Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Home » Kesehatan » Olahraga » Penjaskes » 7 Manfaat Olahraga Renang Yang Wajib Kamu Ketahui

7 Manfaat Olahraga Renang Yang Wajib Kamu Ketahui

1 min read

7 manfaat olahraga renang yang wajib kamu ketahui,- Berenang adalah suatu aktifitas yang dilakukan di dalam air yang dilakukan dengan cara bergerak sewaktu-waktu, dan biasanya tanpa menggunakan perlengkapan. Kegiatan ini dikatakan sebagai olahraga karena dilakukan dengan bergerak namun didalam air. Banyak hal yang bisa dikatakan dengan berenang seperti bergerak ke tempat satu ketempat lain namun dilakukan di dalam air, mandi di sungai atau laut dan melakukan oleh raga air.

Terlepas dari hal tersebut ternyata berenang mempunyai banyak sekali bagi tubuh, nemun saya akan sedikit memberikan informasi mengenai 7 manfaat mengenai olahraga renang. Berikut adalah beberapa alasan mengapa anda perlu mempertimbangkan lagi untuk memulai olehraga renang. Antara lain:

1. Memperkuat seluruh otot tubuh
Berenang tidak hanya membuat otot punggung dan lengan anda bekerja keras, akan tetapi otot oto lain diseluruh tubuh juga ikut berkontraksi. Olahraga ini lebih asik karena anda dapat memperkuat seluruh otot tubuh tanpa harus melakukan berbagai jenis latihan.

2. Olahraga yang ramah terhadap pemulihan cedera lutut
Jika anda baru saja pulih dari cedara lutut yang disebabkan oleh suatu hal, renang adalah pilihan olehraga terbaik yang ramah terhadap pemulihan dan tepat  untuk membangun kekuatan kembali. Mungkin tubuh belum siap untuk memulai olahraga seperti berjalan, sehingga beranang adalah alternatif yang bagus karena tidak memberikan tekanan yang besar pada lutut.

3. Membuat otot lebih fleksibel
Olahraga renang menggabungkan latihan ketahanan dengan kardio, yang dapat membangun otot dan meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini membuat tubuh terlibat dalam beragai gerakan yang membantu otot-otot lebih fleksibel.

4. Latihan yang baik untuk orang yang memiliki asma
Berenang memungkinkan anda untuk beraktifitas fisik di udara lembab yaitu didial kolam renang. Olahraga ini dipercaya dapat mengurangi resiko asma karena berenang memerlukan kontrol napas dan juga meningkatkan fungsi paru-paru anda secara keseluruhan terkait kapasitas pernapasan.

5. Cara yang bagus untuk membakar kalori
Sebuah studi menunjukan bahwa berenang selama satu jam dengan itensitas sedang dapat membakar kaloro sekitar 500 kalori. Olahraga renang dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga akn lebih banyak membakar kalori.

6. Memaksimalkan kardio anda
Berenang merupakan latihan aerobik yang baik karena melibatkan kontrol napas yang lebih banyak dibandingkan dengan berjalanm, sehingga peningkatan permintaan untuk oksigen, menyebabkan otot-otot anda bekerja lebih keras. Sehingga anda dapat mendapatkan manfaat latihan kardio dengan lebih maksimal di waktu yang lebih singkat.

7. Menyegarkan
Berenang adalah olahraga yang paling menyegarkan karena sepanjang aktivitas dilakukan di dalam air. Sehingga tidak heran jika banyak wanita yang memilih olahraga ini, karena wanita lebih menyukai latihan yang tidak membuatnya berkeringat dan gerah setelahnya.

Itulah beberapa manfaat mengenai olahraga renang yang wajib kamu ketahui, namun 7 manfaat diatas adalah sedikit manfaat dari olahraga renang, sekian informasi yang dapat saya bagikan dan terima kasih.
Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *