Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Home » PKN » 6 Agama di Indonesia dan Tempat Ibadahnya

6 Agama di Indonesia dan Tempat Ibadahnya

1 min read

Indonesia dikenal sebagai negara majemuk yang memiliki keberagaman baik dari suku, ras, maupun agama. Penjaminan kebebasan beragama membuat warga Indonesia bebas menentukan pilihannya masing-masing.

Hal tersebut tidak terlepas dari peran agama yang dijadikan dasar bagi masyarakat untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu. Selain itu, dasar negara Pancasila juga mengakui agama sebagaimana yang tertera dalam Pancasila sila pertama.

Agama adalah suatu sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia dengan lingkungannya.

Sebagai negara yang memegang teguh prinsip keagamaan yang terdapat dalam dasar negara Pancasila, Indonesia resmi mengakui 6 agama yang ada di Indonesia, yaitu sebagai berikut.

1. Islam

Agama Islam adalah agama dengan jumlah pemeluk terbanyak di Indonesia, sekaligus pemeluk agama Islam terbesar di dunia. Mulai dari wilayah Jawa, Sumatra, hingga Kalimantan banyak penduduknya yang beragama Islam.

Kitab suci agama Islam adalah Al-Qur’an dan tempat ibadahnya adalah masjid.

Agama Islam mulai masuk di Indonesia melalui para pedagang Arab dan Persia pada abad ke-7 dan ke-8. Hari besar umat Islam antara lain hari raya idulfitri, iduladha, Tahun Baru Hijriyah, dan Isra’ Mi’raj.

2. Kristen Protestan

Agama Kristen Protestan menduduki peringkat kedua dengan pemeluk terbesar di Indonesia. Kristen Protestan mulai masuk ke Indonesia berawal dari kedatangan para misionaris Eropa dan dipengaruhi oleh ajaran Calvinisme dan Lutheran di Belanda.

Kitab suci agama Kristen Protestan adalah Alkitab dan tempat ibadahnya adalah gereja.

Wilayah dengan pemeluk agama Kristen Protestan terbesar berada di Maluku, Batak, Nusa Tenggara Timur, dan sebagainya. Beberapa haris besar Kristen Protestan antara lain Natal, hari Paskah, Pentakosta, Kenaikan Isa Almasih, dan Wafat Isa Almasih.

3. Kristen Katolik

Kristen Katolik mulai dikenal masyarakat Indonesia atas pengaruh bangsa Portugis yang mencari rempah-rempah di Maluku. Sekitar tahun 1546, pembaptisan ribuan orang dilakukan.

Kitab suci agama Kristen juga Alkitab dan tempat ibadahnya juga adalah gereja.

Penganut agama Kristen Katolik memiliki beberapa haris besar, diantaranya Natal, Hari Raya Santa Perawan Maria, Kenaikan Isa Almasih, dan Trihara Suci Paskah.

4. Hindu

Agama Hindu masuk ke Indonesia tidak terlepas dari Indonesia  yang berada jalur perdagangan yang strategis dari Cina hingga India. Hal tersebut menjadi salah satu jalan masuknya agama Hindu ke Indonesia.

Kitab suci agama Hindu adalah Weda dan tempat ibadahnya adalah Pura.

Pada abad ke-4, mulai berdirilah kerajaan dengan nilai-nilai agama Hindu yang kental di dalamnya, seperti Kerajaan Kutai dan Tarumanegara. Beberapa hari besar yang dimiliki agama Hindu antara lain Nyepi, Kuningan dan Galungan.

5.  Buddha

Agama Buddha adalah agama tertua di Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan beberapa prasasti peninggalan kerajaan Buddha seperti Kerajaan Sriwijaya yang dulu berkembang pesat pada abad ke-7 M.

Kitab suci agama Buddha adalah Tripitaka dan tempat ibadahnya adalah Vihara.

Sampai saat ini eksistensi pemeluk agama Buddha di Indonesia masih tergolong tinggi. Hari besar agama Buddha diantaranya Hari Wasisak, hari Magha, dan Hari Asadha.

6. Konghucu

Konghucu mulai masuk di Indonesia sekitar abad ke-17 yang dibuktikan dengan bangunan tua di Pontianak yang diyakini sebagai cikap bakal agama ini.

Kitab suci agama Konghucu adalah Wu Jing dan Si Shu serta tempat ibadahnya adalah Kelenteng.

Hari besar yang digunakan oleh pemeluk agama Konghucu antara lain hari Waisak, hari Magha, dan Hari Asadha.

Baca juga: Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Sekitar Indonesia

Nah itulah dia artikel tentang  6 agama di Indonesia beserta kitan dan tempat ibadahnya. Demikian artikel yang dapat freedomsiana.id bagikan dan semoga bermanfaat.

Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.