Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Home » Bahasa Indonesia » Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

1 min read

Membuat surat lamaran kerja tidak boleh asal-asalan dan harus dibuat secara benar serta semenarik mungkin agar mudah dimengerti dan diterima oleh pihak penerima (HRD).

Surat lamaran pekerjaan umumnya berisi keinginan si pelamar untuk bekerja di suatu perusahaan atau instansi. Oleh karena itu, pelamar harus dapat mempromosikan dirinya. Dengan demikian, pihak perusahaan atau instansi akan tertarik dengan kemampuan yang dimiliki oleh pelamar.

Sebelum membuat surat lamaran pekerjaan yang ditulis tangan, harus diperhatikan beberapa faktor yang berkaitan dengan seni penulisan surat lamaran pekerjaan.

Faktor yang Harus Diperhatikan

Adapun faktor yang harus diperhatikan sebelum menulis surat lamaran kerja yang ditulis tangan adalah sebagai berikut.

  1. Surat lamaran pekerjaan harus sesuai dengan aturan. Aturan ini berkaitan dengan fisik, struktur, dan tampilan surat.
  2. Surat lamaran pekerjaan harus mempunyai kekuatan yang mampu menarik perhatian perusahaan atau instansi. F aktor ini berkaitan dengan cara penulisan, pemilihan bahasa dan maksud yang ingin Anda sampaikan kepada perusahaan atau instansi.

Aspek yang Harus Diperhatikan

Selain kedua faktor ada beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam penulisan surat lamaran pekerjaan, yaitu sebagai berikut.

  1. Surat lamaran pekerjaan ditulis tangan di atas kertas bergaris ukuran folio (kertas folio). Tulisan tangan harus jelas, bersih, dan tidak ada coretan. Selain itu, surat lamaran pekerjaan dapat dibuat menggunakan komputer, tapi umumnya harus ditulis menggunakan tangan.
  2. Pelamar menyebutkan dirinya bukan dengan kata ganti kami, melainkan saya. Pelamar harus menyebutkan pimpinan kantor, perusahaan atau instansi dengan cara penulisan, pilihan bahasa, dan maksud yang ingin Anda sampaikan.

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Adapun cara menulis surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar adalah sebagai berikut.

  1. Gunakan bahasa yang baik dan benar. Pergunakan bahasa formal karena surat lamaran pekerjaan termasuk surat resmi. Jangan menggunakan bahasa yang tidak patut dalam pembuatan surat resmi.
  2. Tulislah kalimat singkat, padat, dan jelas. Jangan bertele-tele dalam menulis surat lamaran pekerjaan, karena surat lamaran pekerjaan menampilkan jati diri seseorang. Selain itu, sebuah komentar, perusahaan atau instansi tidak menyukai surat lamaran pekerjaan yang bertele-tele.
  3. Tulislah secara manual menggunakan tangan. Penulisan surat lamaran pekerjaan secara manual lebih disukai oleh perusahaan, Melalui tulisan tangan kepribadian seseorang dapat dinilai.
  4. Perhatikan kebersihan surat lamaran pekerjaan. Jangan sampai ada coretan atau bekas penghapus dalam surat lamaran pekerjaan. Jika Anda salah menulis sebagiknya tulis ulang pada kertas baru.
  5. Isi secara jelas data diri dan informasi tentang diri Anda dan lampirkan dokumen-dokumen pendukung.
  6. Lampirkan sertifikat pedndukung yang bisa menambah nilai lebih pada diri Anda.

Baca juga: Unsur Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan

Nah itulah dia artikel tentang cara membuat surat lamaran kerja dengan tangan beserta faktor, aspek dan penjelasannya. Demikian artikel yang dapat freedomsiana.id bagikan tentang salah satu materi pelajaran bahasa Indonesia dan semoga bermanfaat.

Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *