Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Home » Agama » Arti Al-Mu’min – Tulisan Arab, Latin, Makna dan Dalil

Arti Al-Mu’min – Tulisan Arab, Latin, Makna dan Dalil

1 min read

Dalam agama Islam, terdapat istilah asmaul husna yang wajib diimani. Karena Asmaul Husna adalah nama-nama Allah SWT yang baik, yang harus kita imani semua dan juga mengimani semua Asmaul Husna hukumnya wajib.

Nama Allah Swt. dalam asmaul husna yang wajib diketahui jumlahnya ada 99 nama. Dimana setiap nama dalam Asmaul Husna mamiliki arti dan makna yang sangat bagus.

Salah satu nama dalam Asmaul Husna yang memiliki makna dan arti yang sangat bagus adalah Al-Mukmin atau Al-Mu’min.

Arti Al-Mu’min

Al-Mukmin atau Al-Mu’min (Bahasa Arab: الْمُؤْمِنُ) berasal dari kata amina yang berarti pembenaran, ketenagan hati, dan aman. Dengan demikian, Al-Mu’min artinya Yang Maha Memberi Rasa Aman.

الْمُؤْمِنُ

Latin: Al-Mu’min

Artinya: Yang Maha Pemberi Rasa Aman

Kehidupan di dunia ini penuh dengan berbagai permasalahan, tantangan, dan cobaan. Kita sebagai umat Islam yang beriman kepada Allah Swt. tidak perlu khawatir untuk menghadapi segala cobaan di dunia ini karena Allah Swt. mempunyai Al-Mu’min.

Dengan percaya bahwa Allah Maha Pemberi Rasa Aman, niscaya hati kita akan terhindar dari rasa gelisah, takut, dan juga cemas.

Allah Swt. adalah Dzat Yang Maha Pemberi Rasa Aman. Ketika kita menyeru dan berdoa kepada Allah Swt. dengan nama-Nya Al-Mu’min, berarti kita memohon diberikan keamanan, dihindarkan dari fitnah, bencana, dan siksa. Karena Dialah Yang Maha Memberi Keamanan, Dia Yang Maha Pengaman.

Dalil Tentang Al-Mu’min

Dalam nama Al-Mu’min terdapat kekuatan yang dahsyat dan luar biasa. Di situ ada pertolongan dan perlindungan, ada jaminan (insurance), serta ada bala bantuan. Perhatikan firman Allah Swt. dalam surat Al-Hasyr ayat 23 sebagai berikut!

هُوَ ٱللَّهُ ٱلَّذِى لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْمَلِكُ ٱلْقُدُّوسُ ٱلسَّلَٰمُ ٱلْمُؤْمِنُ ٱلْمُهَيْمِنُ ٱلْعَزِيزُ ٱلْجَبَّارُ ٱلْمُتَكَبِّرُ ۚ سُبْحَٰنَ ٱللَّهِ عَمَّا يُشْرِكُونَ

Latin: Huwallahullazi la ilaha illa huw, al-malikul-quddusus-salamul-mu’minul-muhaiminul-azizul-jabbarul-mutakabbir, sub-hanallahi ‘amma yusyrikun

Artinya:

“Dialah Allah Yang tiada Tuhan selain Dia, Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Mengaruniakan Keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki segala Keagungan, Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan.” (Q.S. Al-Hasyr Ayat 23)

Tafsir Surat Al-Hasyr Ayat 23

Tafsir oleh Al-Muyassar (Kementerian Agama Saudi Arabia), yaitu sebagai berikut.

Dia- lah Allah, Tuhan yang berhak disembah, Yang tidak ada tuhan yang haq selainNya, Pemilik segala sesuatu, Yang bertindak terhadapnya tanpa ditolak dan dihalangi, Yang disucikan dari segala kekurangan, Yang selamat dari segala aib, Yang membenarkan para nabi dan RasulNya dengan apa Yang Dia mengutus mereka dengannya, yaitu ayat-ayat yang jelas, Yang mengawasi seluruh makhlukNya dalam seluruh amal perbuatan mereka, Yang Mahaperkasa Yang tidak terkalahkan, Yang Mahakuat Yang mengalahkan seluruh hambaNya, dan seluruh makhluk tunduk kepadaNya, Yang memiliki segala keagungan dan kebesaran, Mahasuci Allah dari segala apa yang mereka sekutukan denganNya dalam beribadah kepadaNya.

Contoh Perilaku Al-Mu’min dalam Kehidupan Sehari-hari

Al-Mu’min artinya Yang Maha Pemberi Rasa Aman (Keamanan). Adapun contoh perilaku yang mencerminkan al-mukmin dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut.

  1. Membela teman yang dibully.
  2. Menjaga adik baik di rumah atau di lingkungan lainnya.
  3. Melindungi kehormatan orang lain dengan tidak menyebarkan aibnya.
  4. Menolong mereka yang membutuhkan bantuan.
  5. Menenangkan teman yang merasa ketakutan atas sesuatu.
  6. Ikut menjaga keamanan dan ketenangan lingkungan sekitar.
  7. Melaporkan tindakan pidana yang diketahui kepada pihak berwajib.

Baca juga: Arti Ar-Rahman – Tulisan Arab, Latin, Makna dan Dalil

Nah, itulah arti Al-Mu’min dalam asmaul husna beserta dalil, tafsir dan penjelasan. Demikian artikel yang dapat kami bagikan mengenai salah satu nama dalam asmaul husna beserta artinya, sekian dan semoga bermanfaat.

Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.