Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Home » Arti Kata » Arti Relevan dan Relevansi

Arti Relevan dan Relevansi

1 min read

Relevan adalah? Mungkin banyak yang belum mengetahui mengenai arti dari kata tersebut, tapi pernah mendengarnya, atau bahkan ada juga yang belum mengetahui arti dari kata relevan atau relevansi. Namun kebanyakan orang pasti pernah mendengar kata tersebut, karena hampir terdapat dalam beberapa hal, keadaan, dan situasi dalam hidup. Contohnya dalam tugas sekolah atau lain sebagainya. Lalu apa arti dari kata relevan atau relevansi?

Pengertian Relevan

Secara bahasa relevan adalah kait-mengait, bersangkut paut atau berhubungan. Secara umum, relevan adalah mempunyai kaitan dan berhubungan erat dengan pokok masalah yang sedang dihadapi. Selain itu, relevansi juga memiliki pengertian hal-hal yang berkaitan pada situasi atau kejadian saat ini.

Definisi lain dari relevan adalah adanya hubungan langsung dengan persoalan yang dihadapi, serta keuntungan timbal balik antara keduanya. Intinya relevan memiliki arti “kecocokan” yang bersangkut paut dan berguna secara langsung.

Pengertian Relevan Menurut Para Ahli

Menurut Ainon Mohm (2005), relevan adalah mempunyai kaitan dan hubungan erat dengan pokok masalah yang sedang dihadapi. Revalan merupakan hal-hal yang sejenis (sama) yang saling berkaitan dengan subjek dalam konteks yang tepat atau terhubung dan terkait dengan situasi saat ini.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa  Indonesia, relevan adalah kait-mengait; bersangkut-paut; berguna secara langsung.

Pengertian Relevan dalam Akuntansi

Pengertian relevan dalam akuntansi adalah informasi yang dihasilkan oleh Laporan Keuangan harus bisa memberikan kejelasan tentang aliran keuangan perusahaan agar para pemakai informasi nya bisa mengambil keputusan yang tepat.

Contoh Kalimat Relevan

Relevan adalah bersangkutan, kait-mengait secara langsug dengan masalah yang sedang di hadapi, berikut beberapa contohnya.

  • Ceramahnya tidak relevan dengan apa yang dibutuhkan oleh peserta penataran
  • Apakah relevan jika saya mengendarai sepeda motor ke kantor?
  • Materi yang disampaikan tidak relevan dengan tema pertemuan hari ini.

Seperti halnya kata lainnya, relevan juga mempunyai kata lawan yaitu tidak relevan. Tidak relevan adalah tidak menyambung, tidak berkaitan, dan tidak bersangkut paut. Kata relevan juga sangat berhubungan dengan kata relevansi. Apa itu relevansi? berikut pengertiannya!

Baca: Arti Deklamasi

Pengertian Relevansi

Relevansi merupakan pengembangan dari kata relevan. Secara bahasa relevansi memiliki arti keterkaitan, hubungan atau kecocokan. Sedangkan sacara istilah, relevansi adalah sesuatu yang mempunyai kecocokan atau saling berhubungan. Pada intinya relevansi adalah keterkaitan hubungan atau kecocokan, begitu juga menurut KBBI yaitu saling berhubungan dan berkaitan.

Pengertian Relevansi Menurut Para Ahli

Menurut Suharto dan Tata Iryanto, relevansi  adalah kesesuaian sesuatu yang diinginkan, Sedang menurut Poerwadarminta bahwa relevansi adalah kesesuaian keberadaan sesuatu pada tempatnya atau yang diinginkan. maka dalam hal ini relevansi dimaksudkan adalah kesesuaian gaya kepemimpinan yang diinginkan oleh karyawan Perusahaan.

Pengertian Relevansi Pendidikan

Pengertian relevansi pendidikan adalah kesesuaian antara kemampuan atau sekill yang diperoleh melalui jenjang pendidikan dengan kebutuhan pekerjaan (Ali:2009). Jadi, kurikulum atau program pendidikan yang digunakan haruslah sesuai dengan tuntutan hidup ataupun kebutuhan pekerjaan di kehidupan nyata.

Contoh Kalimat Relevansi

Berikut adalah contoh kalimat yang menggunakan kata relevansi di dalamnya.

  • Tujuan pendidikan yang dijalankan oleh sekolah harus memiliki relevansi dengan kehidupan masyarakat.
  • Setiap mata pelajaran harus ada relevansinya dengan keseluruhan tujuan pendidikan.
  • Lulusan SMK jurusan akuntansi dan juga mahasiswa Fakultas Ekonomi jurusan akuntasi memiliki relevansi yang tinggi dengan pekerjaan akuntasi publik.

Nah, itulah definisi relevan dan relavansi secara umum, dan menurut para ahli, beserta contohnya. Sekian informasi yang dapar freedomsiana bagikan mengenai definisi relavan dan relevansi, dan semoga bermanfaat.

Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.