Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Home » Arti Kata » Pengertian » Arti Akulturasi

Arti Akulturasi

2 min read

Akulturasi adalah? Istilah untuk percampuran kebudayaan yg saling mempengaruhi adalah Akulturasi. Secara garis besar, akulturasi merupakan percampuran antara dua unsur kebudayaan yang saling memengaruhi. Biasanya unsur-unsur asing tersebut yang masuk ke dalam Indonesia, dan dapat diterima oleh masyarakat namun tanpa menyebabkan kebudayaan asli.

Akulturasi memiliki banyak sekali istilah atau pengertian, pendapat lain mengatakan bahwa akulturasi merupakan sebuah proses sosial dimana seseorang atau kelompok tertentu memiliki budaya, tapi mempraktikan nilai-nalai budaya lain yang berbeda, namun tetap masih mempertahankan budayanya sendiri.

Umumnya proses akulturasi terjadi pada kelompok-kelompok yang tidak memiliki pengaruh yang besar, seperti minoritas dan imigran yang secara budaya atau etnis berbeda dari masyarakat mayoritas di tempat mereka bermigrasi.

Namun, proses akulturasi tidak cuman terjadi pada kelompok minoritas atau imigran, akulturasi juga terjadi pada masyarakat mayoritas yang mengadpsi unsur budaya masyarakat minoritas, yang umumnya terjadi karena adanya interaksi secara individu maupun kelompok, baik secara langsung atau lewat media seperti seni dan sastra.

Pengertian Akulturasi

Istilah akulturasi berasal dari baha latin “acculturate” yang artinya “tumbuh dan berkembang bersama”. Sedangkan secara umum, akulturasi adalah perpaduan anta dua buah budaya yang menghasilkan budaya baru tanpa menghilangkan budaya atau unsur asli budaya tersebut. Contohnya seperti proses percampuran dua budaya atau lebih, yang saling bertemu dan saling mempengaruhi.

Pada dasarnya akulturasi budaya terjadi karena budaya lain cukup menarik untuk diketahui dan dipelajari, sehingga terjadi percampuran antara budaya asli dengan budaya pendatang, dan ini banyak terjadi di dunia tidak terkecuali Indonesia.

Pengertian Akulturasi Menurut Para Ahli

Akulturasi memiliki banyak sekali pengertian, diantara di definisikan oleh beberapa ahli bahasa, seperti di bawah ini.

1. Koentjaraningrat

Menurut Koentjaraningrat, pengertian akulturasi adalah sebuah proses sosial dimana masuknya kebudayaan asing secara perlahan dapat diterima tanpa menghilangkan kebudayaan asli suatu masyarakat.

2. Soerjono Soekanto

Menurut Soerjono Soekanto (1990), pengertian akulturasi adalah suatu proses sosial yang timbul apabila suatu kelompok masyarakat dengan suatu kebudayaannya dihadapkan pada unsur-unsur kebudayaan asing dimana unsur-unsur kebudayaan asing tersebut lambat laun melebur ke dalam kebudayaan asli, dengan tidak menghilangkan kepribadian kedua unsur kebudayaan tersebut.

3. John W. Berry

Menurut John W. Berry (2005), pengertian akulturasi adalah suautu proses perubahan budaya dan psikologis yang terjadi sebagai akibat terjadinya kontak antara dua kelompok atau lebih dan anggota masing-masing kelompok.

4. Dwi Hayudiarto

Menurut Dwi Hayudiarto (2005), akulturasi adalah proses sosial yang terjadi ketika sekelompok orang dengan budaya tertentu dihadapkan dengan unsur-unsur budaya asing sedemikian rupa sehingga unsur budaya asing tersebut diterima secara bertahap dan menjadi budaya mereka sendiri tanpa kehilangan jati diri budaya asli.

5. Muhammad Hasyim

Menurut Muhammad Hasyim (2011), arti akulturasi adalah perpaduan dua budaya yang berbeda dalam kehidupan yang harmonis dan damai.

Penyebab Terjadinya Akulturasi

Akulturasi bisa terjadi karena dipengaruhi oleh beberapa penyebab, yang terbagi ke dalam dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal.

1. Faktor Internal

Faktor internal adalah faktor penyebab terjadinya akulturasi yang bersumber atau berasal dari dalam masyarakat itu sendiri. Beberapa faktor internal akulturasi, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Bertambahnya jumlah penduduk, adanya kelahiran, kematian, dan migrasi.
  • Adanya proses penyempurnaan (inovasi) terhadap penemuan-penemuan baru sehingga menambah atau mengganti sesuatu yang ada di masyarakat.
  • Adanya penemuan-penemuan baru di berbagai bidang yang mempengaruhi kehidupan masyarakat.
  • Terjadinya konflik di dalam masyarakat, baik antar individu maupun kelompok.
  • Terjadinya pemberontakan atau revolusi pada suatu negara.

2. Faktor Eksternal

Faktor eksternal adalah faktor penyebab terjadinya akulturasi yang bersumber atau berasal dari luar. Beberapa faktor eksternal akulturasi, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Terjadinya peperangan pada suatu negara.
  • Terjadinya perubahan alam yang mempengaruhi kehidupan masyarakat.
  • Adanya pengaruh kebudayaan asing melalui proses difusi (penyebaran budaya), akulturasi, dan asimilasi.

Contoh Akulturasi

Adapun contoh akulturasi budaya adalah sebagai berikut.

  • Masjid Menara Kudus merupakan akulturasi agama Hindu-Islam di Jawa.
  • Museum Fatahillah di Jakarta merupakan akulturasi dari kebudayaan bangsa eropa.
  • Perwayangan di daerah jawa dan sekitarnya merupakan akulturasi dari Hindu-Budha.
  • Pakaian adat Betawi merupakan akulturasi dari pakaian bangsa arab.
  • Orkes gambus Betawi merupakan akulturasi dari budaya timur tengah.

Nah, itulah pengertian mengenai akulturasi, yaitu percampuran kebudayaan yang saling mempengaruhi, beserta pengertian secara umum, dan menurut para ahli dan penyebab terjadinya akulturasi. Demikian artikel yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat.

Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.