Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Home » Agama » Arti Al-Fattah – Tulisan Arab, Latin, Makna dan Dalil

Arti Al-Fattah – Tulisan Arab, Latin, Makna dan Dalil

1 min read

Al-Fattah artinya? Al-Fattah merupakan salah satu nama Allah yang terdapat dalam asmaul husna. Asmaul husna adalah 99 nama yang baik dan indah milik ALlah Swt. yang terdapat di dalam Al-Qur’an. Asmaul hunsa terdiri dari dua kata, yaitu asma yang artinya nama dan husna yang artinya baik.

Kita sebagai orang islam harus sepenuh hati harus beriman kepada Allah Swt., termasuk beriman kepada nama-nama Allah yang terdapat dalam Asmaul Husna yang meggambarkan kebesaran Allah Subhanahu Wa Ta’ala

Jumlah asmaul husna yang wajib diketahui terdapat 99 nama yang baik dan indah. Setiap nama dalam asmaul husna memiliki arti dan makna yang baik, salah satunya adalah Al-Fattah. Lalu apa arti dan makna Al-Fattah? Berikutpenjelasannya.

Arti Al-Fattah

Al-Fattah (Arab: الْفَتَّاحُ) dalam asmaul husna artinya Yang Maha Pembuka Rahmat. Al-Fattah adalah Yang Maha Membuka pintu-pintu rezeki dan rahmat bagi hamba-hamba-Nya. Ada juga yang mengatakan artinya adalah Yang Maha Memberi hukum di antara hamba-Nya.

الْفَتَّاحُ

Latin: Al-Fattaah

Artinya: Yang Maha Pembuka Rahmat

Al-Fattah berasal dari akar kata “al-fathu” yang artinya menghakimi. Oleh karena itu, Al-Fattah juga berarti menghakimi, karena Allah Swt. adalah yang menghakimi makhluk-makhkuk-Nya. Dia-lah yang memisahkan antara yang benar dan yang salah.

Makna Al-Fattah

Makna al-Fattaah lainnya adalah Yang Maha Memutuskan hukum di antara hamba-hamba-Nya dengan hukum-hukum dalam syariat-Nya, dan hukum-hukum (ketetapan-ketetapan) dalam takdir-Nya,

Akan tetapi Al-Fattah memiliki makna yang lebih ke arah membuka pintu rezeki dan rahmat untuk hamba-hamba-Nya. Karena Allah subhanahu wa ta’ala bisa mempermudah urusan dan jalan-jalan yang sulit, baik urusan di dunia maupun di akhirat.

Dalil Tentang Al-Fattah

Dalil tentang Al-Fattah terdapat dalam Surat Saba Ayat 26, yaitu sebagai berikut.

قُلْ يَجْمَعُ بَيْنَنَا رَبُّنَا ثُمَّ يَفْتَحُ بَيْنَنَا بِالْحَقِّ وَهُوَ الْفَتَّاحُ الْعَلِيمُ

Artinya: “Tuhan kita akan mengumpulkan kita semua, kemudian Dia memberi keputusan antara kita dengan benar. Dan Dialah Maha Pemberi keputusan lagi Maha Mengetahui”. (Q.S. Saba : 26)

Tafsir Surat Saba Ayat 26

Adapun tafsir surat Saba Ayat 26 oleh Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh adalah sebagai berikut.

“Katakanlah kepada mereka -wahai Rasul-, “Allah akan mengumpulkan antara kami dengan kalian pada hari Kiamat, kemudian Allah memberikan keputusan-Nya di antara kita dengan keadilan. Allah menjelaskan siapa yang benar dan siapa yang salah, Dia lah Hakim yang menetapkan hukum dengan keadilan, maha mengetahui apa yang Dia putuskan.”

Surat Al-A’raf Ayat 89

Dalil tentang Al-Fattah lainnya terdapat dalam penggalan Surat Al-A’raf Ayat 89 berikut:

وَسِعَ رَبُّنَا كُلَّ شَيْءٍ عِلْمًا ۚ عَلَى اللَّهِ تَوَكَّلْنَا ۚ رَبَّنَا افْتَحْ بَيْنَنَا وَبَيْنَ قَوْمِنَا بِالْحَقِّ وَأَنْتَ خَيْرُ الْفَاتِحِينَ …

Artinya:

“… Pengetahuan Tuhan kami meliputi segala sesuatu. Kepada Allah sajalah kami bertawakkal. Ya Tuhan kami, berilah keputusan antara kami dan kaum kami dengan hak (adil) dan Engkaulah Pemberi keputusan yang sebaik-baiknya. (Q.S. Al-A’raf : 89)

Tafsir Surat Al-A’raf Ayat 89

Adapun tafsir penggalan dari surat Al-A’raf ayat 89 oleh Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia adalah sebagai berikut.

“… Sesungguhnya pengetahuan Allah meliputi segala sesuatu. Dia mengetahui apa saja yang akan mendatangkan kemaslahatan bagi para hambaNYa. Kepada Allah semata ketergantungan kami dalam menggapai hidayah dan kemenangan. Wahai tuhan kami, berilah keputusan antara kami dan kaum kami dengan hak dan Engkaulah pemberi keputusan yang sebaik-baiknya.”

Baca juga: Al-Muqtadir Artinya: Arab, Makna, dan Contoh Perilaku

Nah, itulah arti Al-Fattah dalam asmaul husna yang artinya Yang Maha Pembuka Rahmat atau Kebaikan. Demikian artikel yang dapat freedomsiana.id bagikan mengenai salah satu nama Allah SWT dalam asmaul husna dan semoga bermanfaat.

Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.