Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Home » Informatika » Pertanyaan » Fungsi yang Digunakan untuk Menghitung Rata-Rata Data Angka

Fungsi yang Digunakan untuk Menghitung Rata-Rata Data Angka

1 min read

Fungsi yang digunakan untuk menghitung rata rata data angka adalah salah satu pertanyaan yang sering ditemui dalam soal-soal pelajaran TIK dan soal SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) dalam seleksi CPNS.

Mirosoft Excel adalah salah satu bukti kemajuan teknologi dalam komputer yang bisa membawa keuntungan bagi para penggunaanya. Microsoft Excel menjadi salah satu aplikasi yang dapat meringankan pekerjaan manusia.

Microsoft excel mempunyai berbagai macam fitur yang bisa dimanfaatkan untuk mengolah data secara mudah, cepat, dan tepat. Oleh karena itu, kita harus paham dengan fitur-fitur yang ada di Microsoft Excel.

Salah satunya adalah fungsi yang digunakan untuk menghitung rata rata data angka. Lantas apa nama fitur yang digunakan untuk menghitung rata-rata data angka di Microsoft Excel? Sebelum itu, kita bahas lebih dahulu tentang definisi aplikasi ini.

Apa itu Microsoft Excel?

Microsoft Excel adalah salah satu program pengolah angka yang dirilis oleh perusahaan Microsoft yang memiliki lembar kerja berbentuk kumpulan kolom yang secara umum dikenal sebagai spreadsheet.

Lembar kerja berbentuk spreadsheet ini mempermudah dalam menghitung dan memproses data dengan akurat dengan rumus tertentu yang bisa dimasukkan, serta terdapat berbagai menu atau fitur yang menunjang kebutuhan dalam pengolahan data numeric.

Dengan menggunakan Microsoft Excel ini, kita juga dapat dengan mudah melihat hasil dari data yang diproses dan memvisualisasikannya dalam bentuk tabel, grafik dan lain sebagainya. Selain itu, masih banyak lagi fitur yang ada di dalam Microsoft Excel ini yang berguna untuk mempermudah pengolahan data.

Dari berbagai fitur yang ada di Microsoft Excel, ada salah satu fitur yang memiliki fungsi bermanfaat, yaitu fitur yang digunakan untuk menghitung rata rata data angka. Lantas apa nama fiturnya? Berikut jawabannya!

Fungsi yang Digunakan untuk Menghitung Rata-Rata Data Angka

Fungsi yang digunakan untuk menghitung rata rata data angka adalah AVERAGE. Average adalah salah satu fitur dalam Microsoft Excel yang digunakan untuk menghitung rata-rata dari sekumpulan angka.

Average memiliki fungsi yang berguna menambahkan semua angka dalam rentang yang ditentukan dan kemudian membagi total tersebut dengan jumlah angka. Adapun rumus dari average adalah sebagai berikut.

=AVERAGE (range1, range2, sel1, sel2, ….)

Average berfungsi untuk mengukur tendensi sentral, yaitu rata-rata, median, dan modus, yang merupakan lokasi sentral sekelompok angka dalam distribusi statistik.

Baca juga: Cara Mengubah Satuan Ukuran di Dalam Excel

Nah itulah dia artikel tentang fungsi yang digunakan untuk menghitung rata-rata data angka beserta penjelasannya. Demikian artikel yang dapat freedomsiana.id bagikan dan semoga bermanfaat.

Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *