Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Home » Geografi » Informasi » Contoh Negara Maju dan Penjelasannya

Contoh Negara Maju dan Penjelasannya

2 min read

Negara maju umumnya mempunyai penduduk dengan tingkat kesejahteraan tinggi. Penduduk negara maju nenerapkan teknologi modern dan canggih dalam kehidupannya.

Di setiap benua di dunia terdapat beberapa negara yang sudah bisa dikatakan maju, diantaranya Jepang, Inggris, Kanada, Afrika Selatan dan Selandia Baru.

Nah, kali ini kita akan membahas beberapa negara maju tersebut berdasarkan benuanya. Adapun beberapa negara maju tersebut adalah sebagai berikut.

Contoh Negara Maju

Adapun beberapa contoh negara maju diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Jepang

Jepang menjadi salah satu negara maju di dunia yang penduduknya memiliki kesejahteraan tinggi. Jepang merupakan negara mau yang menerapkan teknologi modern dan canggih dalam kehidupannya.

Jepang terletak di Asia Timur berbatasan dengan Rusia dan Laut Okhotsk disebelah utara, sebelah berata berbatasan dengan Korea, Tiongkok, dan Laut Jepang. Semantara di sebalah selatan berbatasan dengan Laut Cina dan disebelah timur berbatasan dengan Samudera Pasifik.

Perekonomia Jepang tergolong maju. Produk domestik bruto (PDB) per kapita Jepang sebesar US$40.165 (2020). Sektor industri menjadi andalan perekonomian utama Jepang. Industri tersebut dapat berkembang pesat karena didukung oleh penggunaan teknologi mutakhir.

Selain itu, pertanian Jepang juga dianggap maju karena sudah menggunakan teknologi modern dan canggih. Hal tersebut didukung oleh ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang pesat serta sumber daya manusia yang berkualitas.

2. Amerika Serikat

Amerika Serikat merupakan salah satu negara maju di Benua Amerika. Negara ini terletak di Benua Amerika bagian utara. Batas wilayah Amerika di sebelah utara dan barat adalah Kanada. Sementara itu, di sebelah timur berbatasan dengan Samudra Atlantik dan di sebelah selatan berbatasan dengan Meksiko.

United States of America (USA) adalah nama internasional untuk Amerika Serikat. Amerika Serikat terdiri atas lima puluh negara bagian dan satu distrik federal, dengan ibu kota New York City. Amerika Serikat memiliki wilayah seluas 19,83 juta km2 dan jumlah penduduk mencapai 331.002.651 jiwa (2020).

Dengan penduduk sebesar itu, Amerika Serikat menduduki peringkat tiga dunia dilihat dari jumlah penduduknya. Perekonomian Amerika Serikat termasuk paling maju di dunia. Pendapatan per kapita mencapai US$62.795 (2018).

Pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) stabil dipengaruhi oleh rendahnya angka pengangguran. Aktivitas ekonomi yang utama adalah di sektor industri. Perindustrian di Amerika Serikat maju karena ketersediaan modal, teknologi maju pesat, kualitas sumber daya manusia tinggi, dan kaya akan sumber daya alam.

Contohnya, teknologi tinggi di bidang ruang angkasa. Sumber daya alam yang utama adalah minyak bumi dan gas alam. Selain industri, Amerika maju di bidang perdagangan.

3. Korea Selatan

Korea Selatan berhasil masuk kategori lima belas kelompok negara dengan ekonomi terbesar di dunia. Saat ini ambisi Korea yaitu mencapai Korea 3–0 yang menjadikannya secara ekonomi sejajar dengan Amerika Serikat.

Pada 2009 Korea berhasil menggerakkan industri di bidang otomotif, yaitu pembuatan mobil dan memenangkan penghargaan otomotif terkemuka di Amerika Serikat. Korea Selatan merupakan negara yang terletak di Semenanjung Korea, Asia Timur.

Korea Selatan berpenduduk sekira 51.269.185 jiwa (2020) dengan angka kelahiran terendah di dunia, yaitu 8,4 bayi per seribu penduduk. Dalam bidang ekonomi, Korea Selatan termasuk negara maju.

Negara ini memiliki pendapatan per kapita mencapai US$31.363 (2018). Sektor industri menjadi tumpuan perekonomian Korea Selatan seperti produk elektronik, telekomunikasi, otomotif, kimia, perkapalan, dan industri baja.

4. Kanada

Kanada merupakan negara Realm Commonwealth dengan sistem pemerintahan monarki konstitusional federal. Realm Commonwealth merupakan negara kerajaan persemakmuran Inggris.

Kepala pemerintahannya seorang perdana menteri. Di Kanada Ratu Britania Raya (Ratu Inggris) sebagai kepala negara dan diwakili seorang gubernur jenderal.

Secara geografis Kanada berbatasan dengan Amerika Serikat di sebelah barat dan selatan. Di sebelah barat Kanada berbatasan dengan Samudra Pasifik. Di sebelah utara Kanada berbatasan dengan Samudra Arktik dan di sebelah timur berbatasan dengan Samudra Atlantik, Selat Davis, dan Teluk Baffin.

Kota terbesar Kanada adalah Toronto dengan luas wilayah Kanada mencapai 9.984.670 km2 atau terluas kedua di dunia setelah Rusia. Jumlah penduduk Kanada sebanyak 37.742.154 jiwa (2020) dengan tingkat kepadatan penduduk rendah. Bahasa resmi yang digunakan yaitu bahasa Inggris dan bahasa Prancis.

Di bidang ekonomi, Kanada merupakan salah satu negara maju dengan pendapatan per kapita sekira US$46.233 (2018). Pertumbuhan ekonomi Kanada yang tinggi didukung oleh kekayaan sumber daya alam melimpah, khususnya
minyak bumi dan gas alam.

Daftar Negara Maju

Selain keempat negara maju tersebut, masih ada beberapa negara maju yang tersebar di benua seluruh dunia. Adapun daftar negara maju tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Negara maju di Benua Eropa = Inggris, Belanda, Prancis, Jerman, Norwegia, Swedia, Spanyol, Finlandia, Belgia, Denmark, dan Swiss.
  2. Negara maju di Benua Asia = Jepang, Korea Selatan, dan Singapura.
  3. Negara maju di Benua Amerika = Amerika Serikat dan Kanada.
  4. Negara maju di Benua Afrika = Afrika Selatan.
  5. Negara maju di Benua Australia = Australia dan Selandia Baru.

Baca juga: 10 Karakteristik Negara Maju dan Penjelasannya

Nah itulah dia artikel tentang contoh beberapa daftar negara maju di dunia beserta penjelasannya. Demikian artikel yang dapat freedomsiana.id bagikan tentang pelajaran geografi dan semoga bermanfaat.

Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.