Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Home » Agama » Arti Al-Qayyum – Tulisan Arab, Latin, Makna dan Dalil

Arti Al-Qayyum – Tulisan Arab, Latin, Makna dan Dalil

1 min read

Al-Qayyum artinya? Al-Qayyum adalah salah satu nama yang terdapat di dalam asmaul husna yang memiliki arti dan makna yang sangat bagus.

Asmaul husna terdiri dari 2 kata, yaitu “asma” yang berarti nama dan “husna” yang berarti baik dan indah. Jadi bila digabungkan, asmaul husna adalah nama-nama baik dan indah yang hanya dimiliki oleh Allah Swt.

Sebagai umat islam kita dianjurkan berdoa menggunakan nama-nama Allah yang terdapat di dalam asmaul husna. Setiap nama di asmaul husna memiliki arti dan sifat Allah Swt. yang baik lagi indah.

Dengan membaca, menghafal dan mengetahui artinya secara tidak langsung dapat meningkatkan keimanan kita kepada Allah Swt. Salah satu nama Allah Swt. yang memiliki makna baik lagi indah adalah Al-Qayyum. Lalu apa arti Al-Qayyum? berikut informasinya.

Arti Al-Qayyum

Al-Qayyum (Arab: الْقَيُّومُ) dalam asmaul husna artinya adalah Yang Maha Mandiri atau Berdiri Sendiri. Al-Qayyum menunjukkan bahwa Allah berdiri sendiri tanpa bergantung pada siapapun dan apapun, karena Allah yang Maha Berdiri atas diri-Nya sendiri.

الْقَيُّومُ

Latin: Al-Qayyum

Artinya: Yang Maha Mandiri

Kata Al-Qayyûm berasal dari kata “qawama” yang berarti tegak lurus, berkesinambungan, dan mandiri. Allah Maha Mandiri dalam menciptakan dan mengatur seluruh makhluk-Nya. Allah Mahakaya, artinya tidak membutuhkan siapa pun dan justru makhluk-Nya yang membutuhkan-Nya.

Dengan memperkenalkan diri-Nya sebagai Al-Qayyum, Allah ingin menegaskan bahwa Dia-lah yang mengatur segala sesuatu yang menjadi kebutuhan makhluk-Nya secara sempurna dan terus-menerus, tanpa memandang apakah makhluk yang diurus-Nya itu berterima kasih atau tidak. Hal tersebut tidak membuat sedikit pun mengurai Dia Yang Berdiri Sendiri.

Makna Al-Qayyum

Adapun makna yang terkandung dalam Asmal Husna “Al-Qayyum” adalah sebagai berikut.

  1. Allah mandiri atau berdiri sendiri, dengan sifat kemuliaan-Nya tersebut. Dia tidak bergantung pada satu pun makhluk-Nya.
  2. Allah yang mengatur bumi dan langit beserta segala makhluk di dalamnya. Allah tidak butuh pada makhluk, bahkan makhluk yang butuh pada-Nya. (Syarh Asma’ Allah Al-Husna, hlm. 105)

Dalil Tentang Al-Qayyum

Dalil mengenai Al-Qayyum terdapat dalam firman Allah Surat Al-Baqarah Ayat 255 sebagai berikut.

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ

Artinya:

“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.” (Q.S. Al-Baqarah: 255)

Contoh Perilaku Al-Qayyum

Al-Qayyum menunjukkan bahwa Allah Swt. memberikan pendidikan kepada manusia agar hidup tidak selalu bergantung kepada orang lain.

Walaupun manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri, akan tetapi manusia harus hidup mandiri dalam setiap kondisi dan situasi. Berikut beberapa contoh perilaku Al-Qayyum dalam kehidupan sehari-hari.

  • Merapikan tempat tidur.
  • Mengembalikan handuk setelah mandi.
  • Mencuci sepatu sekolah setiap hari Minggu atau libur.
  • Menyiapkan seragam dan peralatan sekolah sendiri.
  • Mengambil makanan sendiri dan mencuci piring dan gelas setelah makan.

Baca juga: Arti Al-Khabir – Tulisan Arab, Latin, Makna dan Dalil

Nah, itulah arti dia artikel tentang asmaul husna “Al-Qayyum” beserta makna, dalil, dan contoh perilaku Al-Qayyum dalam kehidupan sehari-hari. Demikian artikel yang dapat freedomsiana.id bagikan dan semoga bermanfaat.

Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.