Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Home » Penjaskes » Pertanyaan » Cara Mendarat yang Benar Dalam Lompat Jauh

Cara Mendarat yang Benar Dalam Lompat Jauh

1 min read

Tubuh manusia supaya menjadi sehat memerlukan yang namanya olahraga. Olahraga merupakan suatu aktivitas menggerakan badan untuk menguatkan dan menyehatkan tubuh, seperti berlari, berenang, sepak bola dan lain sebagainya.

Olahraga cukup banyak jenisnya dan sebagian besar terdapat dalam atletik. Atletik adalah cabang olahraga berupa aktivitas fisik yang dinamis dan harmonis. Olahraga yang termasuk ke dalam cabang atletik diantaranya lari, lompat jauh/pendek, jalan dan lempar.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai salah satu teknik dalam olahraga cabang atletik tersebut, yaitu cara mendarat yang benar dalam lompat jauh. Namun sebelum itu, apa itu lompat jauh?

Apa itu Lompat jauh

Lompat jauh merupakan salah satu cabang olahraga dalam atletik. Dimana pelompat harus berlari dan melompat sejauh-jauhnya di dalam bak pasir yang sudah disediakan, semakin jauh jarak lompatan semakin bagus.

Berdasarkan pengertiannya, lompat jauh adalah suatu bentuk gerakan melompat dengan mengangkat kedua kaki ke depan atau dalam upaya membawa titik berat badan selama mungkin melayang di udara yang dilakukan dengan cepat melalui tolakan satu kaki untuk mencapai jarak sejauh-jauhnya.

Olahraga lompat jauh memerlukan kecepatan, kekuatan, ketangkasan dan stamina agar bisa melakukan lompat jauh yang baik. Selain itu, lompat jauh juga memerlukan teknik agar bisa melompat dengan benar, salah satu diantaranya yang cukup penting adalah cara atau teknik mendarat.

Baca: Tujuan Utama Lompat Jauh adalah? Jawaban!

Cara Mendarat yang Benar dalam Lompat Jauh

Cara mendarat yang benar dalam lompat jauh adalah kedua kaki diluruskan ke depan dengan mengangkat paha ke atas, badan dibungkukkkan ke depan, dan kedua tangan lurus ke depan.

Sikap mendarat pada lompat jauh baik gaya jongkok, gaya menggantung, maupun gaya berjalan di udara adalah sama. Pada waktu akan mendarat, kedua kaki lurus ke depan dengan mengangkat paha ke atas, badan dibungkukkkan ke depan, dan kedua tangan lurus ke depan.

Pendaratan dilakukan pada tumit terlebih dahulu dan mengeper, kedua lutut dibengkokkan (ditekuk), berat badan ke depan supaya tidak jauh ke belakang, kepala ditundukkan, serta kedua tangan ke depan.

Adapun cara melakukan pendaratan dalam lompat jauh adalah sebagai berikut.

  1. Lengan dan badan ditarik ke depan bawah, begitu juga kaki ditarik mendekati badan.
  2. Luruskan kaki dan tekuk lagi sedikit sesaat sebelum menyentuh tanah.
  3. Pada waktu kedua kaki telah mendarat di bak pasir, duduklah atas kedua kaki.

Baca juga: Teknik Lompat Jauh yang Baik dan Benar

Nah itulah dia artikel tentang cara mendarat yang benar dalam lompat jauh beserta penjelasannya. Demikian artikel yang dapat freedomsiana.id bagikan tentang salah satu pertanyaan pelajaran penjas dan semoga bermanfaat.

Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.