Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Home » Kesehatan » 7 Kebiasaan yang Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

7 Kebiasaan yang Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

1 min read

Kebiasaan buruk bagi kesehatan,- Secara sederhana, gaya hidup dapat diartikan sebagai cara seseorang menghabiskan waktu dan uangnya. Maka, gaya hidup yang sehat dapat dianggap sebagai pola perilaku yang akan memberikan dampak pada kesehatan kita dan selanjutnya berpengaruh juga pada kesehatan orang lain.

Dalam menjalani hidup sehari-hari kita sebaiknya selalu mengedepankan kesehatan tubuh dan jiwa kita, karena sehat itu mahal. Banyak orang diluar sana yang menghabiskan banyak uang hanya untuk mendapatkan kesehatan. Ada pepatah yang mengatakan bahwa seseorang tidak akan menghargai kesehatannya sendiri di saat ia masih sehat.

Begitu pentingnya kesehatan sehingga ada orang rela membayar miliaran rupiah untuk kesehatan dirinya di saat dia sakit. Oleh karena itu, pola hidup sehat menjadi hal yang wajib kita perhatikan.

Baca: 7 Kebiasaan yang Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Selain harus menjalankan pola hidup sehat, kita juga harus menghindari kebiasaan buruk yang dapat membahayakan kesehatan kita. Ada beberapa kebiasaan buruk yang dapat berpengaruh terhadap kesehatan atau dapat mengakibatkan gangguan pada kesehatan peribadi. Bebeberapa kebiasaan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Merokok atau hidup dengan perokok

Merokok berbahaya bagi jantung. Merokok bisa memicu pembekuan darah yang dapat memblokir aliran darah ke jantung dan memberikan kontribusi untuk penumpukan plak di arteri. Merokok bisa menyebabkan berbagai macam penyakit, seperti paru-paru, jantung, dan lain sebagainya. Selain itu hidup dengan seorang prokok (pasif) lebih berbahaya ketimbang menjadi perokok (aktif).

2. Waktu untuk tidur tidak cukup

Kurang tidur dapt menyebabkan masalah kesehatan serius, seperti konsentrasi menurun, menyebabkan depresi, memengaruhi kesehatan kulit dan lain-lain. Oleh karena itu, usahakan tidur tidak kurang dari 8 jam.

3. Konsumsi Alkohol

Kelebihan alkohol dikaitkan dengan resiko yang lebih besar daripada tekanan darah tinggi, kadar lemak darah yang tinggi, dan gagal jantung. Selain itu, kalori ekstra dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan ancaman bagi kesehatan jantung.

4. Malas untuk berolahraga

Melakukan olahraga minimal 20 menit setiap hari sangat penting untuk kesehatan saat ini dan jangka panjang Anda.

5. Setres dan depresi

Cemas yang berlebihan juga dapat menggangu kesehatan, bahkan yang paling beresiko dapat terserang penyakit jantung.

6. Bekerja ketika sakit

Memaksakan diri untuk terus bekerja ketika sedang sakit akan memperburuk kesehatan dan sudah pasti hasilnya tidak produktif.

7. Memiliki teman dengan kebiasaan buruk

Orang-orang di sekitar sangat berpengaruh. Selalu berusaha untuk menjaga diri untuk menolak sesuatu yang tidak sehat dan menghindari pengaruh orang lain.

Nah itulah 7 kebiasaan buruk yang harus dihindari untuk menjaga kesehatan, demikian artikel mengenai 7 kebiasaan buruk bagi kesehatan dan semoga bermanfaat.
Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Pola Makan dan Kebiasaan Hidup Sehat (Makanan, Frekuensi, Jumlah)

Faktor-faktor yang memengaruhi kesehatan pribadi – Banyak faktor yang memengaruhi kesehatan pribadi. Salah satunya adalah pola hidup sehat. Pola hidup sehat yang kita harapkan...
Mas Pur
2 min read

5 Bentuk Latihan Untuk Meningkatkan Daya Tahan Jantung dan…

Daya Tahan Jantung dan Paru-Paru –Melakukan latihan kebugaran jasmani sangat bermanfaat bagi tubuh kita jika dilakukan dengan rajin. Salah satu manfaatnya adalah meningkatkan sirkulasi...
Mas Pur
1 min read

Penyebab Terjadinya Penularan Penyakit HIV/AIDS

Penularan Penyakit HIV/AIDS – Karakteristik HIV cukup unik dan tidak seperti virus-virus lain seperti influenza yang dengan sangat mudah menular ke orang lain hanya...
Mas Pur
1 min read

3 Faktor Utama (Alasan) Penyalahgunaan Narkoba

Penyalahgunaan Narkoba adalah pemakaian obat-obatan atau zat-zat berbahaya dengan tujuan bukan untuk pengobatan dan penelitian serta digunakan tanpa mengikuti aturan atau dosis yang benar....
Mas Pur
1 min read

5 Macam Penyakit Menular Seksual dan Penyebabnya

Hakikat Penyakit Menular Seksual (PMS/STDS), AIDS, dan Kehamilan – Penyakit menular seksual adalah suatu penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual. Penyakit ini merupakan satu...
Mas Pur
1 min read

Penyebab dan Upaya Menanggulangi Penyalahgunaan Narkoba

Penyebab dan Upaya Menanggulangi Penyalahgunaan Narkoba, – Apa yang dimaksud dengan penyelahgunaan obat? Penyalahgunaan obat artinya memakai obat tanpa indikasi medis atau tanpa petunjuk...
Mas Pur
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *