spons parenkim. Epidermis bawah pada daun berfungsi untuk melindungi jaringan daun di atasnya misalnya jaringan spons atau bunga karang.

8. Floem

Floem adalah jaringan pembuluh dalam tumbuhan yang membawa zat makanan dan membagikannya ke seluruh bagian lain tumbuhan. berfungsi mengangkut hasil fotosintesis (makanan) dari daun, kemudian membagikannya ke seluruh bagian tubuh tumbuhan.

9. Xilem

Xilem adalah jaringan pembuluh dalam tumbuhan yang membawa air (mineral) dari akar ke bagian tumbuhan lainnya. Fungsi xilem adalah melangsungkan pengangkutan air dan Zat-Zat mineral (hara) dari bagian bawah (akar) ke bagian atas (daun-daunan)

10. Seludang Pembuluh

Seludang Pembuluh adalah kelompok sel yang mengelilingi jaringan pengangkut xilem dan floem. Seludang pembuluh merupakan sel-sel parenkim berdinding tebal yang mengelilingi xilem dan floem.

Seludang pembuluh berfungsi untuk melindungi berkas pembuluh yang ada didalamnya, menghubungkan kompleks pembuluh vaskuler dengan mesofil daun serta memfasilitasi pergerakan air dan unsur hara dari xilem ke mesofil daun.

Baca juga: Fungsi Xilem dan Floem pada tumbuhan

Nah itulah dia artikel tentang gambar penampang melintang daun beserta fungsinya. Demikian artikel yang dapat freedomsiana.id bagikan tentang pelajaran biologi dan semoga bermanfaat.

Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.