Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Home » Pertanyaan » PKN » Demokrasi Pada Masa Orde Reformasi Ditandai Oleh, Kecuali?

Demokrasi Pada Masa Orde Reformasi Ditandai Oleh, Kecuali?

1 min read

Demokrasi berasal dari bahasa Yunani “demos“yang berarti rakyat dan “cratos” yang berarti pemerintahan atau kekuasaan. Jadi, secara bahasa, demos-cratos berarti pemerintahan rakyat atau kekuasaan rakyat.

Konsep demokrasi lahir dari Yunani kuno yang dipraktikkan dalam hidup bernegara antara abad ke-4 SM – abad ke-6 M. Hingga kini banyak negara telah banyak menganut ideologi demokrasi, salah satunya adalah Indonesia.

Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai pertanyaan “Demokrasi pada masa orde reformasi ditandai oleh, kecuali?” beserta penjelasannya.

Pengertian Demokrasi

Demokrasi adalah suatu paham (ideologi) yang menganut keyakinan bahwa setiap rakyat memiliki hak dalam pengambilan keputusan bersama di negara tempat tinggal mereka, karena rakyat atau warga negara juga berhak dalam menentukan jalan hidup mereka.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), demokrasi adalah suatu bentuk atau sistem pemerintahan yang seluruh rakyatnya turut serta memerintah dengan perantaraan wakilnya.

Pengertian Demokrasi Menurut Abraham Lincoln

Demokrasi menurut Abraham Lincoln adalah pemerintahan suatu negara yang diselenggarakan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.

Abraham Lincoln merupakan seorang Presiden Amerika Serikat yang ke-16. Dalam definisinya tersebut, bisa disimpulkan bahwa konsep Demokrasi menurut Ambraham Lincoln memiliki makna sebagai berikut.

  • Dari rakyat, artinya bahwa suatu negara terbentuk karena adanya kekuasaan pemerintahan yang diberikan dari rakyat. Unsur dalam negara yang paling pokok adalah rakyat, karena semua hasil pemikirannya adalah dari rakyat. Dan perlu diingat pula, dalam suatu sistem demokrasi, pemerintah mendapatkan kekuasaan yang berasal dari rakyat.
  • Oleh rakyat, artinya bahwa dalam penyelenggaraan negara, rakyat harus diikutsertakan. Karena rakyat telah mendapatkan kekuasaan terbesar dalam posisi di negaranya, maka rakyat harus bertanggungjawab atas segala fasilitas yang disediakan pemerintah; masyarakat harus ikut menjaga ketertiban dan ketenteraman masyarakat lainnya di negara tersebut.
  • Untuk rakyat, artinya bahwa segala ketertiban dan ketenteraman yang dipelopori oleh masyarakat itu pada akhirnya akan menjadi hadiah bagi rakyat itu sendiri. Karena itulah, dalam membantu menjaga ketertiban rakyat harus mengingat bahwa semua itu adalah untuk diri rakyat sendiri.

Nah, Indonesia telah lama menerapkan sistem demokrasi, terakhir menerapkan demokrasi periode reformasi 1998 hingga sekarang.

Pertanyaan

Demokrasi pada masa orde reformasi ditandai oleh, kecuali …

  • Kebebasan beragama.
  • Kemerdekaan pers.
  • Kemerdekaan membentuk parpol.
  • Otonomi daerah.
  • Pemilu yang demokratis.

Jawabannya adalah kebebasan beragama. Demokrasi pada masa orde reformasi ditandai oleh, kecuali kebebasan beragama.

Macam-Macam Demokrasi

Demokrasi atas dasar penyaluran kehendak rakyat ada dua macam, yaitu sebagai berikut.

  1. Demokrasi langsung, yaitu paham demokrasi yang mengikutsertakan setiap warga negaranya dalam permusyawaratan untuk menentukan kebijaksanaan umum dan undang-undang.
  2. Demokrasi tidak langsung, yaitu paham demokrasi yang dilaksanakan melalui system perwakilan. Demokrasi tidak langsung atau demokrasi perwakilan biasanya dilaksanakan melalui pemilihan umum.

Baca juga: Pertanyaan Tentang Demokrasi

Nah itulah dia artikel tentang “Demokrasi pada masa orde reformasi ditandai oleh, kecuali?” beserta pengertian demokrasi. Demikian artikel yang dapat freedomsiana.id bagikan tentang pelajaran kewarganegaraan dan semoga bermanfaat.

Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.