Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Home » Agama » Arti Al-Khabir – Tulisan Arab, Latin, Makna dan Dalil

Arti Al-Khabir – Tulisan Arab, Latin, Makna dan Dalil

2 min read

Al-Khabir Artinya – Allah Swt. memiliki 99 nama yang baik dan indah yang disebut dengan Asmaul Husna. Dimana setiap nama-nama tersebut memiliki arti dan makna yang sangat bagus, salah satunya adalah Al-Khabir.

Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama sebagai umat Islam, bahwa tidak ada sesuatu yang boleh kita cintai melebihi kecintaan kita kepada Allah Swt. Maka dari itu, sudah sepantasnya kita berusaha mengenal nama-nama baik dan indah Allah Swt. melalui Asmaul Husna.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas salah satu nama Allah Swt. dalam Asmaul Husna, yaitu Al-Khabir, mulai dari tulisan Arab, latin, dan dalilnya.

Arti Al-Khabir

Al-Khabir (Arab: الْخَبِيرُ) dalam asmaul husna artinya Yang Maha Mengetahui Sesuatu Rahasia. Al-Khabir diambil dari mashdar al-khibru, al-khibrah, al-khubru, al-khubroh, al-makhbarah, dan al-mukhbarah, dimana semua artinya pengetahuan terhadap sesuatu.

الْخَبِيرُ

Latin: Al-Khabiir

Artinya: “Yang Maha Mengetahui Rahasia”

Al-Khabir memiliki makna bahwa Allah Subhanahu Wa Ta’ala adalah satu-satunya Dzat Yang Maha Mengatahui Sesuatu yang bersifat rahasia. Allah Swt. Maha mengatahui segala sesuatu secara detail hingga pada tingkatan perkara batin dan tersembunyi.

Al-Khabir juga maha mengetahui mata-mata yang khianat dan segala perkara yang disembunyikan di dalam dada, karena Allah Swt. Maha Mengetahui terhadap jiwa yang memiliki dada.

Al-Khabir artinya Yang Maha Mengetahui. Dimana Allah Swt. mengetahi semua perkara yang tersembunyi dari semua milyaran makhluk dengan berbagai raga yang diciptakannya. Semuanya dapat diketahui oleh Allah Swt. secara detail, penuh kecermatan dan kewaspadaan, baik secara lahir maupun batin.

Dalil Tentang Al-Khabir

Dalil tentang AL-Khabir terdapat dan dijelaskan dalam Surat Al-Mulk ayat 14 sebagai berikut.

أَلَا يَعْلَمُ مَنْ خَلَقَ وَهُوَ ٱللَّطِيفُ ٱلْخَبِيرُ

Artinya: Apakah Allah Yang menciptakan itu tidak mengetahui (yang kamu lahirkan atau rahasiakan); dan Dia Maha Halus lagi Maha Mengetahui? (Q.S. Al-Mulk: 14)

Tafsir Al-Mulk Ayat 14

Adapun tafsir Surat Al-Mulk Ayat 14 oleh  Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia adalah sebagai berikut.

Apakah Allah yang menciptakan semua makhluk tidak mengetahui rahasia atau yang lebih tersembunyi dari rahasia? Dan Dia Mahalembut terhadap hamba-hamba-Nya dan Maha Mengetahui segala urusan mereka, tidak ada sesuatu pun dari hal itu yang luput dari-Nya.

Contoh Perilaku Al-Khabir

Tidak ada satupun ciptaan Allah Swt yang salah sasaran. Hal ini juga yang menandakan bahwa selain Allah Maha Mengetahui juga Maha Waspada. Dengan demikian, kita hendaknya harus waspada dan cermat terhadap sesuatu yang kita lakukan atau yang akan kita lakukan.

Kita harus waspada dalam melaksanakan kegiatan, baik itu dirumah, disekolah maupun dimanapun kita berada. Dengan berperilaku waspada akan mendapatkan hasil yang maksimal dan membuat kita tidak akan menyesal di kemudian hari.

Adapun beberapa contoh perilaku Al-Khabir dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut.

  1. Belajar giat dan tekun agar ilmu pengetahuannya bertambah (sekolah)
  2. Teliti saat mengerjakan ujian agar mendapatkan nilai yang baik (sekolah)
  3. Banyak membaca buku-buku untuk memperkaya ilmu pengetahuan (rumah)
  4. Hati-hati dan teliti dalam melaksanakan sesuatu hal seperti mengerjakan PR misalnya agar mendapat nilai yang maksimal (rumah)

Perbedaan Al-Khabir dan Al-‘Alim

A-Khabir memiliki arti Yang Maha Mengetahui Sesuatu, sedangkan Al-Alim juga memiliki pengertian Yang Maha Mengetahui. Lalu apa bedanya dengan Al-Alim?

Al-Alim memiliki arti Dzat Yang Maha Mengetahui segala-galanya, baik itu yang tampak (terlihat oleh mata) maupun yang gaib (tidak kasat mata). Sedangkan Al-Khabir Maha Mengetahui sesuatu secara detail.

Jadi jika dibandingkan antara Al-Alim dan Al-Khabir tingkatannya lebih tinggi Al-Khabir, karena tingkatannya secara detail sebagaimana yang terdapat dalam surat Al-Mulk ayat 14.

Baca juga: Al-‘Alim Artinya: Arab, Latin, Dalil, dan Artinya

Nah itulah dia artikel tentang arti Al-Khabir beserta tulisan Arab, latin, makna, dalil, dan perbedaan dengan Al-A’lim. Demikian artikel yang dapat freedomsiana.id bagikan tentang salah satu nama Asmaul Husna dan semoga bermanfaat.

Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.